Introduction To BAT

Basic-Attention-Token

Selama iklan digital menjadi semakin lazim, kekurangannya menjadi semakin terlihat jelas. Pengguna internet terganggu oleh iklan-iklan yang membuat loading halaman lebih lambat dan melanggar privasi mereka melalui pelacakan pengguna dan pembagian data dengan – atau tanpa – persetujuan mereka. Iklan seluler dapat mengurangi usia baterai hingga 21% dan berakibat pada konsumsi kuota sebanyak $23 pada paket data pengguna rata-rata.

Sebagai akibatnya, perangkat lunak yang menghalangi iklan sekarang digunakan pada ratusan jutaan perangkat di seluruh dunia. Namun, ini pada gilirannya berarti bahwa penerbit iklan tradisional kehilangan pendapatan. Sudah jelas sistem yang saat ini mengalami kerusakan dan (BAT) mungkin saja merupakan solusinya.

Apa Itu BAT?

BAT adalah singkatan untuk Basic Attention Token; itu adalah token iklan digital yang dibangun pada blockchain Ethereum. Tujuan token BAT adalah untuk menciptakan pasar pertukaran iklan yang akan menghubungkan pengiklan, penerbit, dan pengguna dalam cara yang desentral. Tujuan BAT adalah untuk memonetisasi perhatian pengguna dan menyingkirkan semua pengeluaran tidak perlu yang terkait dengan jaringan iklan.

Basic Attention Token [BAT] mengurus hal-hal berikut:

  • Berfungsi sebagai unit pertukaran dengan menyingkirkan perantara
  • Menghadiahi pengguna, penerbit, dan pengiklan
  • Pengguna dibayar untuk nontonin iklan
  • Penerbit dapat sebagian penghasilan iklan seperti biasa
  • Pengiklan memperoleh laba atas investasi lebih baik untuk konten mereka

Tim BAT membuat Brave, suatu browser asli internal yang diintegrasikan dengan sistem BAT. Token BAT adalah mata uang asli yang akan digunakan sistemnya.

 

Basic-Attention-Token-2

 

 

Brave adalah browser berfokus privasi sumber terbuka yang memblok semua iklan dan pelacak yang tidak perlu secara bawaan dengan Brave Shields. Itu juga mengukur perhatian pengguna secara anonim dengan sistem ledger yang terbangun di dalamnya, untuk meningkatkan pengalaman iklan pengguna. Ini dilakukan dengan menghitung jumlah waktu setiap iklan dapat dilihat oleh pengguna, serta jumlah pixel yang mereka bisa lihat.

Brave mencocokkan konten dengan pengiklan yang benar-benar relevan melalui penggunaan pembelajaran mesin dalam perangkat, sementara mekanisme feedback memastikan pengguna menerima iklan untuk produk yang kemungkinan mereka ingin beli. Semua data ini dienkripsi dan disimpan di perangkat saja, dan Brave melindungi identitas penggunanya.

Siapa pun yang menggunakan browser ini dapat menyalakan fitur Brave Ads untuk dibayar dengan Basic Attention Token, sesuai waktu yang dihabiskan untuk menonton iklan dan juga bisa menyalakan fitur Brave Rewards yang akan secara otomatis membagi kontribusi token BAT bulanan, antara situs yang dikunjungi menurut waktu yang dihabiskan. Selain itu, pengguna bisa memilih memberikan “tip” kepada kreator konten favorit secara langsung, entah melalui panel hadiah browser atau dengan mengklik tombol “tip” di samping bar URL pada situs seperti YouTube, Twitter, dan Reddit.

 

Basic-Attention-Token-3

 

Riwayat Harga BAT

ICO token BAT terjadi pada Mei 2017 dan itu tidak terlupakan, mengumpulkan lebih dari 156.000 ETH atau $35 juta dalam 30 detikKarena permintaannya yang sangat kompetitif dan waktu jual yang cepat, hanya sedikit individu yang benar-benar dapat berpartisipasi, dengan beberapa estimasi kurang dari 200 orang totalnya. Saat ini ada suplai yang beredar 1,4 miliar BAT dengan suplai total 1,9 miliar BAT karena perusahaannya memegang 500 juta BAT dari ICO awal.

Lebih dari 400 pengiklan adalah bagian dari ekosistem Basic Attention Token dan Brave Browser telah mencapai 30 juta pengguna aktif bulanan dengan 10,6 juta pengguna aktif harian.

Ada 12 juta dompet BAT berbeda dan volume transaksi on-chain BAT adalah lebih dari $373 juta. Jaringan BAT juga meliputi lebih dari 72.200 kreator terverifikasi di Twitch, lebih dari 130.200 di Twitter, dan lebih dari setengah juta di YouTube.

Berperingkat #70 di CoinMarketCap akhir Desember 2021, BAT memiliki market cap USD 2,5 miliar. Harga tertingginya Rp25,740 yang terjadi pada 27 November 2021.

Sejarah Singkat BAT

Brave Software didirikan pada tahun 2015 oleh Brendan Eich dan Brian Bondy. Brendan Eich adalah nama yang besar di dunia teknologi – bukan hanya dia menciptakan JavaScript, tetapi dia juga adalah figur utama dalam pengembangan Mozilla Firefox. Brian Bondy juga instrumental dalam pengembangan Firefox, serta Khan Academy dan Evernote.

Basic Attention Token diluncurkan pada tahun 2017 dan masuk berita dengan mengumpulkan $35 juta dalam kurang dari satu menit, dalam penjualan habis ICO paling cepat yang pernah terjadi. ICO-nya agak kontroversial karena hanya 130 orang yang membeli Basic Attention Token, dengan setengah suplai token BAT dibeli oleh hanya 5 orang. Ini artinya Basic Attention Token tidak sedesentral seperti banyak proyek crypto lain.

Brave 1.0 diluncurkan pada November 2019, dengan Brave Browser yang memiliki fitur penuh pertama. Browser ini telah tersedia sebelumnya dalam perilisan beta, tetapi rilisan Brave 1.0 ini pertama kali memperkenalkan Brave Shields, Brave Ads, dan Brave Rewards.

 

Basic-Attention-Token-4

 

BAT memiliki tim yang besar dan sangat bertalenta dipimpin oleh co-founder dan CEO Brendan Eich, serta co-founder dan CTO Brian Bondy. Seperti telah disebutkan, mereka berdua memiliki latar belakang penting dalam pengembangan JavaScript dan Mozilla Firefox.

Yan Zhu bertanggung jawab atas keamanan dan privasi. Zhu adalah bagian dari Forbes 30 under 30. Dia memiliki resume yang luar biasa menakjubkan dan merupakan bagian dari tim insinyur keamanan Yahoo dari tahun 2014 – 2015. Dia juga terpilih ke dalam Grup Arsitektur Teknik (TAG) dari Konsorsium World Wide Web.

Anggota penting lainnya termasuk:

  • Scott Locklin – Smart Contract dan Ekonomi BAT
  • Marshall Rose – Ledger dan Sistem Dompet
  • Zooko Wilcox – Penasihat (Zcash Foundation)
  • Ankur Nandwani – Penasihat (Coinbase, Lookout, Qualcomm)

Fitur-fitur Utama Proyek BAT

  • Privasi: Data browsing pengguna dijaga sepenuhnya privat. Semua informasi yang dibutuhkan untuk mencocokkan iklan, jadi tidak tersedia. Pelacak pihak ketiga juga diblok secara otomatis.
  • Pencocokan iklan yang ditingkatkan: Brave Browser menyimpan sekoleksi lengkap data pengguna bersama dengan sinyal niat, tab aktif, URLs, informasi entri kata kunci, informasi browsing, dll. Platform ini bersama dengan Brave Browser juga bisa didirikan jika pengguna ada pada waktu dan tempat yang menguntungkan dalam pengalaman browsing agar dapat menyajikan dengan tawaran-tawaran yang menarik.
  • Pengalaman yang ditingkatkan: Pengguna tidak harus menjangkau server eksternal untuk setiap load halaman. Karena pencocokan iklan dilakukan secara lokal, ini mengarah kepada browsing yang berkualitas, usia baterai yang baik, lebih sedikit penggunaan kuota data, dan aliran konten yang terganggu jadi minimal.

Kekuatan dan Kelemahan Proyek Ini

Brave menonjol dari browser lain berdasarkan pelindung dan sistem ledger-nya untuk mengukur perhatian pengguna. Dengan memblok iklan dan pelacak, itu juga membuat loading halaman lebih cepat daripada kompetitornya. Itu juga menyediakan kegunaan yang sangat jelas dan mudah dipahami.

Basic Attention Token menciptakan lokapasar baru yang efisien dan terpandang oleh peluang-peluang inovatif yang ditawarkan kepada pengiklan yang ingin menjangkau pelanggan berharga – sementara memberdayakan pengguna dengan sebagian penghasilan iklan dan kemampuan untuk memberi tip kreator konten favorit mereka secara langsung.

Walaupun ada produk-produk lain dengan tujuan serupa, Basic Attention Token telah menjadi yang paling sukses sejauh ini, dengan lebih dari 1 juta kreator konten terverifikasi mendaftar untuk hadiah BAT, termasuk Wikipedia, The Guardian, The Washington Post, dan 50 Cent.

Di sisi lain, BAT juga memiliki beberapa kelemahan:

  • Iterasi Brave Browser dan sistem pembayaran BAT saat ini sangat terpusat karena keduanya dijalankan oleh Brave Software Inc.
  • Penggunaan saat ini cukup rendah, transaksi harian tetap hanya kira-kira 1.500 per hari
  • ICO yang kontroversial mengarah kepada sangat sedikit individu yang sebenarnya partisipasi dalam penjualan peluncuran, dengan beberapa memperkirakan kurang dari 200 orang total
  • Sementara basis penggunanya bertumbuh, Google Chrome tetap merupakan browser web yang dominan dengan margin yang sangat besar
  • Ada kekhawatiran seputar nilai yang ditangkap token utilitas dalam ekosistem tertutup

Kesimpulan

Basic Attention Token (BAT) menunjukkan banyak janji dengan ICO-nya yang sangat berhasil dan sebuah tim bertalenta dan berpengalaman yang dipimpin oleh Brendan Eich. Ini memecahkan banyak isu yang ada dalam industri periklanan digital mainstream seperti iklan penipuan, dan membuat pengalaman browsing yang ditingkatkan selama melayani pengiklan dan kreator lebih baik.

Brave Browser menerapkan beberapa fitur menguntungkan untuk memblok pengiklanan jahat, menargetkan pengguna dengan iklan yang relevan, dan membagi penghasilan iklan secara adil antara kreator dan pengguna. Itu bukan hanya melindungi privasi dan persetujuan pengguna, tetapi juga menjadikan browsing lebih cepat dan lebih dapat dinikmati. Namun, agar Brave dapat menyediakan pengiklan dengan laba atas investasi lebih tinggi, mereka perlu menarik pengguna yang bersedia membeli produk yang mereka lihat dari iklan, bahkan meskipun mereka hanya menggunakan layanan ini demi mengumpulkan token gratis dari nonton iklan.

Secara umum, orang-orang yang tertarik menonton iklan untuk mendapatkan uang biasanya bukan orang yang dalam posisi untuk membeli produk yang diiklankan dan yang terburuknya, mereka mungkin berusaha memanipulasi jumlah tontonan agar mendapatkan lebih banyak token. Ini bisa menjadi suatu kekhawatiran bagi pengiklan yang berharap menarik pelanggan nyata dan meningkatkan penjualan mereka dengan menggunakan Brave.

Para pengiklan bakal butuh jaminan bahwa model berbasis insentif yang digunakan ini benar-benar akan membantu bisnis mengubah pengeluaran iklan menjadi produk yang terjual, dan bukan hanya mendapatkan lebih banyak views.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *