Stablecoin UST Sempat Kehilangan Patokannya Kemarin

Stablecoin algoritmis dengan kap pasar terbesar, TerraUSD (UST), sempat kehilangan patokannya dengan dolar AS, turun ke $0,985 di hari Minggu kemarin. Kini, UST sudah bangkit kembali ke $0,996, mendekati $1.

Menurut laporan dari CoinDesk, fenomena ini dimulai dengan penarikan dana dalam jumlah yang besar dari Anchor Protocol, platform simpan pinjam terbesar di jaringan Terra yang menawarkan imbal hasil yang tinggi kepada penyetor UST. Selama akhir pekan kemarin, jumlah UST yang disimpan di Anchor turun dari $14 miliar ke $11,2 miliar. Perlu diingat bahwa kap pasar UST kini adalah sebesar $18,6 miliar. Itu artinya hampir 60% dari suplai UST yang beredar disimpan di Anchor.

UST juga ditarik dari kolam likuiditas (liquidity pool) yang ada di protokol DeFi Curve. Mengenai ini, Do Kwon, CEO mengonfirmasi melalui sebuah cuitan bahwa Terraform Labs (TFL) baru saja menarik 150 juta UST dari Curve. Setelah mengetahui bahwa UST diperdagangkan pada harga diskon, TFL menempatkan 100 juta UST kembali untuk “mengurangi ketidakseimbangannya”. Do Kwon sendiri mengatakan bahwa TFL “tidak memiliki insentif untuk menghilangkan patokan UST”.

https://twitter.com/stablekwon/status/1523315720012001282?s=20&t=jTullAGw8dvDRSAa_jgryA

Mengikuti peristiwa ini, seorang pengguna Twitter dengan nama pengguna @larry0x menemukan sebuah alamat dompet yang tercatat menjual UST-nya sebanyak 108 juta di Binance dan 85 juta di Curve. “Saya penasaran fund yang mana yang menggunakan base account untuk mengelola aset $200 juta,” tulisnya.

Ini bukanlah pertama kalinya UST kehilangan patokannya dan bukan pula yang terbesar. Meskipun begitu, ini pertama kalinya UST kehilangan patokannya sejak pembentukan cadangan Bitcoin (BTC) dan Avalanche (AVAX) oleh Luna Foundation Guard.

Beberapa orang berasumsi bahwa kembalinya patokan UST ini berkat upaya dari “dompet penyelamat” milik Jump Crypto, sebuah perusahaan yang berkaitan dengan Terraform Labs.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

One Response

  1. Dengan berita ini berarti stable coin yang terpercaya sekarang berarti:

    1. USDC –> Coinbase yang terbitkan (perusahaan ipo di amerika)
    2. BUSD –> Binance yang terbitkan (exchange crypto terbesar di dunia)
    3. DAI –> Stable coin decentral

    Bagaimana menurut bro Beneditto?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *