Platform DeFi Solana Memilih untuk Mengontrol Akun Whale dalam Upaya Menghindari ‘Kekacauan’ Likuidasi

Pengguna Solend layanan pinjam meminjam yang berbasis di Solana pada hari Minggu mengambil suara untuk memaksa pengambilalihan akun terbesar di protocol itu, yang adalah sebuah “whale” yang “posisi marginnya sangat besar”, menurut kontributor Solend, bisa menyebabkan bencana likuidasi on-chain.

Pemungutan suara tata kelola ini, yang belum pernah terjadi sebelumnya, akan memberikan Solend Labs “kekuatan darurat” untuk melikuidasi aset rentan milik whale tersebut (sekitar 20 juta dolar dalam SOL) melalui perdagangan over-the-counter (OTC) alih-alih pertukaran desentral – di mana keuangan desentral (DeFi) biasanya mengalami likuidasi– jika harga SOL turun terlalu rendah.

Solend Labs mengatakan bahwa likuidasi on-chain dari posisi whale itu “dapat menyebabkan kekacauan” di pasar DeFi Solana. Bila dilakukan melalui layanan OTC, ada kemungkinan akan menghindarinya. Tapi itu juga akan mengambil alih sepenuhnya protokol kode smart contract yang diikuti Solend secara terprogram untuk setiap likuidasi peminjam lainnya.

Pendukung intervensi ini berpendapat bahwa whale Solend bukanlah pengguna biasa. Akun tersebut telah memarkir 5,7 juta SOL ke Solend, atau lebih dari 95% dari deposit pool. Selain itu, ia telah meminjam 108 juta dolar dalam stablecoin – jauh lebih banyak daripada siapa pun.

Jika harga likuidasi SOL 22,30 dolar tercapai, itu akan bertanggung jawab atas sekitar 20 juta dolar. SOL saat ini diperdagangkan pada 32,27 dolar.

“Terlepas dari upaya kami, kami tidak dapat membuat whale mengurangi risikonya, atau bahkan menghubungi mereka,” kata proposal. “Dengan cara segala sesuatunya menjadi tren dengan tidak responsifnya whale, tindakan yang jelas harus diambil adalah untuk mengurangi risiko.”

Proposal itu mengusulkan sebagai berikut:

Pilih Ya: Tetapkan persyaratan margin khusus untuk whale besar yang mewakili lebih dari 20% pinjaman dan berikan kekuatan darurat ke Solend Labs untuk mengambil alih sementara akun whale sehingga likuidasi dapat dieksekusi OTC.

Pilih Tidak: Tidak melakukan apa-apa.

Pemegang token tata kelola Solend yang berpartisipasi memilih ya sebesar 97,5% suara. Proposal tersebut hampir tidak memenuhi kuorum 1%.

Ada seseorang yang memilih ya yang melancarkan pemilihan ini: akun pemilih ya ini adalah satu-satunya alasan proposal tersebut mencapai angka 1%.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *