Tren Pasar Kripto

tren-pasar-crypto

Sejumlah besar uang dihasilkan dalam industri mana pun jika Anda selangkah di depan sebelum orang lain. Inilah kasusnya di hari-hari awal internet, dan terjadi lagi di hari-hari awal smartphone dengan adanya pembuatan aplikasi. Crypto merupakan topik yang begitu luas, dan bahkan terlibat dalam bidang yang berbeda memiliki keuntungan yang berbeda jika Anda mulai sejak awal, daripada Anda memasuki bidang pasar tertentu disaat mulai hangat-hangatnya.

berikut penjelasan mengenai tren-tren yang sudah berlalu di pasar dan juga membantu anda untuk melihat tren yang terjadi saat ini, dan menunjukan ke Anda dua tren apa yang selanjutnya akan terlihat dalam bulan-bulan dan tahun-tahun mendatang.

Dalam sejarahnya Kripto bahwa aspek tertentu di pasar bergerak sesuai tren. Tren yang telah menggerakkan inovasi di alam ini dan telah naik besar nilainya. Jika kita petakan area pasar yang terjadi di masa depan berikut sejarah dalam belakangan ini.

Pada tahun 2016 dan 2017 pasarnya mulai berevolusi menjadi lebih dari sekadar Bitcoin dan variasi Bitcoin lain yang berusaha menjadi semacam uang digital. Begitulah naratifnya kripto hingga titik tertentu, terus semuanya berubah dengan kebangkitan Ethereum dan lebih khususnya token ERC20. Ini adalah gebrakan baru di industri karena bukan hanya itulah kemunculan pertama blockchain smart contract (yang sekarang bisa dilihat sangatlah banyak),  membuat blockchain mereka sendiri hanya untuk meluncurkan token. Ini artinya bahwa sementara ETH adalah token asli blockchain Ethereum, proyek lain masih bisa menggunakan jaringan utama Ethereum untuk proyek mereka termasuk menerbitkan token lain.

Ini mengarah pada kebangkitan ICO atau Penawaran Koin Perdana di tahun 2017. Inilah yang mendorong pasarnya dalam bull run terakhir karena semakin lebih dan lebih banyak proyek meluncurkan token mereka sendiri di chain Ethereum, mereka semua butuh ETH untuk membayar aktivitas token tersebut. Ya sekarang banyak dari proyek itu yang memang penipuan, cuma punya situs web dan itu aja. Beberapa dari proyek itu bagus dan sekarang merupakan proyek terbesar yang ada di alam ini. Banyak dari proyek top 50 saat ini tadinya diluncurkan pada masa kebangkitan ICO di Ethereum. Tapi setelah bear market tahun 2018 mulai dan adanya musim dingin crypto dari sana, banyak ICO tahun 2018 yang jatuh ke nol karena mereka tidak punya inovasi, tidak ada pengembangan, dan sebagian besar tidak punya pengguna atau produk.

Sisa tahun 2018 dan sebagian besar tahun 2019 sangat tenang di pasar. Harganya hanya berkisar naik dan turun tanpa banyak pergerakan signifikan, hingga senja kemunculan era baru datang di tahun 2020 dengan kebangkitan DeFi.

DeFi mengubah alur permainan karena banyak proyek menjadi nama yang terkenal. Uniswap, AAVE, Synthetix, MakerDAO, Compound, Curve Finance, Sushiswap, dan banyak banyak lagi semuanya meluncur ke bulan dengan pengguna mereka pada saat itu, dan DeFi menjadi nama yang terkenal. Siapa pun yang memegang token DeFi mengalami keuntungan luar biasa dan banyak investor yang tetap setia dengan pasar crypto menjadi sangat berhasil.

Hal utamanya di sini juga bahwa semua proyek ini berbasis di satu lokasi: Ethereum. Demikian memompa harga dan reputasi Ethereum dan memberinya mahkota sebagai Raja Blockchain Smart Contract, dan menjadikannya nomor 2 setelah Bitcoin.

2021 telah menjadi tahun yang berbeda karena kita memasuki area bull market. Ini bagus untuk harga banyak proyek, tapi ada juga area spesifik yang cuan serius. Dua tren utama tahun 2021 yang kita alami sekarang dan akan terus berlanjut adalah NFT dan persaingan smart contract. NFT telah menjadi urusan besar dan ini sebagian besar karena mereka awalnya dikode sebagai token-token ERC. Semua lokapasar dan platform NFT mengalami pertumbuhan besar dan NFT sendiri telah membuat banyak orang kaya.

Platform smart contract makin sengit persaingannya. Ethereum sudah jadi rumahnya semua tren yang terjadi. Tapi semakin sering digunakan dan biaya gasnya naik maka ini membuat platform-nya mahal. Ini akan diperbaiki dan ETH2 akan datang, tapi banyak chain lain yang berkinerja baik harganya dengan menjual cerita bahwa mereka sekarang atau akan menjadi masa depannya Ethereum yang Baru. Binance Smart Chain telah melakukan ini paling baik sejauh ini, karena mereka hanya berupa kloningan dari chain Ethereum, tapi lebih terpusat. Ini artinya bahwa banyak aplikasi dari Ethereum dapat migrasi ke sana. BSC dasarnya bekerja sebagai chain samping Ethereum, daripada sebagai chain yang benar-benar baru dengan teknologi baru. Polygon bekerja dengan cara yang sama, tapi mereka menyebut diri mereka sendiri tepatnya bahwa keseluruhan misi mereka untuk mendukung dan menumbuhkan ekosistem Ethereum.

Cardano dan Polkadot adalah dua pemain besar lain. Mereka menyebut diri sendiri sebagai Ethereum yang baru dan lebih ditingkatkan. Ini belum mengingat bahwa Ethereum bahkan masih belum dalam bentuk akhirnya. Yang akan jadi menarik adalah apakah platform tersebut mampu mengambil pengguna dari ETH 2.0, karena pada tahap ini ETH 2.0 akan siap penuh sebelum chain lain tersebut selesai dikembangkan.

Jadi Anda bisa melihat tren kripto yang sudah lalu adalah ICO, DeFi, NFT, dan platform smart contract. Seandainya Anda menduga sektor tersebut akan datang, maka Anda sudah bisa membeli sejak awal dan menghasilkan banyak uang. Lalu tren apa yang akan datang selanjutnya?

Satu yang sudah mulai adalah gaming. Khususnya games di blockchain. Ini akan mengambil alih seluruh industri game semakin lebih dan lebih banyak game menjual NFT di game mereka dan semakin pemain diperbolehkan memperoleh barang dalam game yang benar-benar bisa diperdagangkan secara dunia nyata untuk uang benaran. Jadi semua gaming blockchain, aplikasi, games, dan NFT akan menjadi industri yang besar ke depannya.

Dua tren selanjutnya adalah Token Sosial dan Aset Dunia Nyata di blockchain. Token sosial akan menjadi token yang para perusahaan, klub, dan selebriti akan tawarkan ke penggemar dan komunitas mereka. Ini bukan token yang akan memberi Anda kepemilikan atas perusahaannya, tetapi memberikan kalian akses spesial. Sebagai contoh, musisi terkenal seperti Rihanna dan Ariana Grande bisa menawarkan token yang memberi kalian akses spesial atau awal untuk musik mereka. Atau perusahaan olahraga yang menerbitkan token yang memberi kalian konten atau akses tambahan dan juga tiket ke pertandingan mereka. Atau perusahaan seperti Disney yang menerbitkan token dan kemudian memungkinkan kalian untuk menonton semua konten mereka secara gratis jika kalian megang tokennya.

Token sosial akan datang dan akan menjadi urusan besar karena semua orang ingin memegang token dari tim olahraga, perusahaan, dan musisi favorit mereka. Bisa bayangkan betapa ramainya kalau BTS bikin token kripto.

Tren terakhir adalah aset Dunia Nyata yang datang ke blockchain. Ini akan menjadi barang dunia nyata yang dicetak sebagai token dan dapat diperdagangkan atau digunakan sebagai agunan di DeFi. Bayangkan Anda bisa membeli token yang melambangkan 1/1000 kepemilikan atas bidang tanah atau rumah dari negara mana pun di dunia. Kalian bisa menjadi pemilik tanah di Jepang, atau New York, atau Australia. Kepemilikan itu bisa kalian jual kapan pun atau digunakan di DeFi sebagai bagunan untuk mengambil pinjaman, dan itu bahkan bisa untuk membayar uang kontrakan kalian. Ini akan datang dan ini semua akan diterapkan ke dalam blockchain segera.

Jadi seperti Anda lihat telah ada banyak tren hebat dan akan terus berlanjut tren inovatif lainnya. Inilah kenapa penting bagi Anda untuk fokus dan perhatian, jangan hanya tergoda sama meme coins atau koin-koin sensasi yang kurang berguna yang pump and dump. Fokuslah pada penerapan dunia nyata dan inovasi yang akan mengubah dunia selamanya.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp