Coinbase Meluncurkan Marketplace NFT

Tempat pertukaran aset kripto Coinbase khusus Pasar NFT akhirnya diluncurkan dalam bentuk beta. Marketplace yang sudah banyak diperbincangkan sejak Oktober 2021 ini sudah dapat diakses oleh semua orang untuk dilihat mulai hari ini, tetapi diawal hanya pengguna tertentu yang dapat melakukan transaksi jual beli. “Coinbase akan memasukkan sejumlah kecil pengguna di awal pada peluncuran beta untuk Coinbase NFT ini,” ungkap Sanchan Saxena, VP produk di Coinbase, mengatakan kepada The Block.

Coinbase membuka daftar tunggu ada bulan Oktober, mendapatkan lebih dari 1,5 juta pengguna yang mendaftar. Tetapi hanya beberapa pelanggan awal yang dapat menggunakan pasar beta, berdasarkan posisi mereka di daftar tunggu itu, ungkap Coinbase.

Para penguji beta akan dapat membuat profil di marketplace untuk membeli dan menjual NFT. Mereka dapat menggunakan dompet penyimpanan mandiri, termasuk Dompet Coinbase dan MetaMask. Coinbase tidak akan membebankan biaya transaksi untuk waktu yang terbatas, namun pada akhirnya akan ada penambahan biaya sesuai dengan norma industri.

Coinbase NFT marketplace untuk saat ini hanya mendukung NFT berbasis Ethereum dan pembayaran dalam eter. Saxena mengatakan akan mengintegrasikan blockchain lain di masa depan, dan “fiat on-ramp penuh juga akan segera hadir.” Adapun biaya gas, Coinbase mengatakan telah bermitra dengan Protokol 0x untuk mengoptimalkan transaksi dengan biaya yang lebih rendah.

Coinbase juga akan memungkinkan pengguna untuk membeli NFT melalui kartu kredit, seperti yang diumumkan awal tahun ini. Dengan bermitra bersama Mastercard pengguna dapat membeli NFT dengan kartu kredit.

Tidak Hanya Sekedar Marketplace NFT
Selain memungkinkan pembelian dan penjualan NFT, Coinbase mengatakan pasar NFT-nya juga akan memungkinkan komunitas untuk terlibat. Fungsi membangun komunitas ini adalah inti dari rencana Coinbase NFT untuk memposisikan perusahaannya melawan pesaing seperti OpenSea dan LooksRare.

“Kami sedang membangun pasar di mana Anda dapat membeli dan menjual NFT, tentu saja, tetapi yang lebih penting, Anda dapat terlibat ke dalam komunitasnya,” kata Saxena pada konferensi pers yang dihadiri oleh The Block. “Anda dapat terlibat dengan pencipta. Anda dapat terlibat dengan kolektor. Dan Anda dapat terlibat dengan sesama kolektor dari komunitas di sekitar NFT itu. Ini adalah bagian penting dari strategi kami.”

Ketika ditanya apakah coinbase mengharuskan pelanggan untuk melalui proses KYC, Saxena mengatakan itu, mirip dengan platform Coinbase utama.

Sesuai dengan norma royalti, Saxena mengatakan ada fleksibilitas untuk para pencipta karya. “Kreator dengan kontrak yang tidak mendukung salah satu standar royalti umum dapat menetapkan override on-chain melalui Royalty Registry,” katanya.

Coinbase sebagai salah satu central exchange besar pada akhirnya bergabung dengan tempat pertukaran kripto lainnya meluncurkan marketplace NFT. Binance, FTX dan Okcoin semuanya telah meluncurkan marketplace NFT mereka baru-baru ini. Tetapi menurut Saxena, Coinbase NFT akan tetap menjadi tujuan pilihan bagi pengguna karena kesederhanaannya sebagai platform utama membeli dan menjual aset kripto.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *