Gary Gensler Sekali Lagi Mengatakan Bitcoin Bukan Sekuritas. Lalu Bagaimana dengan Ethereum?

Ketua SEC AS, Gary Gensler, hari ini menegaskan kembali pandangan SEC bahwa Bitcoin adalah komoditas tetapi menahan diri untuk tidak memperluas label tersebut ke aset kripto lainnya dalam sebuah wawancara dengan CNBC.

Gensler memilih Bitcoin sebagai contoh aset kripto yang harus diatur di bawah Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi (CFTC), seperti yang dia lakukan sebelumnya, tetapi tidak akan mengomentari koin atau token lainnya.

“Beberapa, seperti Bitcoin, dan itu adalah satu-satunya, Jim, saya akan mengatakannya karena saya tidak akan membicarakan salah satu dari token ini, pendahulu saya dan yang lain mengatakan, itu adalah komoditas,” tanggapan Gensler dalam pertanyaan dari CNBC Jim Cramer.

Gensler menambahkan, bagaimanapun, bahwa banyak “aset keuangan kripto yang memiliki atribut kunci keamanan,” mencatat bahwa kesamaan utama antara keduanya adalah gagasan bahwa “publik mengharapkan investasi yang menguntungkan.”

Kerangka peraturan seputar aset kripto dan aset digital telah berpusat pada interpretasi mana yang berfungsi sebagai sekuritas, seperti saham, dan mana yang beroperasi sebagai komoditas, seperti emas. Administrasi SEC sebelumnya percaya bahwa Bitcoin dan Ethereum adalah komoditas, tetapi Gensler hanya menyebutkan Bitcoin dalam komentar terbarunya dan sebelumnya menghindari menjawab pertanyaan tentang Ethereum secara khusus.

Sebelum Gensler mengambil alih SEC, kepemimpinan Komisi tersebut telah secara terbuka mengadopsi posisi bahwa Bitcoin dan Ethereum bukanlah sekuritas. Mengingat Ethereum diluncurkan pada tahun 2014 melalui ICO yang menurut standar saat ini akan menjadi dianggap sebagai penawaran efek ilegal.

Pada tahun 2018, William Hinman, direktur SEC untuk Divisi Keuangan Perusahaan, mengatakan bahwa dia yakin Ethereum dan Bitcoin harus diklasifikasikan sebagai komoditas karena setiap aset kripto “cukup desentral” dan tidak memiliki pihak pusat “yang upayanya merupakan faktor kunci penentu. dalam perusahaan.”

Namun demikian, pertanyaan apakah Ethereum hari ini harus dianggap sebagai sekuritas yang terus ditanyakan. Masalah ini telah menjadi pokok permasalahan dalam gugatan SEC senilai 1,3 miliar dolar yang sedang berlangsung terhadap Ripple atas penjualan perusahaan XRP, yang menurut SEC adalah sekuritas yang tidak terdaftar. Ini mungkin membantu menjelaskan keengganan Gensler untuk mengomentari Ethereum atau aset kripto lainnya selain Bitcoin.

Mengenai masalah pengaturan aset digital di A.S., Gensler hari ini mengatakan bahwa ini merupakan upaya ganda antara CFTC dan SEC tetapi ada juga tumpang tindih dengan regulator perbankan dalam hal menangani stablecoin. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa banyak token “berpotensi tidak patuh” dan bahwa “ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk benar-benar melindungi publik yang berinvestasi.”

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *