Mengenal Mekanisme Parachain Auction di Polkadot!

Mengenal Mekanisme Parachain Auction di Polkadot!

Polkadot merupakan salah satu blockchain di dunia kripto yang paling aktif, dengan adanya lebih dari 300 proyek yang dibangun dalam ekosistemnya.

Blockchain ini menjaga agar proyek yang berdiri dalam ekosistemnya adalah proyek yang baik dan memiliki niat untuk membangun dalam jangka panjang. 

Oleh karena itu, walau 300 bukan angka yang besar dibandingkan blockchain lainnya dalam generasi yang sama, seperti Ethereum, proyek-proyek dalam Polkadot adalah proyek yang baik. 

Cara menjaga legitimasi dari proyek di ekosistem Polkadot adalah melalui Parachain Auction yang merupakan lelang untuk para developer agar bisa mendapatkan tempat untuk membangun di ekosistemnya. 

Polkadot adalah Blockchain pertama yang menerapkan mekanisme ini sehingga memberikan ekosistemnya keunikan tersendiri, yang juga menjadi sentimen positif. 

Apa Itu Parachain Auction?

Polkadot merupakan ekosistem blockchain yang mengedepankan fungsi multi chain. Artinya, ekosistem blockchainnya berbeda dengan blockchain lain, karena para developer dalam ekosistemnya tidak hanya bisa membangun DApp atau aplikasi terdesentralisasi, namun juga bisa membangun blockchain sendiri. 

Mekanisme ini dibentuk karena adanya Relay Chain dan Parachain yang membentuk semacam lapisan 0 di bawah blockchain lapisan 1. 

Tujuan blockchain adalah sebagai tempat penciptaan blockchain lapisan 0 adalah sebagai tempat diciptakannya blockchain lapisan 1 serta untuk blockchain lapisan 1 dapat berkomunikasi antara satu sama lain. 

Relay Chain bermanfaat sebagai tempat transaksi tertentu, termasuk menyambungkan data antara satu blockchain dengan blockchain lainnya dalam ekosistem Polkadot. 

Sedangkan Parachain bergerak sebagai tempat dibangunnya blockchain lapisan 1 karena infrastrukturnya yang mempermudah developer untuk membangun apa pun di atasnya. 

Parachain sendiri tidak harus digunakan untuk membangun blockchain, karena dalam parachain sendiri, developer bisa membangun aplikasi terdesentralisasi yang nantinya akan mengikuti mekanisme konsensus dari Polkadot itu sendiri sebagai blockchain. 

Untuk membangun apa pun dalam Parachain, developer harus mengikuti Parachain auction atau lelang. 

Lelang ini dilaksanakan dalam kurun waktu satu pekan, dengan jadwalnya yang ditentukan melalui proses pemungutan suara dari komunitas Polkadot. 

Dalam kurun waktu tersebut, para developer harus mengunci DOT sesuai jumlah yang sanggup untuk diberikan, namun semakin tinggi DOT akan semakin tinggi juga kemungkinan menang. 

Walau begitu, semakin tinggi DOT bukan menjadi jaminan bahwa developer tersebut akan menang. 

Hal ini disebabkan lelang tersebut menggunakan mekanisme Candle Auction yang artinya pemilihan pemenang akan ditentukan tidak pada periode terakhir tapi pada periode acak sesuai dengan komunitas. 

Contohnya, jika waktu lelang berlangsung selama tujuh hari, namun komunitas dan mekanisme lelang memutuskan untuk memilih pemenang di hari ke lima, maka pemenang akan ditentukan dari jumlah DOT terkunci tertinggi dan dukungan terbanyak di hari ke lima tersebut. 

Mekanisme ini diterapkan secara mendadak agar meminimalisir potensi sniping atau adanya partisipan yang melihat jumlah DOT tertinggi yang dikunci dan memutuskan untuk mengalahkan jumlah tersebut dengan mengunci lebih tinggi namun di akhir waktu lelang. 

Jadi masa waktu lelang akan berakhir secara acak untuk menghilangkan kemungkinan tersebut demi menciptakan lelang yang adil. 

Selain jumlah DOT yang tinggi terkunci, developer juga bisa mencari suara dengan cara merangkul komunitas sehingga mendapatkan dukungan. 

Dalam kasus lelang di Parachain, developer juga bisa mengajak komunitas untuk kontribusi, sehingga DOT yang dikunci tidak harus berasal dari kantong developer proyek sendirian, namun bisa meminta “patungan” dengan komunitas yang mendukung melalui fitur Crowdloans. 

Fitur ini disediakan langsung oleh Polkadot dan semau pengumpulan dana terjadi pada jaringan Relay Chain karena Parachain akan dikosongkan demi penghuni baru yaitu yang menang lelang. 

Menurut data dari situs resmi Polkadot, akan ada maksimal 100 tempat atau slot Parachain yang tersedia, sehingga akan ada 100 proyek yang menang maksimal. 

100 tempat tersebut memiliki waktu sewa selama 8 pekan hingga 12 pekan, dan jika masa sewanya habis, mereka harus mengikuti proses lelang lagi. 

Jadi perlu diketahui bahwa tempat slot untuk membangun proyek bukan tempat tetap dimana jika menang satu kali lelang akan bertahan selamanya. 

Mekanisme ini juga merupakan salah satu alasan mengapa proyek di ekosistem Polkadot masih sedikit, karena mekanisme ini walau membentuk kurasi yang baik untuk proyek yang memiliki niat baik, juga menjadi hal rumit yang menurunkan ketertarikan developer terhadapnya. 

Cara Partisipasi dalam Parachain Auction

Untuk mengikuti lelang di Relay Chain Polkadot, terdapat tiga cara yang bisa dilakukan, yaitu melalui bursa atau exchange tersentralisasi, melalui wallet dalam ekosistem Polkadot, dan melalui aplikasi terdesentralisasi resmi yang dibentuk oleh Polkadot. 

Jika melalui exchange tersentralisasi, dua exchange yang memberikan fitur ini adalah Binance dan Kraken, namun hanya untuk komunitas, karena pada aplikasi-aplikasi tersebut, partisipan Parachain adalah investor yang ikut memberi suara dan melakukan Crowdloan.

Caranya adalah dengan masuk ke aplikasi dan masuk ke fitur DOT Slot Auction melihat mana saja proyek tersedia untuk dibantu. 

Nantinya pengguna akan diminta untuk mengunci DOT demi mendapatkan imbalan dalam bentuk token dari proyek yang didukung. Caranya adalah menekan tulisan “Vote” seperti pada gambar di atas. 

Setelah partisipasi selesai, nantinya investor bisa mengambil token tersebut dengan mengunjungi halaman yang sama dan menekan tulisan “Redeem” seperti gambar di atas. 

Cara berikutnya adalah menggunakan Nova Wallet yang merupakan wallet terdesentralisasi di ekosistem Polkadot namun hanya dalam bentuk wallet smartphone dan bukan berbasis situs.

Jika ingin menggunakan wallet tersebut, menurut situs resmi panduan Polkadot, langkahnya sangat mudah, yaitu deposit DOT ke wallet tersebut dan kemudian masuk ke halaman vote.

Langkah berikutnya adalah memilih proyek mana yang ingin dibantu dalam crowdloan dan kemudian menekan gambar proyek tersebut.

Setelah masuk ke halaman proyek tersebut, langkah selanjutnya adalah menentukan berapa DOT yang ingin diberikan dalam kontribusi crowdloan dan memahami berapa lama waktu pengunciannya.

Terakhir jika semua sudah sesuai, langkah yang harus dilakukan adalah menekan konfirmasi dan otomatis DOT akan terkunci dalam crowdloan tersebut.

Apa bila ingin berpartisipasi langsung dalam lelang Parachain, langkah yang dilakukan agak lebih rumit, karena harus ada instalasi node di laptop atau komputer yang digunakan. 

Langkah pertama adalah melakukan instalasi node melalui Polkadot Node JS Extension dan mengikuti langkah yang tertera pada situs tersebut. 

Tersedia dua cara untuk instalasi yaitu melalui Chrome atau Firefox. Aplikasi ini akan berperan sebagai node yang menyambungkan developer atau investor yang ingin partisipasi crowdloan langsung di Relay Chain dengan aplikasi Polkadot.JS.

Jika instalasi sudah selesai, langkah berikutnya adalah masuk ke aplikasi Polkadot.JS dan memastikan bahwa sudah ada akun atau wallet yang nantinya tersambung. 

Jika sudah, langkah berikutnya adalah masuk ke halaman Parachain auction dan masuk ke halaman auctions untuk developer yang ingin ikut lelang, atau masuk ke bagian crowdloan untuk investor yang ingin partisipasi dalam lelang untuk proyek yang didukung. 

Jika mengikuti kolom auctions, langkah berikutnya hanya perlu menekan tulisan “bid” dan mengikuti langkah yang tertera jika sedang ada lelang yang berlangsung. Tapi jika mengikut crowdloan, langkah yang perlu dilakukan adalah menekan tulisan “add funds” dan kontribusi terhadap lelang yang sedang terjadi. 

Tombol “bid” dan “add funds” berada di bagian yang sama namun di halaman yang berbeda, karena keduanya ada di bagian pojok kanan atas. Sedangkan untuk kontribusi dalam crowdloan, investor bisa menekan tulisan “contribute” yang tertera di samping seluruh proyek yang ada. 

Untuk mengirimkan uang ke wallet yang tersambung dengan akun node tersebut, investor atau developer bisa mengirim layaknya ke wallet biasa yaitu bisa dari wallet lain di exchange tersentralisasi atau melalui wallet terdesentralisasi. 

Jika sudah langkah terakhir adalah menunggu hingga hasil diumumkan untuk mengetahui apakah mendapatkan tempat atau tidak dari lelang tersebut.

Mekanisme ini adalah mekanisme yang unik sehingga langka untuk ada di blockchain lain. Tapi mekanisme ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk developer membangun di Polkadot atau investor membeli DOT. 

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naufal

Naufal

Peneliti dan Investor di Industri Kripto, Blockchain, dan Web3

Artikel Lainnya :

Dapatkan Konten Premium dengan Join Membership