Warga Argentina Beralih ke Stablecoin di Tengah Krisis Ekonomi

Setelah menteri ekonomi Argentina, Martin Guzmán mengundurkan diri, warga Argentina berbondong-bondong membeli stablecoin, yang menurut beberapa laporan telah meningkat 2-3 kali dalam volume. Bloomberg melaporkan bahwa biaya pembelian USDT menggunakan peso Argentina telah meningkat sejak pengunduran diri Guzmán.

Karena kurangnya referensi harga untuk dollar AS selama akhir pekan kemarin, kebanyakan bursa Argentina meningkatkan spread antara harga bid dan ask mereka hingga 18%, di mana biasanya hanya 2%. Harga 1 USDT di Binance mencapai 257 peso Argentina (30 ribu rupiah) sementara di bursa Lemon Cash mencapai 279 peso (33 ribu rupiah).

Pasar kripto adalah satu-satunya pasar yang masih buka selama akhir pekan kemarin, Meski volumenya kecil, tetapi pergerakan harga ini bisa menandakan ketidakpuasan masyarakat terhadap cara pemerintahnya menanggulangi krisis ekonomi. Bulan Mei kemarin, inflasi tahunan Argentina mencapai 60,7%, tingkat inflasi tertinggi di Argentina sejak 1992.

Martin Guzmán sendiri adalah salah satu tangan kanan dari Presiden Argentina, Alberto Fernandez. Beliau adalah dalang dari kesepakatan peminjaman dana dari IMF sebesar $44 miliar untuk mengganti dana dari sebuah proyek pemerintah yang gagal. Menurut kabar yang beredar, pengunduran dirinya juga didorong oleh perseteruan yang terjadi antara beberapa pihak di pemerintahan koalisi Presiden Fernandez, terutama setelah presiden yang berumur 39 tahun tersebut berselisih pendapat dengan wakil presidennya sendiri, Cristina Fernández de Kirchner. Hingga saat ini, Presiden Fernandez belum mengumumkan pengganti.

Menurut Chainanalysis, Argentina adalah salah satu dari sembilan negara dengan tingkat adopsi kripto tertinggi. Dua pertiga dari investor kripto di negara Amerika Selatan tersebut mengatakan bahwa investasi mereka ditujukan untuk melindungi simpanan mereka, menurut sebuah penelitian dari Wunderman Thompson.

Baca Juga: Walikota Buenos Aires Merencanakan Pembayaran Pajak Menggunakan Bitcoin

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *