Coinfest Asia 2022: Festival Kripto Terbesar di Asia

Coinfest Asia adalah festival kripto, blockchain, dan Web3 yang terbesar (dan bisa dibilang premier) di Asia tahun 2022 ini!

Diselenggarakan tepat sebelum G20 Summit, Coinvestasi bersama tim Coinfest Asia mengumpulkan banyak regulator, pemimpin industri, komunitas pengembang, dan pengusaha lain di Caf√© del Mar Bali. Sebuah ‘beach club’ di pesisir? Memang unik konferensi kripto ini, dengan struktur yang memberikan seluruh partisipan kesempatan untuk saling berjejaring dan terlibat dalam latar yang santai. Ada banyak sekali kesempatan untuk berbagi peluang di sekitar DeFi, NFT, dan metaverse, lewat format presentasi panggung, diskusi panel, sesi ‘breakout’, dan event sampingan lain.

Siapa saja yang terlibat dengan seluruh festival ini?

Coinvestasi (anak perusahaan Indonesia Crypto Network) adalah penyelenggara utamanya, dengan dukungan dari beberapa entitas utama seperti Asosiasi Blockchain Indonesia, KADIN, CoinDesk, Fireblocks, Enjinstarter, KunciCoin, Qoinpay, Emurgo, Pintu, 1inch, Indodax, BRI Ventures, dan banyak lagi. Republik Rupiah pun berkesempatan untuk menjadi mitra media acara ini, dan akan membagikan banyak konten hasil rekapan kami di berbagai platform segera.

Sebagian besar pembicaraan diadakan dalam bahasa Inggris, kecuali sesi yang melibatkan pihak otoritas pemerintah. Mari kita lihat beberapa pesan utamanya yuk!

Bappebti Merangkul Industri Kripto

Di hari pertama Coinfest Asia (25 Agustus), peserta yang hadir melebihi 1.000 orang baik dari dalam dan luar negeri. Salah satu individu berpengaruh yang hadir adalah bapak Tirta Karma Sanjaya, selaku Kepala Bappebti. Sebagai badan regulasi aset kripto, ia menyampaikan sambutan baiknya kepada para pelaku industri. Ia juga berharap untuk dapat menyaksikan lebih banyak acara yang berfokus pada pemberian literasi dan edukasi aset kripto.

Seperti kita tahu, belum lama ini Bappebti juga telah merilis aturan baru mengenai pengaturan 383 aset kripto dan 25 bursa kripto legal di Indonesia. Aturan baru yang diresmikan pada 8 Agustus 2022 ini mengatur industri kripto dari segi pencucian uang, perpajakan, dan kerangka jaringan kripto. Bapak Tirta Karma Sanjaya pun berkata, “Pengaturan yang lengkap ini bertujuan untuk melindungi konsumen, untuk menghindari hal-hal buruk, dan akan terus melalui evaluasi.”

Indonesia Sebagai Pemain Raksasa di Asia?

Di hari yang sama, tim Republik Rupiah mendengarkan sebuah laporan tentang ekonomi internet di Asia Tenggara dari tahun 2019, yang menyebutkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan tertinggi. Proyeksi pertumbuhannya pun cukup eksponensial menuju tahun 2025.

Selain itu, ada beberapa data lain (dari Triple A dan Gemini) yang menyinggung potensi besar Indonesia sebagai salah satu pemain yang besar di Asia. Mengingat jumlah penduduknya pun, kami merasa yakin bahwa Indonesia masih memiliki peluang untuk meningkatkan perannya di kancah internasional.

Bapak Yos Ginting, selaku Ketua Komite Tetap Perdagangan Internasional KADIN, pun mendukung pernyataan ini. Dia berkata, “Saya melihat ketika Asosiasi Blockchain Indonesia didirikan pada tahun 2018, anggotanya hanya berjumlah tujuh atau sembilan. Sekarang, angka itu menyentuh 39. Pertumbuhannya sangat baik. Jika melihat KOMINFO ada 569 perusahaan yang masuk kategori pengembang blockchain.”

Peluang dari Sektor Lain di Industri Kripto

Banyak pembicaraan lain yang muncul selama Coinfest Asia 2022 ini, termasuk peluang DeFi, realita ekonomi di metaverse, pengenalan siklus pasar kripto, peluang ekonomi di negara berkembang, integrasi gim dan keuangan, cara membangun proyek NFT, serta diskusi mengenai proyek kompetitor yang akan “membunuh” Ethereum.

Di samping itu, tim Republik Rupiah sempat bertemu dan berbincang dengan beberapa narasumber yang telah membagikan wawasan menarik tentang masa depan industri kripto ke depannya. Nantikan seluruh hasil wawancara kami itu di semua platform media sosial kita!

Sembari menunggu konten kami yang akan datang, tonton keseruan festival Coinfest Asia 2022 ini di video di bawah yuk! Tonton sampai habis karena ada banyak figur penting yang pasti kalian kenal juga!

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *