Cosmos Hub akan Memperkenalkan ‘Interchain Security’ 3 Bulan Lagi

Pada hari Senin, sebuah dokumen yang dirilis oleh sekelompok kontributor Cosmos, mengungkapkan bahwa jaringan Cosmos akan segera mengaktifkan Interchain Security. Ini adalah fitur opsional yang memungkinkan jaringan khusus aplikasi tertentu di Cosmos mengamankan diri mereka sendiri dengan menggunakan validator keamanan yang sama yang menjalankan Cosmos Hub — blockchain pusat jaringan Cosmos.

Menurut kontributor Cosmos, Interchain Security akan live antara Agustus dan September.

Cosmos — ekosistem dengan lebih dari 200 blockchain — memungkinkan pengembang membangun jaringan khusus aplikasi baru jika mereka dapat mengelola validator mereka sendiri. Namun, membangun set validator dari awal menghabiskan banyak waktu dan sumber daya. Di sinilah Interchain Security masuk.

Daripada menyiapkan validator yang independen, fitur ini akan memungkinkan blockchain baru yang mendukung Cosmos untuk mengandalkan validator keamanan Cosmos Hub. Artinya juga, blockchain ini akan mengirimkan biaya ke validator tersebut, memberikan imbalan tambahan kepada staker ATOM.

Dengan meluncurkan Interchain Security, Cosmos akan meniru desain jaringan interoperabilitas lain: Polkadot. Di Polkadot, semua jaringan khusus aplikasi berbagi keamanan validatornya dengan relay chain pusat secara bawaan.

“Diluncurkan di Cosmos Hub Agustus/September 2022, Interchain Security akan muncul sebagai metode utama proyek untuk mendapatkan tingkat keamanan tertinggi di Cosmos dengan memanfaatkan seluruh 175+ set validator Cosmos Hub,” kata kontributor Cosmos. Mereka menambahkan bahwa Interchain Security bisa menjadi vital untuk proyek onboard dari luar Cosmos yang tertarik untuk diluncurkan di Cosmos sebagai blockchain mereka sendiri.

Kontributor Cosmos telah mengusulkan penggunaan 150.000 token ATOM (1,1 juta dolar) dari kumpulan komunitas resmi Cosmos Hub untuk menarik proyek yang menggunakan Interchain Security.

Fitur Interchain Security direncanakan pada saat proyek berbasis Ethereum seperti bursa desentral dYdX dan Paraswap telah menunjukkan minat untuk memperluas ke Cosmos sebagai jaringan khusus aplikasi independen.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *