Pasar Kripto Turun Setelah Publikasi Mt. Gox! Sentimen Negatif Terus Lanjut?

Pasar Kripto Turun Setelah Publikasi Mt Gox! Sentimen Negatif Masih Terus Belanjut?

Pasar kripto terlihat masih bergerak turun bersama dengan publikasi baru dari Mt. Gox, sebuah exchange yang bermasalah beberapa tahun yang lalu, namun masih memberi dampak negatif hingga saat ini. 

Mayoritas investor merespon negatif pernyataan terbaru dari Mt Gox dan menganggap bahwa ini akan menjadi sentimen negatif yang bertahan dalam jangka panjang, terutama dengan kondisi buruk yan gsedang dialami perekonomian global secara menyeluruh. 

Mt. Gox Dorong Pasar Kripto Turun

Dalam satu pekan terakhir, Bitcoin dan mayoritas kripto terlihat bergerak secara negatif dengan koreksi sejak pekan lalu dawali dengan pengumuman data dari Bank Sentral Amerika. 

Sentimen negatif ini masih terus bertahan membuat harga mayoritas aset berisiko seperti kripto bergerak volatil, namun sayangnya kripto sendiri, terutama Bitcoin, sedang didorong turun lebih jauh dengan adanya sentimen internal. 

Dikabarkan bahwa kemarin Mt. Gox membuat publikasi terbaru terkait pembayaran ganti rugi ke para nasabahnya. 

Mt. Gox menyatakan bahwa saat ini mereka akan mengganti rugi dana nasabah sebesar $9 Miliar dalam bentuk Bitcoin dan Bitcoin Cash. 

Dana ini akan mulai dibagikan pada Juli 2024, namun akan bisa diambil hingga Oktober 2024 jadi ada kemungkinan dibagikannya secara bertahap. 

Walau begitu, mayoritas investor kripto telah melihat ini sebaga sentimen negatif yang dapat mendorong harga kripto, terutama Bitcoin, untuk bergerak turun secara signifikan pada bulan depan. 

Asumsinya adalah para penerima dana ini akan langsung menjual, melihat $9 Miliar adalah angka yang besar, maka banyk yang khawatir semua dana itu akan menjadi tekanan jual baru yang memicu tekanan jual lainnya, menciptakan efek domino. 

Kenyataanya, ada kemungkinan penerima ganti rugi ini akan menyimpan Bitcoin sebagai dana investasi sehingga tidak semua akan dijual.

Sayangnya, sentimen negatif ini sudah terlanjut tersebar di pasar, sehingga membuat kericuhan FUD di kalangan investor ritel, ditambah dengan tekanan jual dari investor institusional. 

Jika melihat pada Fear and Greed Index, saat ini terlihat bahwa kondisi sentimen di pasar sudah mulai mencapai fear, yang artinya banyak yang mulai menjual.

Umumnya investor dan trader akan menunggu hingga extreme fear sebelum membeli kembali, namun kondisi fear bisa dijadikan pertanda awal dari pemulihan jika mengacu pada pergerakan-pergerakan sebelumnya.

FUD terkait Mt. Gox ini menjadi hal yang sering terjadi, sehingga ini bukan hal yang baru. Tapi yang membuat FUD saat ini lebih berat adalah kepastian distribusi ganti rugi yang terjadi bersamaan dengan iklim makroekonomi yang buruk. 

Investor Institusional Lanjut Jual

Dalam kondisi ini, mayoritas investor ritel juga terlihat goyah karena tekanan jual dari investor institusional. 

Terlihat bahwa menurut data dari lookonchain terkait Bitcoin Spot ETF, mayoritas holder terlihat sedang menjual. 

Kondisi ini memperburuk iklim investasi di pasar kripto, karena tidak bisa dipungkiri, langkah yang terbaik adalah mengikuti investor institusional yang memiliki likuiditas tinggi. 

Jadi melihat masih banyaknya trader jangka pendek yang ingin mengejar keuntungan cepat, maka tidak heran jika tekanan jual masih marak terjadi saat FUD seperti ini terjadi. 

Terlihat bahwa sejak tujuh hari terakhir, investor institusional telah menjual sebesar $531,29 Juta dalam bentuk Bitcoin Spot ETF dengan tekanan jual sebesar $129,5 Juta hanya pada 24 Juni 2024. 

Kondisi ini mencerminkan bahwa untuk saat ini harapan untuk pemulihan nampaknya masih sedikit, kecuali ada sentimen positif secara dadakan. 

Langkah yang baik untuk dilakukan jika ingin mengejar keuntungan dengan jelas adalah mengikuti investor institusional ini, sehingga jika ingin keuntungan janka pendek, ada baiknya trader membeli bersama dengan data inflow yanag kembali naik dari lookonchain. 

Tapi secara menyeluruh, perlu diingat bahwa risiko volatilitas masih tinggi, sehingga trader dan investor harus tetap disipilin dan menjaga manajemen risiko masing-masing, karean risiko selalu ditanggung masing-masing. 

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *