Restaking ETH dengan Peluncuran Mainnet EigenLayer

Protokol “restaking” EigenLayer diluncurkan pada jaringan utama Ethereum hari ini, memungkinkan para stakers untuk meningkatkan imbal hasil mereka––dengan potensi risiko tambahan.

EigenLayer dengan penuh semangat mengumumkan peluncuran protokol Tahap 1-nya pagi ini! Pengumuman ini menandai sebuah pencapaian penting dalam misi EigenLayer untuk menciptakan sebuah lingkungan inovasi yang bebas.

https://twitter.com/RepublikRupiah/status/1669162888693678080?s=20

Inti gagasan di balik EigenLayer adalah “berbagi” keamanan staking yang diberikan oleh para stakers ETH dan token derivatif semacamnya (seperti stETH Lido dan rETH Rocket Pool), untuk mengamankan protokol lain.

Para pemegang token (ETH, stETH, rETH, dll.) bisa menyetorkan aset mereka ke dalam kontrak pintar EigenLayer. Dengan ini, mereka akan mendapatkan imbal hasil tambahan dari protokol baru yang mereka dukung, tetapi membuka risiko terhadap potensi slashing (pemotongan aset bagi aktor yang jahat) lebih lanjut.

“Ini merupakan sebuah langkah signifikan bagi Eigenlayer, dan kami bersemangat untuk membangun masa depan keamanan bersama demi meningkatkan skala Ethereum,” kata tim dalam sebuah rilis pers.

Protokol ini telah memulai operasinya dengan beberapa batasan kapasitas. Contoh, saat ini memungkinkan 3.200 token untuk setiap opsi token, yang artinya membawa total 9.600 token staking likuid. Kapasitas ini telah diisi penuh hanya beberapa jam setelah peluncuran.

Restaking di sini: http://app.eigenlayer.xyz

Protokol ini hanya membiarkan setiap dompet kripto menyetor maksimum 32 token, sehingga membutuhkan setidaknya 300 setoran dari dompet yang terpisah. Selain itu, ada langkah keamanan aset yang menerapkan penundaan penarikan aset selama 7 hari.

Stakers yang melakukan staking ETH secara langsung (operator node) juga dapat memilih untuk menggunakan EigenLayer. Pendekatan ini dicapai melalui pembuatan hal yang disebut EigenPod. Jumlah ‘pod‘ akan dibatasi, tetapi jumlah ETH-nya tidak.

“Batas-batas ini akan dinaikkan secara bertahap dalam beberapa minggu dan bulan mendatang, dengan tujuan mencapai keadaan yang sepenuhnya terbuka dan tidak dibatasi, di mana setiap pengguna dapat melakukan restaking berapa pun jumlah Ether-nya,” kata EigenLayer.

Untuk merayakan pencapaian ini, EigenLayer membuat koleksi EigenLayer World Builders, sebuah edisi terbuka yang dirancang oleh @untitledxyz_ dengan 4 karya yang akan dirilis minggu ini. Edisi hari ini adalah The Restaking Collective, gratis untuk dicetak selama 24 jam berikutnya di ZORA.

Mint NFT-nya di sini: https://zora.co/collect/eth:0x36b73d268a441164ea0e4e5560a579573a475ebf

EigenLayer sebelumnya mengumpulkan $64,5 Juta, termasuk $50 Juta dalam Seri A pada bulan Maret. Perusahaan rintisan ini mengumumkan bahwa penggalangan dana Seri A-nya mencapai valuasi $500 Juta! Investor yang mendukung EigenLayer termasuk Blockchain Capital, Coinbase Ventures, Polychain Capital, Hack VC, dan Electric Capital.

Perusahaan rintisan EigenLayer didirikan pada tahun 2021 oleh Sreeram Kannan, seorang asisten profesor di University of Washington, Seattle.

Jika ingin mempelajari EigenLayer lebih lanjut, silakan tonton video YouTube kami di bawah ini untuk mengetahui cara kerjanya, kelebihan dan kekurangannya, dan pendapat komunitas apakah restaking akan mengubah lanskap Ethereum atau tidak.

Hasil riset tambahan dapat kalian baca dengan membuka laporan kami di Dasbor Republik Rupiah ini 👇

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *