Patokan USDD dengan Dolar AS Goyah

Stablecoin milik ekosistem Tron, Decentralized USD (USDD), stablecoin yang memiliki mekanisme yang menyerupai TerraUSD (UST) dan LUNA, kemarin mengalami kehilangan patokan. Nilainya kini berada di $0,98, turun 2% dari patokan dolarnya. Peristiwa ini terjadi di tengah turunnya pasar kripto secara keseluruhan. Kap pasar kripto secara keseluruhan kini sudah turun di bawah 1 triliun dolar.

Sebelumnya, Justin Sun, pendiri TRON, mengatakan bahwa komunitar Tron berencana untuk mengubah mekanisme stablecoinnya agar tidak mengalami nasib yang sama dengan Terra. Sun juga menyatakan bahwa komunitas TronDAO akan menempatkan $2 miliar untuk “melawan” pergerakan ke bawah ini. Dalam cuitan di laman pribadinya, Sun mengungkapkan bahwa funding rate untuk posisi short terhadap TRX kini sudah mencapai APY sebanyak negatif 500%.

Sejauh ini, TronDAO telah menerima 700 juta USDC untuk melindungi patokan USDD.

Decentralized USDD adalah stablecoin yang digunakan di ekosistem Tron untuk memenuhi segala kebutuhan DeFi di platform itu. Stablecoin ini menggunakan mekanisme pencetakan dan pembakaran USDD dan TRX, mirip seperti mekanisme yang digunakan oleh UST dan Terra. Selain itu, token ini juga memiliki agunan dalam bentuk kripto seperti TRX, Bitcoin, dan stablecoin lainnya, termasuk USDT dan USDC yang disimpan dalam cadangan TronDAO.

USDD kini duduk di peringkat 64 berdasarkan kap pasar, menurut CoinGecko, dengan sekitar 723 juta USDD yang sedang beredar. Rasio agunannya kini mencapai 246,92%, menurut usdd.io

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *