Chiliz and Fan Token

chiliz

Cryptocurrency generasi pertama seperti Bitcoin dan Ether dimaksudkan untuk berfungsi sebagai pengganti mata uang fiat dengan tujuan umum. Sejak itu, dunia blockchain telah mengalami ledakan koin-koin dan token-token dengan tujuan spesial.

Chiliz menjuluki dirinya sendiri sebagai penyedia teknologi keuangan internasional yang terkemuka dalam bisnis hiburan olahraga. Faktanya, Chiliz telah mengembangkan dan membangun platform penggemar olahraga “Socios” di blockchain Chiliz, dengan token Chiliz aslinya digunakan sebagai mata uang eksklusif. Platform ini dikembangkan untuk membuat pengalaman yang unik bagi para penggemar olahraga dan memonetisasi keterlibatan mereka menggunakan teknologi blockchain.

Beberapa tim sepak bola kalangan atas, perusahaan olahraga, dan atlet-atlet terlibat dengan proyek ini. Ini termasuk nama seperti Juventus, AC Milan, dan Ultimate Fighting Championship (UFC). Dengan kemitraan bersama nama-nama besar di industri hiburan olahraga, Chiliz terpapar kepada jumlah potensi pengguna kripto baru yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Apa Itu Chiliz?

Chiliz adalah perusahaan di balik platform Socios dan token CHZ. Tidak akan ada token CHZ tanpa Socios. Situs Socios memungkinkan para fans membeli NFT bermerek yang menghubungkan mereka kepada tim favorit mereka. CHZ adalah mata uang yang dipakai fans untuk membeli NFT bermerek tersebut. CHZ adalah satu-satunya mata uang yang diterima di lokapasar NFT Socios.

Socios adalah ekosistem berfitur penuh untuk token-token fans. Situs web dan aplikasi selulernya membiarkan pengguna untuk membeli NFT, memperolehnya dari kontes, memperdagangkannya dengan pengguna lain, dan menukarkannya untuk keuntungan dan merchandise bermerek tim tertentu. Situs ini sekarang menawarkan NFT bermerek untuk lebih dari dua lusin tim olahraga dan esport, dan lebih banyak lagi akan datang. Digunakan secara dominan dalam olahraga, khususnya sepak bola, Chiliz memungkinkan pengalaman fans yang terlibat untuk memperoleh insentif dan monetisasi atas partisipasi mereka. Dengan kata lain, ini adalah platform keterlibatan fans di mana kalian bisa memberi pengaruh pada keputusan tertentu yang dibuat oleh tim favorit Anda.

Apa Itu Token Fans?

Dalam peluncuran platform ini, di samping ventura blockchain olahraga lain, sebuah kategori token baru muncul––Token Fans. Setelah platform Socios.com hidup, mitra-mitra klub Chiliz mengadakan Penawaran Token Fans (FTO). Para fans harus membeli $CHZ melalui sebuah bursa kripto agar dapat memperoleh Token Fans. Token-token tersebut spesifik untuk tim atau klub, jumlahnya terbatas, dan merupakan aset digital yang memberi akses dalam pemungutan suara dan hak kepemilikan anggota.

Penawaran Token Fans (FTO) mirip cara kerjanya dengan launchpad kripto. Ini adalah cara adil bagi kemitraan baru untuk meluncurkan Token Fans di platform Socios.com. Harga pasti setiap Token Fans sudah disetujui sebelum peluncuran. Kemudian, sebagian dari suplai total Token Fans disediakan kepada pengguna platform Socios.com sebelum didaftarkan di pasar terbuka.

Setiap Penawaran Token Fans (FTO) meliputi informasi penting seperti tanggal mulai dan berakhir FTO, harga pembukaan, dan kap pasar yang sepenuhnya cair. Ini memungkinkan investor untuk membuat keputusan yang mantap sebelum mengeluarkan uang mereka, sama seperti pertimbangan dalam investasi token lain apa pun.

 

chiliz-token

 

Hak kepemilikan menawarkan penggemar kemampuan untuk berpartisipasi dalam keputusan yang didorong para fans melalui platform pemungutan suara seluler, serta berfungsi sebagai tiket ke lingkup pendukung inti yang eksklusif dan aman dengan orang-orang yang memiliki passion dan kepercayaan sama.

Sebagai contoh, klub sepak bola Juventus FC mengizinkan pemegang token untuk memilih lagu selebrasi yang akan dimainkan pada pengeras suara ketika timnya mencetak gol. Selama delapan tahun, Juventus merayakan pencetakan gol mereka dengan lagu berjudul Chelsea Dagger. Pemegang token fan Juventus memilih Blur’s Song 2 sebagai pengganti lagunya, dan tim Juventus mengikuti perubahan tersebut.

Pendukung klub sepak bola FC Barcelona memilih gambar mural untuk digantung di dinding ruang ganti tim. Pendukung klub sepak bola Paris Saint-German memilih sebuah pesan untuk ditulis pada ban lengan kapten tim selama pertandingan. Tim esport OG membiarkan pendukung mereka memilih spanduk dalam game yang muncul ketika mereka bermain dalam sebuah acara amal. Tim skuad esport Spanyol, Heretics mengizinkan pendukung memilih desain syal bermerek yang bakal mereka gunakan selama turnamen dan akan dijual sebagai pakaian fans.

Jika Anda memiliki satu NFT bermerek tim yang sedang mengadakan jajak pendapat, Anda berhak atas satu suara. Dengan dua NFT, kalian berhak atas dua suara. Pengaruh kalian atas keputusan yang dibuat tim semakin bertumbuh seiring bertambah jumlah token fans kalian atas tim tersebut. Ini menimbulkan insentif bagi para pengguna untuk membeli, berdagang, dan memperoleh lebih banyak NFT. Para penggemar bisa mengunduh aplikasi Socios.com yang tersedia di iOS dan Android untuk memanfaatkan saham atas pengaruh mereka (dalam bentuk Token Fans).

 

Sejarah Singkat Chiliz

Chiliz didirikan pada tahun 2012 sebagai bagian dari Grup Mediarex berbasis di Malta, yaitu sebuah organisasi olahraga dan hiburan internasional. Telah ada banyak iterasi tentang platform Chiliz yang didiskusikan dan dijelajahi sejak tahun 2016. Pekerjaan aktif untuk platform Socios berbasis blockchain dimulai pada tahun 2018. Melalui suatu ronde investasi privat, tim Chiliz mampu mengumpulkan $66 juta yang membantu untuk mengembangkan keterlibatan penggemar dan penerapan hadiah di Socios.com.

Pada Oktober 2018, 8,8 miliar token Chiliz (CHZ) dicetak dan didistribusikan kepada kontributor awal. Setelah itu, token CHZ didaftarkan pada beberapa bursa utama termasuk Binance dan BitMax. Chiliz meluncurkan aplikasi dan situs web Socios pada akhir Desember 2019.

Saat ini, Chiliz adalah sebuah tim multinasional dengan 80+ anggota, dengan kantor-kantor dan operasi di seluruh dunia. Aplikasi Socios telah disebarkan di internet dan jutaan perangkat seluler. Hingga hari ini, platform Socios.com telah mengumpulkan 19 mitra resmi dan mengadakan 11 Penawaran Token Fans (FTO).

Daftar ‘mitra platform yang ditokenisasi’ milik Chiliz secara pesat meluas ke area baru. Perusahaan ini terus berfokus pada penambahan tim-tim sepak bola dan esport ke dalam daftar mitranya, tetapi bersemangat untuk menambahkan token-token olahraga dan hiburan tambahan ke lokapasar Socios. Perusahaan ini belum lama mengumumkan sebuah ekspansi ke dalam pasar olahraga Amerika.

 

Siapa yang Mendirikan Chiliz?

Alexandre Dreyfus adalah si Pendiri dan CEO Chiliz dan Socios, seorang pengusaha dengan pengalaman bertahun-tahun dalam industri gaming dan olahraga. Dreyfus kemudian membawa keahlian teknologi digitalnya ke alam blockchain yang berkembang dengan menciptakan Chiliz, dan mendirikan Socios.

 

founder-chiliz

 

 

Apa yang Membuat Chiliz Unik?

Chiliz memiliki visi yang jelas dan strategi bisnis yang terencana berdasarkan token-token fans. Walaupun cryptocurrency dan NFT bisa digunakan dalam berbagai cara, Chiliz memandang kripto sebagai suatu teknologi yang mampu membangun komunitas penggemar bagi bisnis utama Chiliz. Fokus ini telah membantu Chiliz menarik para investor dan memoderasi volatilitas yang sering mengguncang pasar cryptocurrency. Chiliz bukan perusahaan kripto, tetapi adalah perusahaan yang menggunakan kripto sebagai teknologi pentingnya untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis yang tidak ada hubungannya dengan kripto.

NFT telah membuktikan nilai mereka di dalam industri gaming, di mana pengguna bisa naik level, melakukan personalisasi karakter mereka, dan meraih sasaran dalam game. NFT digunakan secara meluas dalam program kesetiaan pelanggan. Chiliz telah mengambil posisi kepemimpinan dalam penggunaan teknologi ini untuk mendukung tim-tim olahraga dan para penggemar mereka. Socios merupakan satu contoh atas kegunaan inovatif teknologi NFT ini.

 

Siapa Saja Organisasi yang Bermitra dengan Socios.com?

Terlepas dari semakin banyaknya perusahaan memasuki alam ini, Chiliz sudah berusia lebih dari dua tahun, memiliki produk, ribuan pengguna, dan kemitraan yang tidak tertandingi dengan beberapa nama terbesar di dunia olahraga.

Socios.com telah bermitra dengan Paris Saint-Germain, Juventus, OG, AS Roma, Club Atlético de Madrid, Galatasaray, Club Atlético Independiente , FC Barcelona, Team Heretics, UFC, Apollon Limassol, Trabzonspor, Young Boys, Sint-Truidense V.V., PFL, Novara Calcio, NAVI, İstanbul Başakşehir, Team Alliance, Universidad de Chile, dan AC Milan yang memiliki ratusan hingga jutaan pendukung di seluruh dunia. Masih ada lebiih banyak lagi klub dan tim yang akan diumumkan pada waktunya.

 

Riwayat Harga CHZ

Token Chiliz (CHZ) adalah token utilitas yang kompatibel dengan ERC-20 dan BEP-2 yang memberi tenaga ekosistem Chiliz. Chiliz meluncurkan token CHZ pada tahun 2018 tanpa acara penawaran publik. Tidak ada penjualan umum, semua dana yang terkumpul untuk proyek Chiliz dilakukan melalui investasi privat.

Adopsi Chiliz bertepatan dengan pergerakan harga naik token Chiliz yang luar biasa terlihat sepanjang awal tahun 2021. Pada saat penulisan ini, token CHZ memiliki kap pasar senilai Rp27,2 triliun, mencapai harga tertingginya sekitar Rp12.644,82 pada 13 Maret 2021.

 

Kesimpulan

Blockchain dalam industri olahraga sedang bertumbuh pada tingkat yang eksponensial. Blockchain telah menyaksikan kemunculan yang lebih menonjol dalam industri keuangan, asuransi, musik, dan seni. Namun, industri ini mulai terbangun pada kesempatan yang disediakan oleh blockchain untuk keterlibat dan pengalaman unik fans.

Mengingat kurangnya penghasilan yang diperoleh tim-tim olahraga sepanjang satu tahun terakhir dikarenakan lockdown global, token CHZ membantu para fans dan tim olahraga untuk memulih, setidaknya sampai batas tertentu, dari kerugian yang timbul selama 12 bulan terakhir. Ini mungkin dengan membawa para pendukung dan penggemar olahraga berkumpul bersama untuk partisipasi dalam suatu peluang yang baru dan menarik.

Chiliz memiliki alasan sederhana yang menjelaskan keberadaannya – keterlibatan penonton olahraga. Chiliz membawa olahraga lebih dekat kepada para penggemarnya yang ingin mengambil bagian dalam pertandingan, membuat keputusan, dan menjadi familier dengan pemain favorit mereka. Tim Chiliz menyadari penggemar olahraga bisa menjadi begitu penuh semangat dan dedikasi. Di seluruh dunia, ada kecintaan multigenerasi untuk sepak bola yang memainkan peran signifikan dalam kehidupan orang-orang. Banyak bukti yang menunjukkan seberapa pedulinya orang-orang dengan olahraga.

Dalam olahraga konvensional, ide untuk membuat sejumlah besar fans untuk mengelola keputusan tingkat atas secara langsung sudah didiskusikan tanpa pernah ada solusi benaran. Dengan kombinasi blockchain, token fans, dan bursa cryptocurrency, praktek keterlibatan fans yang lebih maju ini sekarang merupakan kenyataan bagi semua orang tersebut yang menginginkannya. Chiliz menyediakan inisiatif keterlibatan fans yang telah berhasil menyerbu dunia kripto.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *