Selusin Tuduhan SEC ke Binance Membawa Pasar Kripto Turun

Bursa kripto terbesar di dunia menerima gugatan dari Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat pada hari Senin, menyebabkan penurunan harga aset kripto. Saya akan menjelaskan implikasinya kepada investor jangka panjang.

Apa yang Terjadi?

Pada hari Senin, SEC mengajukan tuntutan hukum terhadap Binance. Pengatur regulasi ini membuat serangkaian tuduhan yang terkait hal-hal seperti operasi bursa yang tidak terdaftar, mewakili kontrol perdagangan yang salah, dan menjual sekuritas yang tidak terdaftar. [Jika Anda tertarik membaca lengkapnya, ini adalah keluhan 136 halaman yang diajukan oleh SEC]

Perlu dicatat: Keluhan sipil biasanya ditulis dengan kalimat yang paling agresif dan mewakili skenario terbaik dari sudut pandang si penggugat (dalam hal ini, SEC). Pada tahap ini, ini hanyalah tuduhan dan kita tidak tahu apakah itu ilegal—dan kita mungkin tidak akan pernah tahu.

Déjà vu: Tuntutan hukum ini datang sekitar 10 minggu setelah CFTC menuduh 3 entitas korporat Binance dan CEO-nya melanggar beberapa undang-undang AS.

Tanggapan dari Binance: Tak lama setelah gugatan SEC hari Senin, Binance mengatakan bahwa mereka “siap untuk melawannya hingga batas hukum” dan “berencana untuk mempertahankan platform mereka dengan gigih.”

Harga “Sekuritas” Kripto Anjlok

Tidak mengejutkan bahwa pasar kripto anjlok setelah berita ini. Beberapa jam setelah berita SEC vs. Binance, pergerakan harga kripto utama adalah sebagai berikut: BTC (-5,0%), ETH (-3,4%), dan BNB (-8,7%).

Perlu dicatat, pada halaman ke-85 dari tuntutan ini, SEC menuduh Binance dengan penjualan kripto berikut yang dituduh sebagai “sekuritas”: BNB, BUSD, SOL, ADA, MATIC, FIL, ATOM, SAND, MANA, ALGO, AXS, dan COTI. Sebagian besar kripto ini, kecuali BNB dan BUSD, turun sekitar 10-15% sejak gugatan diajukan.

Kutipan dari halaman ke-85 dari tuntutan SEC yang menguraikan aset kripto yang dianggap sebagai sekuritas (Sumber)
Kutipan dari halaman ke-85 dari tuntutan SEC yang menguraikan aset kripto yang dianggap sebagai sekuritas (Sumber)

Strategi Investasi RR Tidak Berubah

Gugatan ini tidak mengejutkan. Faktanya, kami (Republik Rupiah) telah menyorot kemungkinan adanya tuntutan lebih lanjut terhadap Binance sebagai peristiwa yang sensitif terhadap harga kripto dalam tiga rangkuman pasar dan update portofolio terbaru kami di sini.

Bagi kami, berita ini tidak mengubah pandangan jangka panjang kami. Dalam artikel berita di bawah ini, kami telah membagikan sentimen tentang SEC vs. Binance yang hampir sama (di bagian akhir halaman):

“Kami tidak akan terkejut jika menemukan pengumuman penyelesaian di mana Binance diperintahkan untuk membayar denda. Meskipun berita ini signifikan, hal ini tidak memengaruhi pandangan investasi kami terhadap BTC dan ETH. Kami tetap melihat ini sebagai waktu yang tepat untuk melakukan dollar-cost averaging (DCA).”

Tentu saja, harga kripto bisa turun lebih jauh, tapi kami merasa sebagian besar orang yang akan menjual setelah berita negatif ini sudah memiliki kesempatan yang cukup untuk melakukannya dalam 15 bulan terakhir. Jika BTC turun ke $20.000 dalam beberapa bulan ke depan, kami tetap bisa tidur dengan nyenyak selama beberapa tahun ke depan tanpa menyesali keputusan DCA pada harga saat ini di kisaran bawah ~$26.000.

Ketika berinvestasi, hal yang dapat membantu adalah mempertimbangkan spektrum kemungkinan hasil sebelum membuat keputusan. Dalam kasus hari ini, saya pikir skenario yang paling mungkin adalah Binance dan SEC akan menyelesaikan masalah ini, mungkin dengan Binance setuju untuk membayar denda besar dan menerima beberapa batasan untuk platform perdagangannya di AS. Dari sudut pandang yang luas, ini akan menjadi hasil baik untuk pasar.

Tetapi, penting untuk mempertimbangkan skenario jika segala sesuatunya menjadi lebih buruk. Dengan penuh respek terhadap Binance, skenario yang paling buruk adalah seperti ini: pengadilan memutuskan untuk mendukung semua tuntutan SEC, Binance dinyatakan menjalankan operasi yang mirip seperti FTX, dan jutaan pengguna kehilangan dana mereka.

Dalam skenario ini, saya menduga pasar dan industri kripto akan memasuki musim dingin yang berlangsung selama beberapa tahun, hanya untuk muncul kembali pada akhir dekade ini. BTC mungkin dapat turun ke $10.000 dan ETH ke $250. Akan ada PHK massal di industri, dan dunia secara umum akan melupakan kripto selama beberapa tahun.

Skenario ini tidak mustahil. Namun, saya pikir kemungkinannya tidak besar. Yah, itu hanya opini pribadi saya, karena saya tidak memiliki informasi apa pun tentang operasi Binance secara internal. Jadi, saya akan memantau perkembangan SEC vs. Binance. Dan, saya menganggap ini sebagai salah satu faktor yang memengaruhi pembuatan keputusan saya dalam berinvestasi.

Pengingat: Simpan Aset Kripto di Dompet Pribadi

Berita hari ini adalah pengingat yang tepat, bahwa jika Anda menyimpan terlalu banyak aset kripto di bursa terpusat, semua aset itu bukanlah milik Anda. Kepemilikan aset kripto Anda hanya dimungkinkan oleh sebuah dompet kripto pribadi, yang kunci privatnya Anda kendalikan.

Kami sarankan untuk belajar mengenali dan menyiapkan sebuah dompet kripto pribadi, jika belum pernah mempelajari ini.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *