Ini adalah Siklus Terakhir

siklus terakhir

Halo Sobat RR!

Apakah kripto memasuki siklus pasar terakhir sebelum masuk ke era kematangannya?

Jika kalian melihat dengan seksama, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kripto memasuki siklus pasar terakhirnya, sebelum akhirnya keluar dari fase pengembangannya dan memasuki era kematangan, stabilitas, dan pertumbuhan jangka panjang.

“Siklus berikutnya akan menjadi yang terakhir”. Sebenarnya pernyataan ini sudah pernah diucapkan berulang kali sebelumnya, dan saya tidak bermaksud membuat prediksi yang pasti tentang hal ini. Saya hanya ingin menghubungkan beberapa titik di seluruh lanskap kripto yang menunjukkan arah fase baru dari kripto setelah pasar bear ini selesai.

Mari kita telusuri lebih dalam!

Tentang Regulasi dan Persetujuan Institusional

Kripto sedang menghadapi pertempuran regulasi terbesarnya sepanjang masa. Memang, hal ini tak terhindarkan. Sebagai industri yang berbasis pada uang dan dunia keuangan, kita tidak bisa sekadar diterima publik mainstream tanpa melewati ujian penerimaan regulasi. Agar pemain besar bisa bermain di Web3, mereka perlu jaminan bahwa Negara-Bangsa mengizinkan mereka melakukannya.

“Menjadi mainstream” berarti bahwa kripto berhasil melewati ujian regulasi ini.

Jangan takut. Kripto akan menang apa pun yang terjadi. Yang harus kita lakukan hanyalah menunggu sampai ujian ini selesai. Kripto adalah kekuatan yang tak terhentikan, dan Negara-Bangsa bukanlah benda yang tidak bisa bergerak.

Bank-bank akan mencoba untuk menghentikan kita. Dan Ethereum akan menghasilkan blok berikutnya.

Sejarah pada akhirnya ditentukan oleh jalur teknologi. Setiap pukulan yang dilemparkan oleh regulator anti-kripto dan legislator pada akhirnya akan diredam oleh kekuatan pasar bebas.

Fase kripto saat ini tidak seharusnya dianggap sebagai “serangan negara-bangsa terhadap kripto” melainkan “pengenalan teknologi disruptif oleh negara-bangsa”. Seperti mahasiswa baru di perguruan tinggi atau mahasiswa baru dalam suatu perkumpulan, kita hanya perlu berjuang untuk bisa sampai ke tujuan akhir.

Ripple baru saja mengalahkan SEC. Blackrock, Fidelity, dan semua pemain TradFi besar lainnya baru saja memberi sinyal kepada pihak berwenang untuk menenangkan diri. Merek-merek besar, yang sebagian besar tidak begitu peduli dengan regulasi keuangan, terus menjelajahi dunia kripto.

Kasus-kasus hukum kripto akan diperjuangkan, undang-undang akan dirancang, keputusan akan diambil, ditolak, dan kemudian diambil lagi. Ini akan menjengkelkan dan menyakitkan. Tetapi suatu hari nanti, semua ini akan berakhir. Para regulator pada akhirnya akan duduk tenang. Yang harus kita lakukan hanyalah menunggu. Waktu berada di pihak kita.

Setelah ujian regulasi berada di belakang kita, rasa ingin tahu hati-hati dari minat mainstream terhadap kripto akan beralih menjadi demam emas yang bersemangat, karena mereka menyadari bahwa ada tanah subur di luar sana, dan jalan menuju akses ke wilayah baru ini sudah cukup jelas dan risikonya dapat diterima.

Kematangan Protokol

Pada saat yang bersamaan dengan titik terang regulasi, kita juga dapat melihat tujuan akhir protokol-protokol yang menjadi dasar industri ini.

Banyak protokol yang dibutuhkan oleh Web3 sedang bertransformasi menjadi bentuk akhir mereka. Kita belum sampai di sana, tetapi tujuan akhirnya mulai terlihat di cakrawala.

Tidak lama lagi di Web3, kita akan memiliki lebih banyak ketersediaan data daripada yang kita ketahui bagaimana cara menggunakannya.

EIP-4844 akan mengkomoditaskan akses ke ruang blok yang paling aman di dunia.

Berkat zk-rollups, transaksi akan menjadi instan. Batas antar rantai akan menjadi kabur berkat shared sequencing. Semua teknologi ini mengejar hasil yang sama: membuat blockchain tidak terlihat.

Pada saat pasar bullish berikutnya muncul, biaya komputasi Web3 akan mencapai titik minimum mereka secara teori. Biaya gas tinggi dan waktu blok yang lambat tidak akan menjadi hambatan untuk adopsi protokol terdesentralisasi. Tanggung jawab inovasi akan beralih ke pengembang aplikasi, yang akan diberi tugas untuk memanfaatkan pasokan sumber daya komputasi yang melimpah yang disediakan oleh pengembang protokol.

Pasar bullish berikutnya tidak akan dibatasi oleh batasan skala. Tidak ada yang akan mengutip “biaya tinggi” dan “ketidakmatangan protokol” sebagai alasan mengapa mereka tidak mengintegrasikan sistem Web3. “Peta jalan berbasis rollup” Ethereum akan cukup ekspresif dan dapat disesuaikan sehingga rantai bisa dengan mudah dibuat sesuai dengan kasus penggunaan yang dibutuhkan oleh setiap pemain yang ingin tahu.

Ini akan membuka akses ke kasus penggunaan kripto dengan volume rendah. Ketika Web3 lambat dan mahal, satu-satunya kasus penggunaan yang dapat diakses adalah uang, dunia keuangan, dan aset bernilai tinggi. Jika biaya transaksinya puluhan atau ratusan dolar, maka hanya aktivitas yang bernilai ribuan dolar atau lebih yang dapat didukung secara rasional.

Ketika biaya untuk terlibat dalam Web3 mendekati angka yang cukup rendah, mulai menjadi rasional bagi platform untuk mensubsidi pengguna mereka sendiri. Begitu transaksi pengguna disubsidi oleh platform-platform yang bersaing untuk pengguna, maka cakupan penuh dari kasus penggunaan kripto akhirnya terbuka untuk semua orang.

Apa yang dapat dilakukan oleh Web3, ketika aksesnya menjadi gratis secara praktis?

Aplikasi baru apa yang dapat dibangun?

Populasi pengguna baru mana yang dapat diincar?

Jawabannya adalah semuanya. Semua dari mereka. Semua orang.

Garis Panjang Ethereum

Pada tahun 2015, Ethereum menetapkan rencana ambisius bagi dirinya sendiri. Seiring berjalannya tahun, rencana ini hanya akan menjadi semakin ambisius. Ternyata, aspirasi yang dimiliki Ethereum jauh lebih kompleks daripada yang awalnya kita kira.

Pada sekitar tahun 2019, ada perubahan besar. Tumpukan penelitian dan beberapa terobosan teknik kritis mengubah babak baru dalam perjalanan Ethereum. “Ethereum 2.0” atau “Serenity” (sekarang hanya disebut “Ethereum”) memiliki rencana yang jelas di mana yang tersisa hanyalah pengujian dan penulisan kode.

Dari tahun 2019 hingga 2023, kode ditulis dan kode dikirim. Ethereum berubah dari rantai PoW monolitik menjadi rantai PoS modular yang ekspresif dengan jaringan yang bermunculan dari dasarnya.

Janji-janji dibuat, dan janji-janji dijaga.

Hal paling menakjubkan dari garis panjang Ethereum ini adalah komitmen terhadap visi asli yang ditetapkan pada tahun 2015. Meskipun detail implementasi berubah, dan jalannya sendiri belum dijelajahi, tujuan awal dari apa yang pada akhirnya akan menjadi Ethereum tidak pernah goyah.

Sepanjang sejarahnya, bertaruh melawan jalur dan pengembang Ethereum tidak pernah berhasil. Dengan EIP-4844 kemungkinan akan dirilis pada akhir tahun ini, Ethereum akan memiliki rekam jejak komitmen yang sempurna.

Memegang janji dan berpegang pada visi menunjukkan kepada dunia luar bahwa hal-hal yang sedang dibangun, dibangun dengan keyakinan, niat, dan tujuan.

Mungkin saat ini bagi dunia luar, penggemar kripto terlihat sebagai sekelompok monyet yang bingung dan berlari-lari dalam kekacauan. Tetapi akan ada saatnya di mana seseorang akan melihat ke belakang dan melihat keindahan dalam kekacauan, karena Ethereum pada akhirnya berkembang menjadi hal yang dibutuhkan dunia – lapisan komputasi internet terdesentralisasi untuk mendistribusikan nilai. Sebuah jaringan utama untuk berbagai jaringan khusus.

ETH

Bersamaan dengan berkembangnya Ethereum adalah cerita lengkap tentang ETH. Pada tahun 2015, ETH adalah suatu koin yang kurang bernilai, tetapi aset kripto ETH telah membuat kemajuan yang sebanding seiring dengan protokol yang berjalan bersamanya. Dari pembagian 5 ETH per blok yang sangat inflasioner pada tahun 2015, ETH sekarang adalah aset yang secara alami menghasilkan imbal hasil dengan kebijakan moneter algoritmik. Dengan imbal hasil nyata dan tanpa campur tangan manusia, ini sangat bertolak belakang dengan kebijakan moneter Dolar dan Federal Reserve.

Selain MEV burn, yang lebih menambah kekuatan moneter ETH, tidak ada peningkatan lebih lanjut pada kebijakan moneter ETH.

Jika ada satu hal yang disukai oleh orang kaya, itu adalah imbal hasil. Dan imbal hasil ETH berdiri jauh di atas yang lain. Stakeholder ETH menerima imbal hasil sementara ETH sendiri secara bersamaan bersifat deflasi. Pemegang obligasi mendapatkan imbal hasil nominal positif tetapi imbal hasil riil negatif.

Bandingkan itu dengan pemahaman global bahwa USD dan Surat Utang AS harus mengalami penurunan nilai dalam mata uang riil agar sistem keuangan dunia tetap utuh, dan kalian memiliki cerita untuk masa depan ETH yang menuliskan dirinya sendiri.

Evolusi ETH menunjukkan kepada dunia luar bahwa ada sesuatu yang benar-benar baru di industri kripto ini. Melalui kriptografi dan jaringan, kita dapat menciptakan aset keuangan dengan sifat yang belum pernah terlihat sebelumnya. Cerita aset kripto dengan proposisi nilai yang kuat tidak berhenti pada Bitcoin. Kita tidak puas dengan “emas digital”. Kita sedang membuka bidang yang baru, dan aset ETH dapat dengan rapi masuk ke dalam model mental yang sudah ada tentang bagaimana aset dinilai, sambil tetap menjadi sesuatu yang benar-benar berbeda dari semua aset yang sudah ada sebelumnya.

Ringkasan dari dua bagian ini, Kematangan Ethereum dan ETH, dapat dirangkum dengan pertumbuhan dan kesuksesan dalam mengarungi perairan yang belum pernah dijelajahi. Ketika saatnya tiba bagi perhatian masyarakat untuk kembali ke jalur kripto, mereka akan melihat sebuah protokol dan asetnya dengan catatan panjang kemajuan yang konsisten dan berarah menuju visi yang tidak pernah goyah sejak awal.

Legitimasi yang diperoleh oleh ekosistem Ethereum ini akan mendorongnya menjadi suatu aset kripto yang cukup “aman” bagi orang untuk mengambil risiko karir, dan mulai merekomendasikan untuk “memeriksanya” pada tingkat yang semakin tinggi.

Semua ini dimulai dengan ETF, sebuah bola yang sudah mulai bergerak.

ETFs Akan Hadir

Perlombaan menuju ETF telah dimulai. Seperti yang sudah saya katakan di bagian regulasi di atas, yang harus kita lakukan hanyalah menunggu. Lintasan sejarah ditentukan oleh teknologi. Gary hanya bisa menahan pintu tertutup terhadap ETF kripto untuk sementara waktu – pada akhirnya, kekuatan pasar bebas akan menemukan jalannya.

Tampaknya waktu itu akan datang lebih cepatn. Begitu Bitcoin membuka pintu untuk ETF aset kripto, menjadi lebih sulit untuk menghentikan aset tambahan dari menemukan jalan mereka ke dalam ETF mereka sendiri.

Dengan membuat beberapa asumsi di sini, kita akan mendapatkan ETF BTC dan ETF ETH dalan waktu dekat. Jika hal-hal ini berpasangan dengan datangnya pasar bullish, pipa modal antara kripto dan dunia luar akan menjadi yang terbesar yang pernah ada. Pada akhir siklus yang akan datang ini, simbol ticker BTC dan ETH akan menjadi umum di samping APPL dan AMZN, di setiap perusahaan pialang besar di dunia.

Siklus-Siklus Sedang Berkurang

Imbal hasil Bitcoin selama bertahun-tahun selalu ditekan. Jika kalian cukup gila untuk membeli bitcoin pada tahun 2010, selamat karena kenaikan hingga tahun 2011 adalah peningkatan paling tajam yang pernah dimiliki Bitcoin. Setiap siklus berikutnya memerlukan lebih banyak waktu untuk imbal hasil yang lebih rendah.

Salah satu perbincangan terbesar masyarakat adalah bahwa aset kripto terlalu volatil. Padahal, seiring dengan berjalannya setiap siklus, aset kripto menjadi lebih tidak volatil dari sebelumnya, sementara pada saat bersamaan pasar ekuitas dan obligasi tradisional menjadi yang paling volatil dalam lebih dari 3 dekade.

Pasar tradisional hanya mengadopsi volatilitas. Pasar kripto dilahirkan di dalamnya. Dibentuk olehnya! Dan sekarang, pasar kripto sedang berkembang menuju stabilitas, sementara pasar tradisional terjerumus ke dalam volatilitas berkat intervensi Bank Sentral.

Dengan meredanya tekanan regulasi, dan daya tarik adopsi berkelanjutan dan non-spekulatif terhadap jaringan kripto akibat kedewasaan infrastruktur jaringan, banyak volatilitas kripto dapat diredam hanya karena adopsi. Semakin besar kapal-kapal itu, semakin sulit untuk diguncang.

Dan, kesimpulan dari bagian infrastruktur di atas adalah bahwa kapal-kapal kripto kita siap untuk bertumbuh sebesar apa pun yang masyarakat perlukan.

Peradaban Kripto Berkembang

Kripto selalu akan memiliki “Wild West”-nya. Tidak ada cara untuk mengembalikan jin ke dalam botol – begitu kalian memberi masyarakat kebebasan dalam keuangan, maka daerah ini tidak dapat dihentikan. Berkat ERC20, siapa pun dapat mencetak koin meme, tetapi sekarang berkat OP Stack, di siklus pasar berikutnya siapa pun akan dapat mencetak rantai meme.

Tetapi sekarang, dengan siklus ini, kita akan melihat peradaban yang lebih aman terbentuk. Mereka berdiri berlawanan satu sama lain. Mereka yang mencari kebebasan dan petualangan pergi ke “Wild West” kripto, untuk melarikan diri dari tirani dan penindasan peradaban. Tetapi ada orang yang ingin keamanan dan stabilitas peradaban! Adopsi massal memerlukan jalan, instalasi pipa, hukum, dan polisi. Tubuh kripto akan berkembang menjadi lingkungan yang dapat diprediksi, dapat diandalkan, dan disetujui oleh regulasi di mana mereka yang kurang berani merasa aman untuk menjelajahi.

Beberapa bagian dari kripto akan mulai dianggap cukup aman sehingga orang-orang “normal” Web2 akan merasa aman tinggal di sini. Dompet kontrak pintar dengan pemulihan akun, aplikasi yang sudah teruji, L2 dengan lalu lintas tinggi. Hal-hal ini akan menjadi peradaban kripto dan akan menjadi tempat di mana yang kurang berani masih merasa aman untuk ikut berpartisipasi dalam masyarakat kripto.

Tapi bagi semua yang membaca artikel ini, tetap berada di sini akan menjadi pilihan. Kita akan mengetahui jalur-jalur rahasia ke sudut-sudut kripto yang lebih tersembunyi, tempat di mana token bermanifestasi dan para degen bermain. Kita akan selalu memiliki “Wild West” di kripto.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Musa Andy

Musa Andy

Seorang investor kripto yang hobi menonton drama kripto

Artikel Lainnya :

Dapatkan Konten Premium dengan Join Membership