Kena Bug, Solana Down Selama 4 Jam

Platform Blockchain Solana kemarin down selama lebih dari empat jam karena bug yang menghentikan produksi blockchain. Laman Solana Status resmi dan akun Twitter melaporkan masalah tersebut terjadi tepat sebelum pukul 1 siang waktu ET hari ini, sebelum validator membuat jaringan kembali online melalui restart sekitar jam 5 sore.

Menurut informasi dari salah satu pendiri Solana, Anatoly Yakovenko dan pengembang lain di Twitter, masalah ini disebabkan oleh bug dengan fitur durable nonce dari blockchain. Yakovenko men-tweet bahwa masalah itu “menyebabkan sebagian jaringan menganggap blok itu tidak valid,” dan sebagai hasilnya “tidak ada konsensus yang dapat dibentuk”.

Validator bekerja sama untuk menyalakan ulang jaringan Solana dengan menonaktifkan fitur durable nonce, dan Yakovenko menambahkan bahwa bug akan diperbaiki dalam pembaruan mendatang. Semua mengatakan, halaman Status Solana melaporkan bahwa jaringan mati selama 4 jam 10 menit. Sampai tulisan ini dibuat, beberapa node RPC Solana masih kembali online.

Solana adalah pesaing Ethereum yang terus meningkat dan telah menjadi platform populer untuk koleksi NFT, aplikasi dan game terdesentralisasi (DApps), dan layanan keuangan terdesentralisasi (DeFi).
Jaringan Aset kripto SOL mengalami kenaikan nilai yang meroket pada musim gugur lalu, tapi telah berkurang dalam beberapa bulan terakhir bersama dengan sebagian besar pasar kripto lainnya. Saat ini, Solana turun sebesar 11% selama 24 jam terakhir ke harga tepat di atas $40, data dari CoinMarketCap—turun sebesar 84% dari puncak November lalu $260.

Solana telah mengalami dua periode downtime yang terkenal selama beberapa bulan terakhir. September lalu, jaringan tersebut mati selama hampir 18 jam setelah kewalahan oleh transaksi yang dikirim ke protokol DeFi untuk peluncuran token baru. Solana Labs menggambarkannya sebagai “serangan penolakan layanan” dalam laporan postmortem.

Baru-baru ini, pada tanggal 30 April, jaringan itu juga mati lagi setelah bot pencetakan NFT—program otomatis yang dirancang untuk memainkan peluncuran proyek NFT baru—membanjiri Solana dengan laporan 6 juta transaksi per detik. Metaplex, pembuat protokol NFT Solana, telah menerapkan penalti “pajak bot” untuk menghindari masalah itu di masa mendatang.
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *