Testnet Ropsten Ethereum Berhasil Melakukan Merge

Tahap awal untuk persiapan merge Ethereum tahun ini telah berhasil dilaksanakan dengan merge testnet Ropsten.

Jaringan tes (testnet) The Ropsten telah menyatukan lapisan eksekusi proof-of-work (PoW)-nya dengan chain konsensus proof-of-stake (PoS) Beacon Chain. Proses ini serupa dengan The Merge yang akan dilaksanakan di mainnet Ethereum dalam beberapa bulan lagi menurut rencananya.

The Merge adalah pencapaian yang dinanti-nantikan dalam upaya Ethereum untuk berpindah ke mekanisme konsensus proof-of-stake. Ethereum pada saat ini masih menggunakan mekanisme proof-of-work, di mana blok-blok dihasilkan oleh penambang (miner) yang menggunakan energi listrik untuk mentenagai mesin-mesin penambang. Para penambang menerima penghasilan dalam wujud ether (ETH) yang baru dicetak, seporsi dari biaya transaksi, dan tip. Validator akan mengambil peran miner untuk menambahkan blok baru ke blockchain setelah Ethereum beralih dari proof-of-work ke proof-of-stake.

https://twitter.com/etherchain_org/status/1534568254508875778?s=20&t=bCiwK2oyGL1HddbaWEjFUw

Untuk saat ini, Beacon Chain Ethereum masih berjalan beriringan dengan chain PoW. Beacon Chain sendiri adalah chain koordinasi PoS yang sudah memiliki validator yang membuat dan memvalidasi blok baru berbarengan dengan chain eksekusi PoW. Setelah chain PoS sudah diuji coba dan diamankan, kedua chain ini akan disatukan dan Ethereum akan menjadi blockchain PoS sepenuhnya.

Karena kompleksnya perubahan tersebut untuk Ethereum, ujicoba diperlukan di beberapa testnet. Merge di testnet Ropsten adalah uji coba pertama kalinya untuk tes semacam itu. Hasil dari tes ini akan membantu para pengembangnya mengetahui langkah-langkah apa ke depannya yang harus mereka capai untuk menyukseskan merge yang asli di mainnet Ethereum.

Testnet lain seperti Goerli dan Seoplia juga akan mengadakan uji coba Merge dalam beberapa bulan mendatang.

Baca Juga: Dampak The Merge Pada Harga Ethereum

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *