Publikasi Data NFP dan Pengangguran Amerika Serikat Dilaksanakan Malam Ini! Potensi Koreksi Semakin Kuat

Publikasi Data NFP dan Pengangguran Amerika Serikat Dilaksanakan Malam Ini! Potensi Koreksi Semakin Kuat

Data NFP atau Non Farm Payroll, data gaji tenaga kerja sektor non pertanian di Amerika, akan dipublikasi pada malam ini. 

Data ini akan dipublikasi bersama dengan data pengangguran di Amerika, memberikan pertanda terkait kondisi ketenagakerjaan secara menyeluruh, dan mencerminkan kondisi perekonomian. 

Publikasi data NFP merupakan waktu yang dianggap sebagai salah satu waktu paling volatil untuk pasar keuangan, termasuk kripto. 

Publikasi Data NFP dan Pengangguran Amerika Serikat 

Publikasi kedua data ini akan dilaksanakan pada 7 Juni 2024, malam ini, pukul 19.30 WIB atau 20.30 WITA. 

Terdapat beberapa publikasi data lain yang berujung memberikan gambaran terkait kondisi perekonomian secara menyeluruh. 

Untuk saat ini data utama yang dinantikan oleh para trader dan investor pasar keuangan secara menyeluruh adalah data NFP dan pengangguran. 

Hal ini disebabkan dampaknya yang besar karena merupakan data yang paling mudah dimengerti sehingga dijadikan sentimen utama untuk para investor dan trader di pasar, bagi yang berpengalaman maupun pemula. 

Selain kedua data tersebut, Amerika juga akan mempublikasi data upah per jam untuk para tenaga kerja bersama dengan data NFP di sektor privat. 

Amerika juga akan mempublikasi data tingkat partisipasi tenaga kerja, untuk melihat seberapa besar tenaga kerja yang saat ini sudah memiliki pekerjaan dan yang masih kesulitan mendapatkan pekerjaan. 

Data NFP dan pengangguran saat ini diprediksi akan bergerak positif oleh mayoritas analis di pasar keuangan dan para ekonom.

Data NFP diprediksi akan bergerak naik sedangkan data pengangguran diprediksi akan bergerak stagnan, secara menyeluruh memperlihatkan sentimen positif dalam perekonomian. 

Data NFP yang naik memberikan pertanda bahwa Perekonomian Amerika mulai membaik karena berarti gaji mayoritas pekerja sudah mulai naik kembali secara rata-rata dibandingkan bulan lalu. 

Sedangkan, data pengangguran yang stagnan, memberikan gambaran bahwa Amerika tidak mengalami kondisi pengangguran yang semakin parah walau perekonomiannya masih belum pulih. 

Data lain memberikan pertanda positif untuk perekonomian Amerika sehingga secara keseluruhan data nanti malam dapat membuat dampak signifikan untuk pasar keuangan. 

Dampak untuk Kripto 

Sayangnya, kondisi yang positif untuk Amerika berarti sentimen positif untuk Dolar Amerika. Pada umumnya, sentimen positif untuk Dolar Amerika akan membuat dorongan nilai untuk Dolar Amerika sehingga nilainya akan bergerak naik. 

Dalam kondisi ini, umumnya aset berisiko seperti saham dan kripto akan bergerak turun, sehingga dengan publikasi data nanti malam, ada potensi dalam jangka pendek harga kripto akan bergerak turun. 

Pergerakan koreksi ini sudah mulai terlihat, degan Bitcoin yang kembali turun ke sekitar $70,000 walau sebelumnya sedang berusaha naik ke daerah $73,000. 

Mayoritas kripto lain masih bergerak stagnan, namun kemungkinan volume jual akan semakin kuat menjelang pembukaan sesi perdagangan di Amerika.

Ditambah dengan fakta bahwa hari ini adalah hari Jumat, yang umumnya digunakan investor dan trader institusional untuk menutup posisi, ada kemungkinan harga mayoritas kripto akan bergerak turun. 

Untuk saat ini kapitalisasi pasar kripto masih belum bergerak turun secara signifikan, menandakan masih adanya harapan bahwa pasar kripto akan bergerak stagnan menghadapi publikasi data ini. 

Walau begitu, kondisi yang stagnan akan menghasilkan fase konsolidasi dan berujung pada kondisi volatilitas yang tinggi. 

Oleh karena itu trader dan investor diharapkan untuk tetap waspada dan lebih baik menunggu apabila tidak sanggup menghadapi volatilitas yang tinggi menjelang NFP. 

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *