Bermain Aman dengan Safe Multisig

multisig safe

Halo Sobat RR!

Safe, sebelumnya dikenal sebagai “Gnosis Safe,” adalah solusi dompet kontrak pintar paling populer dalam ekonomi kripto saat ini. Dalam artikel hari ini, saya akan memandu kalian tentang cara menggunakan Safe untuk dengan mudah membuat salah satu konfigurasi dompet yang paling aman, yaitu dompet multisignature!

Aman dan Terjamin: Mengamankan Kripto dengan Multisig

Sebelum drama Ledger Recover minggu lalu, banyak orang di dunia kripto menganggap bahwa dompet hardware hampir tak terbobol.

Namun, sekarang banyak orang yang menyadari bahwa pembaruan firmware — yang pada dasarnya memberi tahu dompet hardware cara beroperasi — dapat digunakan untuk mencuri kunci privat.

Skenario ekstraksi terburuk bisa jadi sangat tidak mungkin terjadi, tetapi kemungkinan bencana ini membuat banyak penggemar kripto bertanya, “Apakah ada cara yang paling aman untuk menyimpan kripto saya?”

Jawabannya, setidaknya untuk kebanyakan orang saat ini, adalah dengan menggunakan Safe multisig. Singkatnya, Safe memudahkan pembuatan dompet kontrak pintar, yang sangat fleksibel dan dapat disesuaikan, sehingga sangat ideal untuk aplikasi penyimpanan kripto jangka panjang.

Saat kalian membuat akun dengan layanan seperti MetaMask, kalian hanya mendapatkan dompet sederhana yang dikenal sebagai “Externally Owned Account” (EOA) wallet. Dompet EOA tidak berisi kode, hanya dapat menandatangani transaksi, dan jika kunci privat hilang atau dicuri, seluruh dana dalam akun tersebut dapat hilang, menjadi titik kegagalan tunggal.

Sebaliknya, dompet pintar Safe (smart contract wallet) mengandung kode yang dapat disesuaikan yang menentukan bagaimana transaksi di dalamnya dapat diproses. Misalnya, dompet seperti ini dapat dikonfigurasi untuk memerlukan beberapa tanda tangan kunci untuk menyelesaikan transaksi, oleh karena itu disebut “multisig”. Namun, dompet Safe mendukung lebih banyak fitur, seperti transaksi terjadwal, batasan pengeluaran, hierarki peran, dan lain sebagainya.

Jika kalian mencari cara terbaik untuk melindungi kripto kalian di masa depan, Safe multisig mungkin menjadi pilihan yang tepat. Mudah untuk dibuat, sangat dapat disesuaikan, mendukung 12 jaringan, dan dengan membuat setidaknya 3 dompet dalam satu Safe multisig, kalian dapat memastikan bahwa kripto kalian tidak akan hilang atau dicuri melalui titik kegagalan tunggal.

Yang terbaik dari semuanya? kalian dapat menggunakan dompet yang sudah kalian gunakan, seperti Rainbow, Ledger, GridPlus Lattice1, sebagai kunci penandatanganan untuk Safe multisig kalian. Sekarang setelah kalian memiliki gambaran dasar tentang Safe, mari saya pandu kalian melalui langkah-langkah menggunakan kombinasi platform dan protokol ini untuk mengatur multisig kalian sendiri!

Bagaimana Cara Membuat Safe Multisig

  1. Buka app.safe.global/welcome dan sambungkan dompet kalian (perhatikan bahwa dompet yang baru terhubung awalnya akan membayar biaya jaringan untuk pembuatan Safe).
  2. Klik opsi “Create Safe”, pilih jaringan yang diinginkan, misalnya Ethereum, dan beri nama Safe kalian, misalnya “My Vault”, sebelum menekan “Next”.
  3. Pada antarmuka yang muncul, tambahkan dompet pemilik yang diinginkan (saya sarankan untuk memasukkan setidaknya 3 dompet untuk mulai), pilih ambang batas transaksi kalian (saya sarankan persyaratan tanda tangan 2/3 untuk mulai), dan tekan “Next”.
  4. Periksa detail Safe yang akan dibuat beserta perkiraan biaya jaringan (0,01 ETH pada saat penulisan), dan jika semuanya sudah oke, tekan “Next” sekali lagi.
  5. Ketika diminta, selesaikan transaksi pembuatan Safe dengan dompet kalian dan tunggu transaksi selesai – setelah selesai, klik tombol “Start using Safe” untuk melanjutkan.

Itu saja! Kalian dapat melakukan migrasi kripto dan NFT yang ingin kalian simpan di sini secara massal menggunakan alat Migratooor dan NFTMigratooor dari smold.app. Mengenai Safe baru kalian sendiri, kalian dapat menggunakan tab “Transactions” untuk memfasilitasi transfer dan tab “Apps” untuk menemukan dan berinteraksi dengan aplikasi yang didukung langsung dari Safe kalian, misalnya Aave.

Akhir Kata

Dalam skala yang lebih luas, saat ini ada lebih dari 1,5 juta akun Safe yang sudah ada dan lebih dari $39 miliar USD dalam bentuk kripto disimpan di dalam akun-akun ini. Pengguna terbesar dalam ruang ini, termasuk pencipta Ethereum Vitalik Buterin, mempercayakan Safe dengan dana mereka.

Jika kalian membeli dan menyimpan ETH dan aset lain dalam jangka panjang, maka Safe multisig adalah salah satu solusi penyimpanan yang paling praktis dan mudah digunakan dalam ekonomi kripto saat ini. Namun, yang membuat akun Safe begitu menarik adalah bahwa Safe bukan hanya sekadar multisig atau solusi penyimpanan. Infrastruktur berbasis kontrak pintar yang dimilikinya memungkinkan Safe mendukung berbagai hal yang luar biasa, mulai dari abstraksi akun hingga mekanisme pemulihan.

Memang, Safe begitu fleksibel sehingga kalian bahkan dapat menggunakannya secara bersamaan dengan Ledger Recover, sehingga perlindungan onchain Safe mencegah ekstraksi kunci sementara kalian masih dapat menikmati manfaat layanan pemulihan.

Kesimpulannya, sistem Safe ini kuat, fleksibel, sangat aman, dan mungkin merupakan cara termudah untuk mengatur multisig saat ini. Jadi, bagi kalian yang merupakan seorang penggemar kripto berpengalaman maupun pemula dalam ruang ini, Safe mungkin menjadi cara paling aman untuk menyimpan kripto saat ini.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Musa Andy

Musa Andy

Seorang investor kripto yang hobi menonton drama kripto

Artikel Lainnya :

Dapatkan Konten Premium dengan Join Membership