Mengapa Dunia Kripto Penuh Penipuan?

penipu kripto

Bagi dunia di luar kripto, kripto adalah sudut internet di mana seseorang pergi dan kehilangan uang karena penipuan dan rugpull.

Di sanalah tempat di mana beberapa YouTuber memberi tahu kalian tentang token yang disebut PAMP atau SAFEMOON dan bahwa token itu akan mengalami kenaikan 1000x dan kalian perlu membeli sekarang juga supaya bisa ikut merasakan kenaikannya.

Beginilah wujud kripto yang sebenarnya, bukan?

Pembaca Republik Rupiah pasti tahu bahwa kripto bukan tentang itu.

Republik Rupiah memiliki sebuah visi yang berbeda untuk kripto: sebuah tempat di mana terdapat banyak kesempatan, sebuah perbatasan yang baru, sebuah dunia digital, dibangun di atas perangkat lunak sumber terbuka yang bebas, yang memungkinkan kita untuk keluar dari institusi-institusi keuangan dan teknologi besar (contoh: Wall Street dan Silicon Valley di Amerika) yang telah menangkap dunia di mana kita tinggal.

Jadi mengapa kebanyakan orang berpikir bahwa kripto penuh dengan penipuan? Dan jika kripto penuh dengan penipuan, mengapa orang terus datang untuk mempelajarinya?

Apa yang membuat mereka penasaran? Atau apakah kripto benar-benar hanya sebuah penipuan besar?

Artikel ini menyajikan sebuah model “Lingkaran Konsentris Industri Kripto”, yang menjelaskan mengapa begitu banyak orang di luar kripto yang menganggap industri ini sebuah penipuan.

Model mental ini dapat membantu membekali pemula kripto dengan pengetahuan yang membantu menavigasi kegelapan kripto menjadi sedikit lebih mudah, dan dengan lebih banyak pemahaman tentang tipe orang yang akan kalian temukan di kripto — mana yang harus diperhatikan, dan mana yang harus dihindari.

Empat lingkaran konsentris

Model untuk siapa yang menyusun industri kripto terdiri dari empat lingkaran konsentris.

Pengembang Inti ada di tengah lingkaran besar, seluruh dunia di luar lingkaran, dengan Pemercaya Kripto dan Penipu Kripto berada di antaranya.

  1. Pengembang Inti
  2. Pemercaya Kripto
  3. Penipu Kripto
  4. Seluruh dunia

Pengembang Inti

Mari kita mulai dari tengah. Pengembang Inti adalah para pembangun dan filsuf yang membangun industri ini dari prinsip-prinsip pertamanya. Mereka sangat memahami masalah dunia yang ada saat ini, bagaimana kriptografi dan teknologi blockchain bisa menanganinya, dan implikasi radikalnya untuk masa depan. Mereka memahami filosofi, kode, dan kebaikan moral yang dapat dibawa oleh teknologi ini ke dunia.

Inilah yang kami maksud ketika kami mengatakan “nilai-nilai kripto”.

Di lingkaran ini, ada Satoshi Nakomoto, pencipta anonim Bitcoin, yang melahirkan blockchain Bitcoin, dan kemudian perlahan menghilang karena dia tahu bahwa Bitcoin akan menjadi lebih baik jika tidak memiliki seorang pemimpin.

Vitalik Buterin, pencipta Ethereum, juga termasuk di lingkaran ini. Vitalik adalah seorang biksu digital, ahli kriptografi, ahli filsafat, ahli matematika, dan tentu saja, ahli ekonomi kripto. Vitalik memiliki keinginan untuk membangun barang publik dan sistem sosial yang mempromosikan kesejahteraan global. Bahkan saat menjadi sangat kaya, dia diketahui tetap tidur di hostel dan hidup dari satu ransel, karena dia tidak ingin menghabiskan lebih banyak sumber daya daripada yang dia butuhkan.

Dia adalah seorang biksu kripto untuk era digital.

Ransel Vitalik

Menjadi seorang Pengembang Inti bisa menjadi sebuah pekerjaan tanpa pamrih. Membangun perangkat lunak sumber terbuka sering kali tidak dihargai dan menerima kompensasi terbatas yang relatif terhadap nilai yang diberikannya kepada dunia.

Pengembang inti Bitcoin bekerja setiap hari untuk membuat Bitcoin menjadi sedikit lebih baik. Pengembang inti Ethereum bertemu secara publik setiap minggu untuk membahas apa yang harus dikerjakan selanjutnya, dan apa yang dibutuhkan masyarakat dari fondasi yang mereka bangun.

Orang-orang ini ada di sini karena mereka percaya pada misinya, mereka melihat masa depan yang lebih baik, dan mereka perlu membantu membangunnya menjadi nyata.

Pengembang Inti adalah orang-orang suci di pusat alam semesta kripto, dan kepemimpinan mereka menciptakan tarikan gravitasi tertinggi. Mereka adalah para revolusioner yang memiliki hati yang baik dan pikiran yang sehat, demi sebuah masa depan kekuatan kriptografi.

Pemercaya Kripto

Lingkaran selanjutnya adalah Pemercaya Kripto.

Mereka adalah para pengguna kekuatan kripto. Orang-orang ini percaya pada masa depan yang sama yang sedang dibangun oleh Pengembang Inti, dan hidup di atas fondasi yang telah ditetapkan oleh Pengembang Inti.

Tapi lingkaran ini tidak hanya terdiri dari para pengguna! Ini juga termasuk para pengembang aplikasi, anggota DAO, dan perusahaan, yang semuanya membangun lapisan produk dan layanan yang saling terkait di sekitar protokol-protokol baru ini.

Ethereum adalah sebuah protokol, dan kita semua terorganisir di sekitarnya.

Aplikasi-aplikasi seperti Uniswap, Aave, atau Maker dibangun di atas lapisan aplikasi Ethereum dengan kontrak pintar. DAO seperti MakerDAO, PleasrDAO atau bahkan Constitution DAO diatur menggunakan Ethereum. Perusahaan-perusahaan juga terorganisir di sekitar Ethereum, seperti perusahaan dana ventura, kantor berita, atau perusahaan media… seperti Republik Rupiah!

Lingkaran ini dipenuhi oleh para pemukim, bukan turis.

Di sini ada warga kripto yang sedang membangun struktur di perbatasan yang baru ini, yang menguji produk dalam fase eksperimental mereka, yang semuanya perlahan menjadi lebih tidak membutuhkan bank dengan mengelola uang dan properti mereka di jalur kripto, dan yang membangun identitas digital baru untuk diri mereka sendiri. Para pemukim ini ada di sini untuk menghuni metaverse yang terbuka dan bebas, dibangun menggunakan perangkat lunak dan etos sumber terbuka.

Di sini ada orang-orang seperti Rune Christensen, orang yang melihat kebutuhan akan dolar yang terdesentralisasi dan menciptakan visi untuk MakerDAO, bahkan sebelum DAO menjadi populer! Sekarang, miliaran DAI hadir untuk menghindari mata uang pemerintah mereka yang salah urus.

Atau Hayden Adams yang sendirian membangun Uniswap, sebuah sistem pertukaran aset yang bersifat publik dan bebas setelah baru saja mempelajari cara membuat kode dan dengan bantuan hibah $10.000 dari Ethereum Foundation.

Lapisan kripto ini adalah tempat nilai-nilai yang dibangun ke dalam protokol tingkat dasar oleh Pengembang Inti, diekspresikan dalam aplikasi yang dibangun di atasnya.

Lalu ada juga orang-orang seperti Cami Russo, yang tinggal di Argentina dan mengalami sendiri bagaimana hiperinflasi Peso Argentina menciptakan permintaan akan produk-produk dari industri kripto. DAI, stablecoin asli kripto, telah banyak diadopsi di Argentina, karena ini adalah alat yang tersedia bagi Argentina untuk menghindari tingkat inflasi 50-100%. Cami belajar jurnalisme, dan setelah menjadi pemercaya kripto, dia membangun publikasi media The Defiant.

Ada juga seseorang bernama Anthony Sassano. Dia membuat sebuah video yang memberitahu dunia tentang apa yang terjadi di ekosistem Ethereum dalam 24 jam terakhir. Setiap hari.

Ini adalah lapisan kripto yang menyiarkan kemajuan yang dibuat dalam industri ini. Para pengembang inti protokol dan pembuat aplikasi cenderung tidak pandai memasarkan diri mereka sendiri, karena fokus mereka adalah membangun masa depan. Industri kripto bergantung pada komunitas sekitar untuk menyelesaikannya.

Dan komunitas sekitar ini ada karena kita semua ada di sini untuk alasan yang sama: keyakinan bahwa kripto ada di sini untuk membangun sebuah dunia yang lebih baik dan lebih bebas… dan ini adalah sebuah langkah penting bagi umat manusia untuk maju ke masa depan.

Dunia kripto adalah apa yang banyak orang tidak lihat atau tidak bisa pahami.

Dan sebuah alasan besar mengapa demikian adalah karena Penipu Kripto memisahkan pemahaman ini dari seluruh dunia.

Penipu Kripto

Di antara para pemercaya kripto dan seluruh dunia adalah sebuah rintangan, yang datang dari Penipu Kripto, yang membuat sulit untuk mendengar sinyal yang datang dari ujung tombak sejati industri kripto.

Penipu bersuara nyaring, selalu mempromosikan dirinya, dan muluk-muluk.

Mereka menggunakan taktik dan gaya polarisasi yang telah kami lihat bekerja dengan sangat baik dalam politik. Penipu Kripto tidak bodoh – mereka mengerti bahwa ada banyak kekayaan yang bisa diekstraksi di dunia kripto, dan mereka di sini untuk melakukannya. Untuk menemukan jalan pintas dan mengambil jalan keluar yang mudah.

Mereka menjual “emas palsu” dan mencuri uang kalian.

Penipu Kripto adalah alasan mengapa kripto memiliki nama yang buruk.

Mereka berbicara lebih nyaring dan lebih bombastis daripada orang kripto biasa. Mereka lebih memasarkan diri mereka sendiri daripada membangun teknologi. Mereka sering tidak peduli dengan teknologi yang mereka bangun, yang mereka pedulikan hanyalah bahwa mereka dapat menghasilkan uang darinya, terlepas dari bagaimana keberlanjutan atau sisi etis teknologi itu.

Penipu Kripto secara sadar membangun produk berbahaya yang dimaksudkan untuk menjebak pemula kripto naif terdekat.

Mereka membuat saluran-saluran Telegram berbayar tempat mereka berbagi “info alfa”, tetapi sebenarnya hanya ingin melemparkan jualannya saja. Mereka membuat proyek-proyek DeFi yang berbelit-belit yang sebenarnya hanya mentransfer uang dari kantong kalian ke kantong mereka, jika kalian terjebak dalam perangkap mereka.

Kebanyakan penipu muncul di pasar banteng, dan meniru hal yang sedang populer di pasar. Mereka membuat ICO palsu pada tahun 2017 atau proyek NFT yang dikerjakan seadanya pada tahun 2021.

Di mana ada keuntungan yang bisa dihasilkan, para penipu dapat menciumnya dan mereka berlari, siap untuk menjebak para pemula di dunia kripto.

Penipu Kripto memiliki beberapa kesamaan:

  • Kepribadian yang egois… seseorang yang besar, bombastis, dan terkadang suka menggertak.
  • Komunitas kecil, tetapi sangat menarik dan meriah terbentuk di sekitar orang-orang ini, semacam sekte kepribadian. Mereka mengulangi pesan-pesannya, mereka mengucapkan kalimat-kalimatnya, dan mereka mempromosikan tokennya. Mereka membungkam perbedaan pendapat, dan mereka adalah campuran klasik antara manusia dan robot yang kita kenal di dunia media sosial modern.
  • Sebuah produk atau sistem yang pada dasarnya tidak berkelanjutan, meskipun mungkin pada saat itu tidak terlihat demikian. Produk kripto baru yang mengkilap, yang tidak masuk akal, dan akhirnya mati.

Alex Mashinsky

Alex Mashinsky, yang membangun dan mengoperasikan Celsius, sebuah layanan pinjam meminjam kustodian. Sebuah perusahaan terpusat, yang mengambil aset-aset kripto pelanggan, dan membayar mereka hasil yang tinggi untuk deposit mereka. Ini adalah sebuah bisnis yang normal, dan ini disebut sebuah bank. Dan ada banyak produk dan layanan yang sah di kripto yang melakukan ini.

Tapi Mashinsky memakai slogan DeFi, dan berbicara tentang bagaimana DeFi akan menjatuhkan bank. Tapi dia sendiri membangun sebuah bank! Celsius mengambil simpanan pelanggan, menerapkan strategi perdagangan berisiko yang sepenuhnya tidak bertanggung jawab, dan mempertaruhkan uang orang lain.

Daniele Sesta

Kemudian ada Daniele Sesta yang membangun ekosistem Wonderland. Mengikuti di belakang Sesta adalah sebuah pasukan akun-akun Kodok Pepe yang mengerumuninya ke mana pun dia pergi di internet. Entah itu di Twitter kripto, komentar YouTube, chat box streaming langsung.

Mereka menyerbu dan memenuhi ruang digital tempat orang-orang kripto menghabiskan waktu, dan menghuni ruang pikiran orang-orang kripto, karena mereka sangat berisik. Kami telah melihat strategi ini sebelumnya, baik di dalam maupun di luar kripto, tetapi di kripto, ketika ada uang yang dipertaruhkan, pasukan-pasukan internet ini bisa memekakkan telinga.

Biar bagaimanapun juga, Wonderland runtuh ketika orang-orang menyadari bahwa stablecoin yang tidak didukung hanyalah sebuah skema ponzi, dan juga ketika identitas asli salah satu pendiri anonim dari proyek tersebut diketahui sebagai Michael Patryn, seorang terpidana pencucian uang, dan salah satu pendiri exchange QuadringaCX, yang memiliki sejarah kematian misterius pendirinya, setelah ditemukan bahwa exchange itu menjadi bangkrut.

Do Kwon

Lalu ada Do Kwon, pendiri Terra yang eksentrik dan agresif. Peristiwa penghancuran modal terbesar dalam sejarah kripto, di mana modal $50 miliar menjadi nol.

Ekosistem Terra kehilangan semua aliran uang masuknya dalam semalam, mengungkapkan dirinya sebagai sebuah struktur yang tidak berkelanjutan, yang sedikit terlihat seperti sebuah skema ponzi raksasa di belakangnya.

Dan seperti Sesta, Do Kwon memiliki sebuah pasukan besar yang menggambarkan dirinya sebagai “Lunatic”. Saat Terra mengalami kenaikan, Do Kwon menjadi lebih keras dan lebih agresif di Twitter sambil secara bersamaan mengumpulkan pengikutnya.

Dan masih banyak lagi penipu lain di dunia kripto, seperti Richard Heart dan BitBoy.

Apakah kita harus hidup berdampingan dengan Penipu Kripto?

Iya dan tidak.

Kita tidak bisa menghentikan para penipu kripto ini secara langsung. Itulah konsekuensi yang harus dunia kripto terima ketika menjunjung tinggi nilai tanpa izin di atas segalanya.

Akses untuk semua orang adalah nilai inti kripto; ini tidak bisa dikorbankan.

Sama seperti internet, tidak ada yang harus meminta izin untuk menggunakan kripto, kripto adalah sebuah utilitas publik dalam uang dan keuangan, dan tersedia untuk siapa saja yang memiliki koneksi internet. Dan utilitas publik ini menjadi lebih berguna dari waktu ke waktu, karena dunia keuangan DeFi dibangun dan meningkat secara organik seiring semakin banyaknya orang yang menggunakannya.

Sayangnya, properti tanpa izin yang sama ini berarti bahwa sangat sulit untuk menghentikan para penipu dari melakukan aksinya. Inovasi keuangan tanpa izin memungkinkan kita untuk membebaskan diri dari penjara keuangan yang ditempatkan oleh bank dan institusi-institusi keuangan, tetapi hal ini juga berarti sulit untuk menghentikan orang lain untuk mencoba menghasilkan uang dengan cara yang tidak etis.

Meskipun kita tidak dapat menghentikan mereka secara langsung, kita tidak harus hidup bersama mereka.

Kita bisa melawan mereka dengan edukasi. Sebagai sebuah industri, kita perlu menjadi lebih baik dalam menjangkau massa sebelum para penipu melakukannya. Upaya pemasaran besar-besaran yang memanfaatkan taktik muluk-muluk dan bombastis sulit untuk disaingi. Kripto itu rumit, dan memahami apa yang membuat industri ini bermanfaat lebih sulit daripada hanya mendengarkan beberapa individu karismatik yang menyuruh kalian untuk membeli token mereka.

Kabar baiknya adalah bahwa saat ini, kebanyakan orang memiliki intuisi dasar untuk menjauhi email spam dan virus di internet.

Pada akhirnya, kripto tidak akan berbeda.

Republik Rupiah ada di sini untuk melawan para penipu secara langsung, dan memastikan bahwa kebaikan yang dibangun di sini diungkapkan ke seluruh Indonesia, sehingga Indonesia dapat mengetahui bahwa kripto ada di sini untuk membebaskan kalian, dan bahwa kami juga membenci para penipu sama seperti kalian.

Mari Pergi Bersama

Sejak awal kripto ada, para penipu selalu berhasil mendapatkan perhatian para pemula kripto dan menjual “emas palsu” kepada mereka, sebelum para pemercaya kripto dapat menemukannya.

Mereka sulit untuk dilawan, karena mereka agresif dan lapar, dan mereka juga harus menemukan cara menipu yang lebih baik daripada sesama rekan penipu mereka, karena hanyalah penipu terbaik yang menang.

Tetapi bukan tidak mungkin untuk menghindarinya, jika kalian tahu cara mengidentifikasi proyek yang benar. Cara terbaik untuk mengarungi dunia kripto adalah dengan mengarunginya bersama-sama. Sebagai sebuah kelompok.

Itulah sebabnya kami membangun Republik Rupiah, sebuah komunitas kripto di Indonesia, yang berjalan bersama-sama dengan kami, karena kita semua dapat saling mengajari tips dan trik yang menghasilkan di kripto, sambil menghindari jebakan dari para penipu. Untuk itu, kami ingin berterima kasih kepada para anggota komunitas Republik Rupiah yang selalu mendukung Republik Rupiah sebagai satu komunitas yang kuat.

Kripto adalah dunia yang berisiko. Kalian bisa kehilangan apa yang kalian pertaruhkan. Dunia kripto bukan untuk semua orang, tetapi bagi mereka yang tertarik untuk ikut dalam perjalanan ini, izinkan kami untuk menjadi pemandu kalian. Kalian bisa mulai dengan cara mengunjungi halaman ini. Mari belajar bersama!

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Picture of Musa Andy

Musa Andy

Seorang investor kripto yang hobi menonton drama kripto

Artikel Lainnya :

Dapatkan Konten Premium dengan Join Membership