Bola Oranye A16z yang Sempat Heboh di Twitter Ternyata Merupakan Rollup L2

a16z magi

Serial tweet samar yang menampilkan bola oranye ternyata dibuat untuk membangun antusiasme terkait rollup baru untuk Optimism (OP) yang disebut “Magi” dari divisi kripto firma modal ventura Andreessen Horowitz (A16z).

Tweet dari insinyur a16z, Noah Citron pada tanggal 19 April menjelaskan bahwa Magi ditulis dalam bahasa pemrograman Rust dan akan “membantu meningkatkan keragaman dan ketahanan klien di seluruh ekosistem OP Stack.”

https://twitter.com/NoahCitron/status/1648702968219471875

OP Stack merujuk pada kumpulan perangkat lunak yang menggerakkan solusi lapisan 2 Ethereum, Optimism. Selain manfaat lain yang disediakan, perangkat lunak ini membantu menyederhanakan proses pembuatan blockchain lapisan 2.

Citron menjelaskan bahwa Magi “menggantikan klien konsensus (sering disebut sebagai klien rollup) dalam OP Stack, dan bekerja bersama klien eksekusi seperti op-geth untuk sinkronisasi,” yang berarti bahwa perangkat lunak ini memungkinkan rantai Ethereum untuk maju dengan memberikan blok baru ke klien eksekusi.

Insinyur utama solusi lapisan 2 Base milik Coinbase, Jesse Pollak, juga ikut merespons pengumuman tersebut dengan men-tweet bahwa “magi berarti lebih banyak desentralisasi, keamanan, dan skala untuk OP Stack.”

https://twitter.com/jessepollak/status/1648708888894529536

Pada sebuah postingan blog pada tanggal 19 April, Citron menyatakan bahwa desentralisasi meningkatkan keamanan jaringan, yang sangat penting bagi rollup seperti halnya pada lapisan dasar Ethereum.

Tweet bola oranye misterius dari A16z menyerupai cara Coinbase memperkenalkan jaringan miliknya yang disebut Base, yang menampilkan tweet lingkaran biru.

Citron memulai rantai antusiasme dengan sebuah tweet dari lingkaran oranye pada tanggal 18 April yang membawa frasa “coming soon”.

Kesamaannya dengan antusiasme sebelum pengumuman Base memicu komunitas kripto untuk menyusun teori bahwa solusi lapisan kedua Ethereum lainnya akan segera datang sebelum Chief Technology Officer a16z, Eddy Lazzarin, membantah rumor tersebut.

https://twitter.com/eddylazzarin/status/1648431541612351488

Citron juga mencatat bahwa Magi masih dalam pengembangan, dan meskipun saat ini sudah dapat melakukan sinkronisasi dengan testnet Optimism, akan membutuhkan beberapa bulan sebelum siap diproduksi.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *