Fidelity Investments akan Menawarkan Bitcoin di Rekening Tabungan 401(k)

Menurut laporan dari Wall Street Journal dan The New York Times, Fidelity Investments, perusahaan penyedia layanan keuangan asal AS, akan menawarkan Bitcoin kepada para investor untuk dimasukkan ke dalam rekening 401(k) mereka. Kabarnya, para pemilik perusahaan tempat para investor 401(k) bekerja bisa memasang batasan maksimum penempatan investasi di Bitcoin, dengan perkiraan batas teratas pada 20%. Dengan ini, para investor tidak perlu membuat sebuah akun di bursa kripto bila ingin terkena eksposur dari gerakan harga Bitcoin.

401(k) sendiri adalah sebuah rekening simpanan yang didukung oleh pemilik-pemilik perusahaan di mana para pegawai perusahaan tersebut dapat mengalokasikan sebagian dari pendapatan mereka di rekening tersebut. Para pegawai akan tidak perlu membayar pajak bila menempatkan uang ke rekening tersebut. Alokasi pendapatan biasanya ditarik secara otomatis untuk langsung diinvestasikan ke dana manapun yang para pegawai pilih.

Menurut laporan tersebut, biaya untuk penempatan dana di Bitcoin untuk rekening 401(k) Fidelity dapat mencapai 0,75% – 0,90%, tergantung pada jumlah dan siapa pemilik perusahaannya. Dananya nantinya akan dipegang secara kustodial oleh Fidelity. Ada kemungkinan Fidelity akan memberlakukan biaya tambahan, namun hingga kini belum ada kabar mengenai apa dan seberapa besar biaya tersebut.

Fidelity juga akan membuat konten edukasi mengenai kesempatan investasi yang baru ini. Upaya ini akan dibantu oleh perusahaan analitik bisnis, MicroStrategy, yang dipimpin oleh Michael Saylor, salah seorang pendukung Bitcoin terdepan.

Tabungan pensiun 401(k) milik Fidelity adalah produk yang sudah besar dan tenar. Menurut riset dari Cerulli Associates, produk tersebut mengantongi kira-kira $2,4 triliun pada tahun 2020, atau hampir sepertiga dari keseluruhan pasar 401(k) pada waktu itu. Fidelity sendiri sejak tahun 2018 telah menjadi salah satu perusahaan yang mempromosikan produk-produk yang berhubungan dengan Bitcoin.

Menurut CoinGecko, Bitcoin kini diperdagangkan pada harga $40.500, naik 4% dalam 24 jam terakhir.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *