Ini Usulan Do Kwon Soal Cara Memulihkan Terra

Do Kwon, pendiri Terraform Labs, baru saja mengunggah proposalnya mengenai cara untuk memulihkan ekosistem Terra di laman forum penelitian proyek itu. Dalam proposalnya, pria asal Korea Selatan itu mengakui bahwa proyek ini tidak lagi punya ekosistem yang kuat untuk “bangkit dari debu”.

“Meski sebuah ekonomi desentral membutuhkan uang desentral, UST telah kehilangan terlalu banyak kepercayaan dari penggunanya untuk memainkan peran itu” tulisnya.

Do Kwon juga menggarishbawahi bahwa meski UST telah menjadi pusat perhatian komunitasnya dalam setahun terakhir, Ekosistem Terra lah yang “layak untuk dipertahankan”. Menurutnya, ekosistem Terra telah berkembang menjadi salah satu ekosistem pengembang yang “bersemangat” di alam kripto. Dia juga menyebutkan keberhasilan Terra Station yang memiliki basis pengguna yang besar di seluruh dunia dan juga mengenai merek Terra sendiri yang sekarang sudah didengar oleh seluruh dunia “meski sedang berada di bawah tekanan”.

Usulannya

Dalam proposalnya tersebut, Do Kwon menulis dengan cetak tebal, “Komunitas Terra semestinya memulihkan kembali chainnya untuk melestarikan komunitas dan ekosistem pengembangnya,”.

Selanjutnya, dia mengusulkan agar validator mengatur ulang kepemilikan jaringan menjadi 1 miliar token yang didistribusikan kepada pemegang token UST dan LUNA, begitu juga ke Community Pool dengan rincian sebagai berikut: 400 juta token (40% dari total) didistribusikan kepada pemegang LUNA sebelum kejadian depegging, atau hilangnya patokan UST; 40% didistribusikan kepada pemegang UST secara pro rata ketika jaringannya ditingkatkan; 10% akan diberikan kepada pemegang (pembeli) LUNA di detik-detik terakhir sebelum chain LUNA diberhentikan; 10% sisanya diletakkan di Community Pool untuk mendanai pengembangan proyek di masa depan.

Kwon menyebut bahwa pendistribusian ulang ini harus dilakukan sebagai pemberian kompensasi kepada para “pemegang hutang jaringan” atau, dalam kata lain, komunitas Terra sendiri yang terdiri dari anggota dan pengembang yang setia.

Sebagai gambaran untuk seberapa jauh proyek ini telah jatuh, koin LUNA pernah mencapai kapitalisasi pasar sebesar 41 miliar dolar sebelum jatuh ke kap pasar terkininya sebesar 1 miliar dolar, menurut CoinGecko. Harga LUNA pada waktu penulisan artikel ini adalah $0,00017, penurunan lebih dari 99% sejak all-time highnya pada tanggal 5 April lalu senilai $119. Sementara itu, token UST yang telah kehilangan patokannya kini berada di harga $0,15.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *