Circle Meluncurkan EUROC, Stablecoin dengan Patokan Euro

Circle, perusahaan yang menerbitkan stablecoin USD Coin (USDC), baru saja meluncurkan sebuah koin berpatokan Euro yang dinamai Euro Coin (EUROC). Dalam laman resminya, Circle menyampaikan bahwa model cadangan untuk EUROC serupa dengan USDC.

Menurut sebuah pengumuman yang mereka rilis, EUROC bisa mulai diterbitkan oleh bisnis-bisnis pada tanggal 30 Juni. Perusahaan yang hendak mencetak EUROC dapat menyetor euro ke Circle Account menggunakan jaringan Euro SEN milik SIlvergate. Pengumuman tersebut juga menambahkan bahwa akan ada penambahan opsi penyetoran selama tahun ini.

Dengan peluncuran ini, Circle bertujuan untuk memberi akses euro ke pasar kripto, mengatakan bahwa peluncuran ini dapat “memperbesar akses euro melintasi perbatasan dan zona waktu”. Individu, bisnis, dan institusi bisa mengakses likuiditas euro yang nantinya bisa digunakan untuk perdagangan, peminjaman, dan pembayaran.

Euro adalah mata uang resmi dari beberapa negara yang tergabung ke dalam Uni Eropa. Euro pertama kali dipakai sebagai alat pembayaran pada 1 Januari 1999 setelah disahkan oleh negara-negara Uni Eropa melalui Perjanjian Maastricht pada tahun 1993.

Mengutip dari Cointelegraph, euro adalah mata uang terbesar kedua dalam hal turnover mata uang asing, menurut Bank of International Settlements (BIS). BIS mengadakan sebuah survey di tahun 2019 yang menemukan bahwa Euro ditemukan dalam 32% perdagangan semua mata uang.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *