Kenaikan Suku Bunga Fed Kali Ini yang Tertinggi Selama 22 Tahun

Kepala Bank Federal Reserve, Jerome Powell, baru saja mengumumkan dalam konferensi pers yang digelar seusai pertemuan FOMC bahwa the Fed akan menaikkan federal funds rate, atau tingkat suku bunga acuan, sebanyak 50 basis points, menjadikan tingkat suku bunganya sekarang sebesar 0,75 – 1%. Ini merupakan kenaikan tertinggi yang diberlakukan the Fed dalam 22 tahun terakhir.

Keputusan untuk menaikkan ini, menurut Powell, adalah upaya untuk mengatasi tingkat inflasi AS yang tertinggi selama 40 tahun. “Inflasi terlalu tinggi, dan kami memahami kesulitan yang disebabkannya. Kami sedang bergerak secepatnya untuk membawanya turun,” ujar Powell. “Sangat penting bahwa kita menurunkan inflasi bila kita ingin mencapai periode kondisi pasar buruh yang kuat dan berkelanjutan yang dapat menguntungkan kita,” tambahnya.

Powell juga menyampaikan bahwa para anggota FOMC masih akan membahas tentang kenaikan suku bunga di pertemuan-pertemuan berikutnya.. “Ada sebuah pengertian luas dalam [komite FOMC] bahwa kenaikan 50 basis points tambahan mestinya dibahas dalam pertemuan-pertemuan berikutnya,” tuturnya. Beliau menambahkan bahwa apabila inflasi turun, the Fed tidak akan berhenti menambahkan suku bunga. “Kami hanya akan turun ke penambahan 25 basis points” katanya.

Salah satu tugas yang diemban oleh the Fed adalah untuk menjaga agar harga-harga barang konsumen tetap stabil dengan menerapkan kebijakan moneter. Inflasi tinggi yang sedang berlangsung di Amerika Serikat mempersulit tugas mereka, khususnya setelah adanya gangguan dalam rantai pasokan yang disebabkan oleh konflik antara Russia dan Ukraina.

Kenaikan suku bunga secara otomatis meningkatkan biaya peminjaman untuk masyarakat AS. Ini berarti bahwa biaya untuk mortgage (hipotek) rumah, kartu kredit, pinjaman pendidikan, dan pinjaman lainnya akan meningkat. Di sisi lain, para penabung dan penyetor uang dalam produk-produk simpanan akan mulai menerima bunga, meski tidak secepatnya.

Setelah pengumuman, Indeks S&P 500 naik 3% pada hari Rabu siang waktu setempat. Sementara Dow Jones naik 2,8%. Nasdaq juga menguat 3,2%.

Harga Bitcoin sempat mencapai $40.000 setelah pengumuman itu, sebelum turun ke $39.600 pada waktu penulisan artikel ini.

Saksikan siaran pengumuman hasil pertemuan FOMC melalui tautan YouTube di bawah:

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *