Jupiter Exchange Berhasil Kalahkan Volume Transaksi Uniswap! Ini Penyebabnya

Jupiter Exchange Berhasil Kalahkan Volume Transaksi Uniswap! Ini Penyebabnya

Jupiter Exchange, salah satu decentralized exchange atau DEX terbesar di ekosistem Blockchain Solana, baru saja mengalahkan volume transaksi harian DEX terbesar di Blockchain Ethereum yaitu Uniswap. 

Peningkatan drastis dari volume transaksi Jupiter Exchange terjadi karena dua hal yang nampaknya hingga saat ini masih bertahan karena kedudukan Jupiter Exchange masih berada di atas Uniswap menurut data dari Coingecko.

Jupiter Exchange Kalahkan Uniswap

Volume transaksi Jupiter Exchange dalam 24 Jam terakhir terlihat mencapai di atas $500 Juta yang merupakan sebuah pencapaian karena volume transaksi ini berhasil mengalahkan transaksi dari Uniswap. 

Menurut data dari Coingecko, volume transaksi harian ini membuat Jupiter Exchange berhasil mengalahkan Uniswap yang umumnya menduduki peringkat pertama dalam perihal volume transaksi harian untuk DEX dengan fitur swap biasa. 

Jika dibandingkan dengan DEX yang memiliki fitur lain seperti dYdX yang memiliki transaksi derivatif, saat ini volume Jupiter Exchange masih berada di bawahnya, namun perbandingan ini tidak adil karena perbandingan yang lebih setara adalah dengan Uniswap. 

Uniswap merupakan DEX utama yang digunakan oleh para investor di ekosistem Blockchain Ethereum dan para jaringan pembantunya, sehingga kenaikan volume transaksi Jupiter Exchange ini sangat mengesankan.

Jika melihat dari jumlah pengunjungnya, saat ini Uniswap masih memiliki pengunjung sebanyak 10,5 Juta pengguna per hari sedangkan Jupiter Exchange masih berada pada 6,6 Juta per hari. 

Walau masih kalah dalam jumlah pengguna, volume transaksi Jupiter Exchange masih jauh lebih tinggi karena saat ini 18,1% transaksi dari seluruh pasar kripto berada di Jupiter Exchange, sedangkan 15,5% berada di Uniswap. 

Menurut Coingecko, saat ini transaksi terbesar di Jupiter Exchange adalah transaksi USDC yang kemungkinan merupakan hasil dari transaksi para pengguna yang mendapatkan airdrop dalam bentuk Token WEN. 

Jupiter Exchange baru saja melakukan pembagian hadiah berupa airdrop Token WEN untuk para pengguna yang telah berinteraksi dengan Jupiter Exchange untuk transaksi dalam enam bulan terakhir. 

Nilai airdrop yang diberikan kepada pengguna juga tidak kecil karena pada saat artikel ini ditulis, rata-rata alokasi yang didapatkan setiap pengguna adalah sekitar $100 atau 600.000 WEN.

Melihat jumlah nominal ini serta apresiasi harga yang sedang terjadi terhadap WEN, nampaknya kenaikan volume transaksi terjadi karena mayoritas pengguna melakukan penjualan dan pembelian terhadap Token WEN ini melalui USDC. 

Ditambah lagi, tenggat waktu pengambilan WEN bagi para pengguna yang mendapatkan airdrop masih berjalan hingga 23.00 WITA hari ini, sehingga nampaknya masih akan banyak yang menggunakan Jupiter Exchange demi transaksi token ini. 

Peluncuran Token JUP

Selain itu, saat ini sentimen yang membuat banyak pengguna melakukan transaksi terus-menerus adalah peluncuran Token JUP yang akan dilaksanakan pada 31 Januari 2024. 

Saat ini banyak pengguna yang menunggu peluncuran token ini dengan harapan akan mendapatkan airdrop secara gratis dalam bentuk JUP. 

Melihat sejarah airdrop dari Jupiter Exchange, banyak pengguna yang melakukan spekulasi dengan meningkatkan volume transaksinya pada platform tersebut demi mendapatkan alokasi yang lebih banyak sehingga bisa mendapatkan lebih banyak JUP secara gratis. 

Tapi terkait airdrop ini belum ada konfirmasi dari pihak Jupiter Exchange sehingga semua masih dalam bentuk spekulasi. 

Untuk saat ini volume transaksi di Jupiter Exchange masih meningkat karena hal tersebut, dan kemungkinan masih akan terus meningkat hingga 31 Januari 2024. 

Setelah peluncuran JUP, kedudukan peringkat pertama Jupiter Exchange mungkin akan mulai dipertanyakan karena ada kemungkinan transaksi akan meredup karena belum ada insentif baru lagi untuk mengejar volume transaksi di Jupiter Exchange. 

Walau hanya sesaat, kondisi saat ini dapat membuktikan bahwa ekosistem Blockchain selain Ethereum dan Bitcoin bisa menarik banyak perhatian dengan langkah pemasaran yang benar. 

Jadi saat melihat proyek untuk memutuskan apakah layak digunakan atau memutuskan membeli token dari proyek tersebut atau tidak, ada baiknya selain sisi teknologi, investor melihat teknik pemasaran yang dilakukan. 

Melihat kedudukan Uniswap yang telah bertahan secara signifikan dan berhasil dijatuhkan oleh Jupiter Exchange walau hanya sesaat, kondisi ini menunjukkan bahwa Jupiter Exchange dan ekosistem Solana memiliki teknik pemasaran yang baik. 

*Disclaimer

Artikel ini bukan merupakan saran atau ajakan untuk menggunakan Jupiter Exchange atau membeli token yang dibahas dalam artikel ini. RepublikRupiah tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian dari informasi yang didapatkan pada artikel ini. Risiko ditanggung masing-masing.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *