Sifat Deflasi dari Teknologi

deflasi teknologi

Pesan yang tidak konsisten di dunia keuangan dapat membuat siapa saja meragukan dirinya sendiri. Saatnya untuk menjauh sejenak dari keruntuhan perbankan dan kekhawatiran resesi dan melihat hutan dari pohon-pohonnya. Teknologi telah dan selalu akan mendorong peradaban maju.

Masa Lalu – Mengapa Teknologi Deflasi

Deflasi merupakan kebalikan dari inflasi. Deflasi adalah penurunan yang berkelanjutan pada harga rata-rata barang dan jasa. Secara tersendiri, ini berarti daya beli uang meningkat sehingga individu dapat membeli lebih banyak dengan jumlah uang yang sama. Di luar lingkup artikel ini untuk membahas mengapa deflasi merugikan kerangka ekonomi saat ini. Namun, sebagai generalisasi kasar, ekonomi yang didorong utang memerlukan sedikit inflasi untuk berfungsi. Deflasi dapat menyebabkan stagflasi ekonomi; beberapa berpendapat bahwa hal ini lebih buruk daripada resesi yang dalam.

Sekarang, mari kita bahas teknologi. Teknologi adalah sesuatu yang selalu memajukan peradaban. Roda adalah teknologi revolusioner pada zamannya. Demikian juga mesiu, kapal, jembatan, dan senjata. Teknologi telah meningkatkan interaksi manusia dengan lingkungannya, dan efisiensi meningkat dengan setiap iterasi dan kemajuan teknologi. Seiring dengan peningkatan produktivitas, biaya produksi turun, memungkinkan pengembangan barang dan jasa yang lebih banyak. Tanpa yang terakhir, dunia akan terjebak dalam lingkaran deflasi. Membebaskan sumber daya dan menurunkan biaya memungkinkan kecerdasan manusia untuk mengembangkan teknologi yang lebih baru dan lebih baik yang meningkatkan permintaan.

Dalam beberapa dekade terakhir, penggunaan teknologi untuk otomatisasi dalam melaksanakan operasi yang sebelumnya dilakukan oleh manusia secara drastis telah menurunkan biaya tenaga kerja dalam produksi. Otomatisasi yang sedang berlangsung telah menyebabkan deflasi harga dari banyak barang dan jasa dalam jangka panjang. Seiring dengan terus berkembangnya otomatisasi, produksi akan terus meningkat, dan biaya akan terus turun relatif terhadap nilai uang. Ini adalah hal yang banyak orang tidak mengerti. Mereka mendengar bahwa teknologi seharusnya deflasioner, tetapi harga telah naik. Yang tidak dapat mereka hitung adalah bahwa nilai uang mereka telah turun lebih cepat daripada tingkat deflasi, sehingga mereka perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli produk yang sama.

Saat Ini – Teknologi Hari Ini Adalah Sejarah Esok Hari

Telekomunikasi dan internet telah merevolusi cara kita bekerja dan bermain. Komunikasi yang lebih baik telah mengarah pada pelebaran dunia ekonomi dan penyebaran rantai pasok global. Hal ini telah membantu dalam globalisasi dunia dan perpindahan operasi dari ekonomi dengan biaya tenaga kerja tinggi ke pasar tenaga kerja murah. Bisnis dapat berkolaborasi dan berkomunikasi secara real-time dengan staf yang berlokasi di mana saja di dunia. Kendala geografis adalah hal yang telah berlalu. Hal ini mengakibatkan deflasi harga yang berkepanjangan di negara-negara maju sambil secara simultan membangkitkan banyak negara-negara berkembang dari kemiskinan.

Selain itu, internet telah memungkinkan berbagi informasi secara instan di seluruh dunia. Ini memicu penciptaan perangkat lunak yang mengubah dunia. Google, Meta, Amazon, dan yang lainnya telah memanfaatkan internet untuk membangun perusahaan terbesar dan paling menguntungkan di dunia. Internet tanpa ragu telah menyebabkan pertumbuhan eksponensial sektor jasa.

Masa Depan – Seberapa Baik Imajinasimu

Kecerdasan buatan (AI) adalah fase selanjutnya dalam kemajuan teknologi. Jika kita melompati ancaman apokaliptik dan fokus pada hal positif, AI akan memperkaya masyarakat dengan cara yang bahkan tidak dapat kita pahami dalam beberapa dekade mendatang. AI akan mengambil otomatisasi ke level berikutnya dengan menghilangkan kebutuhan tenaga kerja manusia pada tingkat eksponensial. Beberapa mengatakan bahwa laju perubahan akan terlalu cepat bagi dunia untuk menyesuaikan diri, dan pekerjaan akan hilang lebih cepat daripada yang dapat diciptakan. Yang lain berpendapat bahwa AI akan memungkinkan manusia untuk fokus pada kreativitas untuk memonetisasi dan menghasilkan uang dengan cara yang berbeda. Kita belum tahu seperti apa bentuk masa depan, tetapi kita tahu bahwa metode produksi yang ada akan berubah dan biaya akan turun. Otomatisasi akan meningkat dengan AI, mengarah pada akurasi manufaktur yang sempurna, pengurangan limbah, logistik yang dikemudikan sendiri, dan masih banyak lagi. AI akan menjadi sumber deflasi yang kuat dalam beberapa tahun mendatang.

Robotika akan berjalan seiring dengan AI. Banyak perusahaan di seluruh dunia berlomba-lomba untuk menciptakan robot fungsional. Tesla bahkan telah melompat ke masa depan ini. Di masa depan yang tidak terlalu jauh, robot dapat sepenuhnya menggantikan manusia untuk semua pekerjaan manual atau berbahaya. Drone dengan lengan robot dapat membersihkan jendela gedung pencakar langit, drone dapat memetik buah dari pohon sambil kendaraan yang dikendalikan sendiri menangkap dan mengangkut hasilnya, atau robot manusia dapat beroperasi sebagai pelayan di rumah kalian.

Energi adalah area besar berikutnya yang akan diubah. Ketika AI mengurangi biaya analisis data, pemodelan, dan penciptaan konsep, menemukan cara untuk meningkatkan produksi energi surya, hidrogen, termal, dan mekanisme produksi energi lainnya hanyalah masalah waktu. Biaya energi akan cenderung mendekati nol, sama seperti cara kita sekarang membayar untuk data internet yang kita gunakan tetapi tidak untuk panggilan telepon. Pikirkan dampak deflasi jika biaya energi cenderung mendekati nol.

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah blockchain. Itulah mengapa kita berada di ruang kripto. Sementara internet adalah cara yang sempurna untuk mendistribusikan data, blockchain adalah cara yang ideal untuk mendistribusikan nilai di seluruh internet. Nilai diukur dengan banyak cara, tetapi buku besar yang tidak dapat diubah membuka dunia dengan cara yang tidak dapat dikendalikan oleh pemerintah. Blockchain juga dapat bertindak sebagai lapisan dasar untuk AI, robotika, dan energi. Blockchain akan menjadi bagian dari paket teknologi yang menentukan masa depan karena penciptaan dan distribusi nilainya, ketidakubahannya, kecepatannya, penggunaan massalnya, dan keterhubungannya.

Apa Artinya Bagi Investor?

Jawabannya sederhana dan menantang. Jawaban sederhananya adalah mempelajari segala hal yang kalian bisa dan mengalokasikan sebagian dari portofolio kalian untuk teknologi baru yang kalian pahami. Dengan berada di komunitas Republik Rupiah, artinya kalian sudah memiliki investasi di blockchain. Bagian yang menantangnya adalah kalian tidak akan tahu proyek atau perusahaan mana yang akan berhasil. Oleh karena itu, lebih mudah untuk berinvestasi seperti seorang venture capitalist dan diversifikasi ke banyak peluang untuk teknologi baru. Secara bersamaan, kalian harus mengalokasikan ke portofolio yang lebih kecil dari perusahaan atau proyek yang telah mapan dan benar-benar mendominasi di bidangnya. S&P500 telah menunjukkan bahwa delapan saham teratas menyumbang sekitar seperempat dari nilai seluruh daftar 500 perusahaan. Ini adalah situasi pemenang mengambil segalanya. Pernyataan ini bukan untuk mendukung investasi ke perusahaan-perusahaan tersebut, tetapi jika kalian melakukannya, kalian harus memiliki alasan yang valid mengapa perusahaan sebesar itu dapat terus tumbuh lebih cepat daripada pengurangan nilai uang. Misalnya, Tesla sedang bekerja pada mobil dan truk self-driving, robotika, dan energi. Jika kalian percaya mereka memiliki peluang lebih baik daripada kebanyakan perusahaan dalam memenangkan sebagian besar dari ketiga segmen tersebut, maka saham tersebut bisa naik lebih tinggi meskipun memiliki kapitalisasi pasar yang besar.

Ada segmen teknologi lain yang akan mengubah masa depan, termasuk perjalanan antariksa dan penyuntingan gen. Hal terbaik yang dapat kalian lakukan adalah meneliti secara mendalam ke segmen yang kalian minati. Ini adalah satu-satunya cara untuk menggali cukup dalam dan menjadi ahli di bidang tersebut.

Seperti semua teknologi, melakukan investasi untuk masa depan adalah cara untuk meraih keuntungan yang dapat mengubah hidup kalian. Kalian masih dapat berhasil dengan melakukan investasi pada perusahaan yang lebih aman dan telah mapan, tetapi risiko dan imbal hasil yang kalian peroleh akan sangat berbeda. Fokus pada gambaran besar dan abaikan kebisingan yang tidak perlu.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Picture of Musa Andy

Musa Andy

Seorang investor kripto yang hobi menonton drama kripto

Artikel Lainnya :

Dapatkan Konten Premium dengan Join Membership