Masuk Ke Dunia Kripto, GOTO Akuisisi PT Kripto Maksima Koin

Gojek Tokopedia (GOTO), perusahaan yang bergerak dalam pengembangan teknologi baru saja mengumumkan bahwa perusahaannya telah mengakuisisi perusahaan kripto PT Kripto Maksima Koin.

Dalam laporan keuangannya yang dilaporkan kepada Bursa Efek Indonesia, terlihat bahwa GOTO mengakuisisi 100% saham PT Kripto Maksima Koin dengan total nilai Rp 124 miliar. Akuisisi ini dilakukan melalui anak perusahaan dari GOTO sendiri, yakni PT Dompet Karya Anak Bangsa (DKAB).

Dilansir dari Suara.com, Sekretaris Perusahaan R.A. Koesoemohadiani mengatakan bahwa pembelian ini ditujukan sebagai “perluasan kegiatan usaha perseroan”.

PT Kripto Maksima Koin sendiri adalah sebuah bursa perdagangan kripto yang sudah terdaftar di Bappebti dengan nomor 003/BAPPEBTI/CP-AK/01/2022 dengan kantor pusat di Jakarta Pusat. Akuisisi perusahaan ini oleh GOTO terjadi pada tanggal 25 Agustus lalu.

Bila kita membuka website www.kriptomaksima.com, akan muncul tampilan “coming soon” yang berarti bahwa bursanya belum memiliki antarmuka untuk melakukan perdagangan kripto.

Dengan akuisisi ini, adopsi kripto di Indonesia semakin mengalami kemajuan. Menurut Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga, nilai transaksi kripto per Desember 2020 di Indonesia mencapai 64,9 trilliun rupiah, sementara per Desember 2021, nilainya mencapai Rp 859,4 triliun, naik 1.200% dari tahun sebelumnya. “Jumlah nasabah aset kripto telah mencapai 14,1 juta pada bulan lalu. Sementara itu, investor saham tercatat hanya 8,86 juta” tandas Wamendag pada konferensi pers bulan Juni lalu.

GOTO adalah perusahaan merger dari dua perusahaan startup terpisah, Gojek dan Tokopedia. Gojek awalnya bergerak dalam bidang pelayanan transportasi publik menggunakan kendaran bermotor namun juga merambah ke dunia fintech. Tokopedia merupakan perusahaan lokapasar yang menjadi penengah antara pengusaha ritel dengan konsumen. Valuasi kedua perusahaan tersebut pada waktu penulisan artikel ini adalah sebesar 360,05 triliun rupiah, menurut Google Finance.


Tonton juga video kami tentang merging Gojek dan Tokopedia menjadi GOTO di sini.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *