Jutaan Dolar Hilang Setelah Penyerangan Dompet-Dompet Solana

Ekosistem Solana kembali menjadi korban penyerangan peretas setelah beberapa pengguna melaporkan bahwa dana mereka terkuras dari dompet-dompet Solana mereka termasuk Phantom, Slope, dan Trust Wallet.

Sejauh ini sudah ada 4 alamat dompet yang terhubung dengan penyerangan ini. Dikabarkan bahwa keempat alamat tersebut sudah menguras 8.000 dompet dengan total nilai $580 juta dalam wujud koin SOL, token SPL, dan token-token lainnya.

Magic Eden mengonfirmasi bahwa serangan ini “nampaknya adalah pemanfaatan SOL secara luas yang menguras dompet-dompet di ekosistem” tersebut. Mereka juga telah meminta agar pengguna menolak perizinan untuk link mencurigakan apapun di dompet Phantom mereka.

Pihak Slope mengatakan bahwa mereka sedang bekerja bersama Solana Labs dan protokol berbasis Solana lainnya untuk mencari tahu masalahnya dan mengatasinya, meski sejauh ini mereka mengatakan “belum ada terobosan besar”.

Pengguna Twitter dengan username @nftpeasant memperhatikan kejadian ini cukup dalam dan, menurut penelusurannya di Solscan, dana dengan total nilai sekitar $6 juta sudah dipindahtangankan dari dompet-dompet Phantom dalam jangka waktu 10 menit. Salah satu pengguna nampaknya kehilangan USDC dengan total nilai $500.000 dari dompet mereka.

Twitter juga dibanjiri oleh laporan dari pengguna Solana bahwa token-token mereka dari dompet tiba-tiba terkuras.

Pengguna Twitter dengan username @gostak mengatakan, “Saya sedang menyetel ulang kaca mata hitam saya ketika saya mendapat notifikasi dari dompet seluler saya bahwa saya telah mengirim semua SOL dari dompet saya,”. Dia menambahkan “Itu adalah dompet panas utama saya, jadi saya menghubungkannya dengan banyak penyedia layanan dompet ekstensi web dan seluler berbeda begitu juga banyak dapps. Tidak jelas bagi saya apa yang bisa menjadi akar penyebabnya. Bersyukur bahwa mayoritas dari dana saya tersimpan di dompet dingin,”. Dompet dingin merujuk kepada dompet hardware.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *