Volume Transaksi IO Naik 30% Setelah Meluncur ke Pasar! Volume Transaksi Naik 20 Kali Lipat

Volume Transaksi IO Naik 30% Setelah Meluncur ke Pasar! Volume Transaksi Naik 20 Kali Lipat

IO resmi meluncur ke pasar setelah io.net mengabarkan bahwa mereka akan melakukan pembaruan terhadap seluruh mekanisme aplikasinya dan meluncurkan token untuk transaksi. 

Saat ini para pengguna io.net bisa mulai membayar transaksi penyewaan CPU dan GPU melalui IO dari yang sebelumnya menggunakan SOL. 

Peluncuran ini dilakukan dengan masuknya IO ke beberapa exchange besar seperti Binance, sehingga memberikan dorongan volume transaksi secara signifikan. 

Harga IO sendiri bergerak naik hingga 30% kurang dari satu pekan dan volume transaksinya naik hingga 20 kali lipat. 

IO Naik 30% dalam Dua Hari

Peluncuran IO dilaksanakan pada 11 Juni 2024, melalui pendaftaran atau listing di beberapa exchange besar. 

Hasilnya, saat ini volume transaksinya telah bergerak drastis secara signifikan walau baru berdagang di pasar selama dua hari. 

Saat ini terdapat beberapa nama besar yang menjadi tempat transaksi IO, seperti Binance, Kucoin, Bybit, Gate.io,dan HTX, sehingga tidak heran jika volumenya bisa naik drastis. 

Menurut data dari Coingecko, volume transaksi IO naik dari sekitar $100 Juta pada hari pertama perdagangan hingga saat ini mencapai sekitar $2 Miliar peningkatan signifikan hanya dalam kurang dari dua hari. 

Volume transaksi ini telah berhasil membuat harga IO naik secara signifikan, membawa harganya naik dari peluncuran di sekitar $4 hingga saat ini menjadi hampir $6.

Secara menyeluruh, apresiasi yang terjadi bersama adanya koreksi singkat setelah peluncuran, membawa IO naik sekitar 30% dalam waktu kurang dari dua hari. 

Peluncuran IO ini disandingkan dengan peluncuran program airdrop dari dua fase yaitu program IOG atau Ignition Rewards yang bisa mulai diambil sejak peluncuran token. 

Terdapat beberapa penerima airdrop yang terlihat langsung menjual kepemilikannya, sehingga secara menyeluruh membuat harga turun sementara. 

Namun, nampaknya tekanan jual ini masih dapat berlanjut karena periode pengambilan airdrop masih berlangsung hingga 18 Juni 2024. 

IO masih belum menyatakan kemana alokasi airdrop yang tidak diambil akan digunakan nantinya, namun kemungkinan besar alokasi yang tidak diambil penerima akan digunakan sebagai subsidi jaringan atau sebagai airdrop tambahan lainnya. 

Secara menyeluruh peluncuran ini cukup menarik, karena berarti narasi AI bisa hidup kembali bersama dengan ketenaran IO. 

Valuasi Adil IO 

Terkait harga IO saat ini masih belum ada prediksi yang signifikan terkait pergerakan harganya, namun melihat saat ini jumlah persediaannya berada pada 800 Juta, terdapat informasi yang bisa digunakan untuk memberikan prediksi. 

Melihat valuasi perusahaannya yang baru saja mendapatkan pendanaan sebesar $30 Juta dengan valuasi $1 Miliar, maka bisa diasumsikan tokennya akan memiliki nilai $1 Miliar demi investor bisa minimal balik modal dari investasinya. 

Untuk menghitung harga fair value atau harga wajarnya, berarti IO harus memiliki nilai sekitar $1.25 agar investor bisa balik modal saat ingin menjual.

Melihat harganya sudah naik signifikan, bisa dikatakan bahwa investor sedang mengalami keuntungan saat ini, namun masih belum bisa menjual karena adanya periode vesting. 

Setelah semua terjual, ada kemungkinan harga adil atau batas bawah yang paling rendah untuk harga IO berada pada $1.25 yang kemungkinan bisa terjadi setelah airdrop diambil semua oleh penerima atau bahkan setelah bear market terjadi. 

Melihat proyek serupa seperti RNDR, ada kemungkinan IO bisa naik sekitar 3.000% setelah peluncuran ini, namun umumnya harus ada koreksi besar dulu karena tekanan jual holder jangka pendek.

Walau begitu, tidak ada yang pasti di dunia kripto, sehingga langkah yang baik adalah memperhatikan fundamental dari IO dan mempercayai apakah proyeknya dapat bertahan jangka panjang atau tidak. 

Mengingat saat ini IO digunakan untuk alat transaksi di io.net, sangat masuk akal untuk  berasumsi bahwa tokennya akan berguna dan memiliki masa depan yang baik. 

Namun di sisi lain, kondisi ini juga mengingatkan bahwa harga tokennya tidak bisa naik terlalu tinggi, karena akan mempersulit transaksi di platform dan menurunkan volume apabila terlalu mahal. 

Jadi, investor harus memiliki pandangan sendiri terkait masa depan IO sehingga yakin terhadap analisis pribadi dan dapat bertahan dalam jangka panjang. Risiko ditanggung masing-masing. 

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *