Saham Facebook Jatuh 6% Setelah Perubahan Ticker META

Hari ini perusahaan META, yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook, mengubah simbol ticker di Nasdaq dari FB menjadi META.

Perubahan citra tidak mendatangkan keberuntungan langsung untuk saham raksasa media sosial itu.

Pada penutupan pasar hari Kamis, saham perusahaan yang sebelumnya ber-ticker FB itu turun 6,43% dalam hari itu. META saat ini diperdagangkan pada 184,00 dolar, angka yang mendekati titik terendah sepanjang masa di 174,95 dolar yang dicapai pada akhir April.

Pengguna Twitter menjadikannya bahan candaan bahwa apa pun penyebab penurunan harga hari ini, perubahan ticker sepertinya tidak akan menyelesaikan banyak masalah yang saat ini dihadapi perusahaan:

Pada akhir Oktober, CEO Mark Zuckerberg mengumumkan perubahan nama Facebook menjadi Meta, sebuah rebranding yang menggarisbawahi komitmen perusahaan terhadap metaverse yang masih baru lahir sebagai misi inti masa depan bisnisnya.

Metaverse adalah konsep koleksi mendalam ruang digital dan dunia yang dinavigasi oleh pengguna internet melalui avatar 3D. Banyak pengembang, termasuk Zuckerberg, percaya bahwa metaverse akan menjadi pusat pekerjaan, belanja, hiburan, dan interaksi sosial di masa depan.

Rebranding itu juga kebetulan bertepatan dengan kesaksian keras pelopor Facebook Frances Haugen awal bulan itu di hadapan Senat AS, mantan karyawan tersebut menuduh berbagai cara di mana raksasa media sosial itu mengizinkan dan secara algoritmik mendorong ujaran kebencian dan berita palsu.

Pasarnya tidak bereaksi baik sejak perubahan fokus perusahaan. Sejak diumumkan pada bulan Oktober, saham Meta telah jatuh hampir 42%. Pada bulan Februari, turun 26% dalam satu hari, menyusul laporan pendapatan Kuartal ke-4 2021 yang mengungkapkan pertumbuhan pengguna yang stagnan karena perusahaan mengalihkan sumber dayanya ke ambisi yang terkait metaverse.

Penurunan saham hari ini terjadi selama kuartal yang sulit bagi pasar saham secara umum, dan untuk perusahaan terkait kripto secara khusus. Nasdaq turun 2,75% hari ini; Penurunan Meta lebih dari dua kali lipat.

Apakah penurunan hari ini menyiratkan hilangnya kepercayaan lebih lanjut pada poros metaverse Zuckerberg? Atau hanya hasil praktis dari perubahan simbol itu sendiri, hambatan logistik yang dapat mempengaruhi volume perdagangan? Layanan berita keuangan Barrons mencatat hari ini bahwa para peneliti telah menemukan “pengurangan signifikan dalam volume perdagangan” yang cenderung mengikuti perubahan ticker.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *