Tether De-Peg Saat Curve 3Pool Menjadi Tidak Seimbang

tether depeg

Stablecoin Tether, USDT, mengalami depeg sedikit saat Curve 3Pool — salah satu pool teratas untuk perdagangan stablecoin di DeFi — menjadi sangat tidak seimbang.

Keseimbangan ideal dari Curve 3Pool seharusnya adalah 33,33% untuk setiap tiga stablecoin-nya — USDT, USDC, dan DAI — tetapi saldo USDT telah meningkat menjadi lebih dari 70%. Hal ini berarti para trader banyak menjual USDT untuk DAI atau USDC, yang menyebabkan USDT depeg menjadi $0,997.

Curve 3Pool menjadi tidak seimbang. Sumber: Curve

CTO Tether: ‘Pasar sangat tegang’

“Saya pikir pasar secara umum sangat tegang,” kata CTO Tether, Paolo Ardoino.

“Semua berita baru-baru ini mendorong kelompok-kelompok besar untuk keluar dari pasar kripto. Tether adalah gerbang likuiditas, baik masuk maupun keluar. Jadi, ketika minat terhadap kripto meningkat, kami melihat arus masuk; ketika sentimen pasar kripto negatif, kami melihat arus keluar. Kami juga tidak dapat mengesampingkan serangan langsung terhadap Tether, seperti yang kita lihat pada tahun 2022,” ujar Ardoino.

Terakhir kali Curve 3Pool menjadi tidak seimbang adalah pada bulan Maret ketika saldo USDC dan DAI meningkat menjadi lebih dari 45% masing-masing. Pool ini juga menjadi tidak seimbang pada bulan November ketika bursa kripto FTX mengalami keruntuhan. Ketidakseimbangan serupa juga teramati setelah kejatuhan ekosistem Terra pada bulan Mei 2022, yang menyebabkan USDT menjadi volatil dan sementara kehilangan peg-nya.

Disparitas harga dalam USDT menjadi peluang arbitrase di pasar. USDT telah mengalami ketidaksesuaian harga sesekali di masa lalu tetapi tidak pernah mempertahankan depeg yang berkepanjangan dari nilai yang dimaksudkan.

USDT telah sedikit terlepas dari patokan USD. Sumber: TradingView

Ardoino mengatakan bahwa Tether akan memantau situasi ini, tetapi mereka “siap untuk menebus jumlah berapapun.”

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *