Waspada Rumor Kebangkrutan FTX, Investor Menarik Dana

Demi kewaspadaan dan keamanan dana kita, saya rekomendasikan untuk menarik aset kripto atau mata uang fiat apa pun yang kita miliki di dalam FTX Echange. Mari saya jelaskan kenapa:

  • Kekhawatiran atas rumor bahwa FTX dan Alameda bangkrut semakin meningkat.
  • Karena itu, keamanan dana kalian lebih penting daripada bertaruh dengan “kepercayaan” pada SBF dan kawan-kawannya.
  • Semoga saja, ini tidak terjadi benaran. Tapi, untuk berjaga-jaga, sebaiknya hindari skenario terburuk di mana FTX menghentikan penarikan.

Semuanya berawal dari pertanyaan: “Apakah keadaan bisnis dan keuangan Alameda dan FTX sehat?” Sebuah artikel lain di Substack mempertanyakan hal yang sama. Intinya, CoinDesk melaporkan bahwa Alameda memiliki aset $14,6 Miliar pada 30 Juni. Aset terbesarnya adalah $3,66 Miliar “FTT yang tidak terkunci”, dan aset terbesar ketiganya adalah $2,16 Miliar dalam bentuk “agunan FTT.”

(CoinDesk mendasarkan laporan mereka pada dokumen keuangan pribadi yang ditinjau. Tapi siapa yang membocorkan itu ke CoinDesk? Bursa saingan FTX? Lembaga keuangan AS yang terancam oleh ekspansi FTX ke AS? Karyawan FTX atau Alameda yang khawatir? Sayangnya, kita tidak akan pernah tahu.)

Tentu saja, CEO Alameda yang baru diangkat (Caroline) membantah rumor dan kekhawatiran tersebut. Mengatakan bahwa informasi ‘balance sheet’ yang tertera kurang akurat.

Nah, di sinilah CZ Binance masuk. Dia mengatakan bahwa sebagai bagian dari langkah keluarnya dari ekuitas FTX tahun lalu, Binance menerima sekitar $2 Miliar USD dalam bentuk BUSD dan FTT. Tapi karena rumor belakangan ini, mereka telah memutuskan untuk melikuidasi sisa FTT yang dimiliki.

Caroline (CEO Alameda) membalas kembali, bahwa mereka akan membeli semua FTT yang dijual Binance dengan senang hati pada harga $22. Pernyataan menantang seperti ini mengingatkan saya pada Terra, 3AC, dan Celsius sebelum kejatuhannya.

CZ Binance menuangkan lebih banyak minyak ke api, dengan berkata bahwa likuidasi FTT mereka adalah langkah “manajemen risiko”, telah belajar dari peristiwa LUNA. Menariknya, dia juga berkata bahwa motivasi ini didorong oleh SBF yang cenderung melobi pemain industri lain, seperti “menusuk dari belakang”.

Kalian bisa lihat sendiri argumen SBF yang absurd pada podcast Bankless belum lama ini, dalam debatnya melawan Erik Voorhees.

Perang 2 Biliuner Kripto

Secara tidak resmi, “perang” antara dua biliuner kripto ini dimulai.

Untuk yang belum kenal siapa SBF dan CZ itu, tonton dua episode di bawah ini:

Hsaka pun terkejut setelah kembali ke depan layar komputer, melihat ‘Civil War’ antara mereka berdua.

Harga BNB dan FTT yang biasanya beriringan sekarang menuju arah yang saling berlawanan. BNB naik, sedangkan FTT turun.

Secara spesifik, harga FTT sendiri bergerak mengikuti respons dua komentar entitas terkait (CZ Binance vs Caroline Alameda). FTT naik ketika Caroline mengirimkan twit positif, FTT turun ketika CZ mengirimkan twit negatif.

Pelajaran yang perlu kita perhatikan adalah: Jangan gegabah mengambil posisi LONG atau SHORT. Ini adalah pertempuran antar exchange besar di alam kripto. Ini adalah ranah pertandingan manipulasi bandar. Investor ritel seperti kita jangan sampai dirugikan!

‘Bank Run’ Pada FTX Exchange

Banyak investor langsung berbondong-bondong menarik aset kripto dan dana mereka, keluar dari FTX. Lebih dari $300 Juta saldo FTX lenyap. Bahkan kalau tidak menghitung arus masuk dari Alameda, angkanya lebih buruk lagi.

Semakin banyak investor dengan saldo besar (whales) yang menarik dana mereka keluar dari FTX.

Cadangan stablecoin FTX semakin mengering, menyentuh titik terendahnya dalam setahun terakhir. Hanya tersisa $50 Jutaan saat ini, yakni turun -93% hanya dalam dua minggu.

SBF Bungkam, Kapan Klarifikasi?

Sayangnya, dengan semua liputan rumor negatif, tekanan jual signifikan, dan penarikan aset besar-besaran… Sam Bankman-Fried masih belum membagikan klarifikasi apa pun. Hanya sebuah ucapan “terima kasih” kepada para pendukung mereka.

Berkaca pada tragedi Terra, 3AC, dan Celsius… ucapan terima kasih tidak cukup untuk menenangkan kekhawatiran investor. Semoga saja, ini tidak menjadi sebuah ‘event black swan’ lagi yang menghancurkan pasar kripto dan menjadikan portofolio kita “abu” lagi untuk yang ke-6 kalinya dalam tahun 2022.

Sejauh ini, kelihatannya pertempuran CZ dan SBF memang berkaitan dengan perbedaan kepatuhan mereka dengan regulator.

Memang, seharusnya SEMUA bursa exchange menyediakan bukti cadangan yang transparan, dengan dasbor yang menghubungkan data on-chain atau alamat dompet kripto mereka. Teknologi blockchain memungkinkan transparansi seperti itu, kenapa tidak digunakan? Kita tidak bisa hanya “memercayai” seorang biliuner bahwa bisnis mereka sehat dan baik-baik saja.

Kesimpulan dan Pesan Moral

Ingat betapa pentingnya memegang kunci privat atas dompet kita sendiri. Aset kripto sebaiknya tidak dipegang oleh pihak terpusat mana pun. “Not your keys, not your crypto.”

Erik Voorhees kembali mengingatkan kita betapa transparannya DeFi daripada entitas keuangan teregulasi apa pun di bumi.

Untuk sekarang, hindari spekulasi tentang dampak skenario pertempuran ini. Menurut opini saya, ini hanya akan membuang-buang waktu dan energi. Lebih baik menunggu dan memantau kejadiannya dalam beberapa hari ke depan.

Terkait harga FTT, memang telah volatil selama 12 jam terakhir. Secara pribadi, saya tidak akan menyentuhnya sama sekali. Terlalu banyak ketidakpastian.

Saya ingin menekankan bahwa rekomendasi ini berupa peringatan jaga-jaga. Kalau memegang aset kripto dan/atau mata uang fiat di FTX, jangan panik. Saya bakal terkejut kalau mendengar kabar FTX menghentikan penarikan. Dan saya akan terkejut kalau Alameda mengumumkan kebangkrutan.

Namun, ini alam kripto. Yah, memang selalu mengejutkan kita dalam tahun-tahun terakhir ini. Jadi saya percaya langkah yang masuk akal adalah untuk meluangkan 5–10 menit waktu kita untuk menarik aset kripto dari FTX ke dompet hardware.

Belum punya dompet hardware? Order satu dompet seperti Ledger, khususnya jika kalian memiliki jumlah aset yang signifikan. Untuk sementara waktu, dompet nonkustodian yang software (seperti MetaMask) juga merupakan opsi yang lebih baik daripada menyimpan di FTX.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *