Kekhawatiran Mengenai CEX & Pelajaran Mengenai Penyimpanan Mandiri

penyimpanan mandiri

Binance terus menghadapi tekanan regulasi terkait tuduhan baru oleh SEC. Kami akan membahas mengapa penyimpanan mandiri tetap menjadi hal yang paling penting, kemungkinan Binance akan memicu penurunan pasar secara lebih luas, dan kekhawatiran lain yang tersembunyi di depan mata.

Disclaimer: Ini bukanlah nasihat hukum mengenai kasus-kasus yang ada saat ini, melainkan upaya untuk memberikan konteks dan pemahaman lebih lanjut mengenai tindakan penegakan hukum terbaru yang mempengaruhi industri ini.

Merekap Tuduhan Terbaru Binance

David telah memposting ringkasan tentang situasi tersebut Selasa kemarin, jadi untuk latar belakang lebih lengkapnya, silakan lihat postingannya.

Namun, secara singkat, ada 3 masalah utama di sini:

  1. Binance dituduh secara sadar menjual sekuritas melalui Binance AS.
  2. Kemungkinan pencampuran dana-dana pelanggan (termasuk ke entitas yang dimiliki oleh CEO CZ).
  3. Kurangnya kontrol dan kepatuhan yang tepat.

Meskipun ini tidak terlalu mengejutkan – akhir tahun lalu, kami menyarankan untuk berhati-hati dengan bursa pertukaran yang tersisa, dengan fokus pada Binance.

Penyimpanan Mandiri Semakin Populer karena Penarikan Meningkat

Binance melihat peningkatan yang cukup signifikan dalam penarikan (~$1,5M) dalam beberapa hari terakhir.

Total aset dan aliran masuk USD Binance (Sumber: DefiLlama)

Meskipun tinggi, jumlah ini masih merupakan persentase kecil dari total aset kripto yang dinyatakan oleh Binance secara on-chain dan tidak mencapai level tertinggi sepanjang masa.

Jelas banyak orang memiliki ide yang sama – mengamankan kripto kalian di tangan kalian sendiri.

Hari ini Binance, tetapi bisa saja menjadi bursa pertukaran lainnya besok, jadi hal yang paling penting yang dapat kalian lakukan adalah mengamankan kripto kalian di penyimpanan kalian sendiri secara mandiri.

Dasar-dasar penyimpanan mandiri

Namun, ingatlah bahwa ada juga risiko dalam penyimpanan mandiri, seperti:

  • Mengirimkannya ke alamat yang salah.
  • Tidak menyimpan frasa pemulihan dengan baik.
  • Memiliki standar keamanan yang buruk.

Untuk alasan ini, kami sangat mendorong kalian untuk mengunjungi Pusat Keamanan kami dan memikirkan tentang 5 langkah penting untuk melakukan penyimpanan mandiri dengan baik.

  1. Jangan pernah membagikan frasa pemulihan kalian secara online dan simpanlah secara fisik
  2. Gunakan dompet hardware dan simpan sebagian besar aset kripto di sana
  3. Aktifkan 2FA di semua akun keuangan dan sosial yang penting
  4. Periksa kembali rincian transfer kalian dan lakukan percobaan transaksi khusus untuk alamat-alamat baru
  5. Lakukan uji coba untuk memastikan penyimpanan kripto kalian berfungsi

Hal terburuk adalah mengirimkan aset kripto dalam kepanikan dan menemukan bahwa kalian telah membuat kesalahan kritis.

Ke Mana Arahnya?

Ada beberapa kemungkinan hasil yang dapat kita pikirkan dari kejadian Binance dan SEC ini – karena lebih baik mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang ada mengingat keruntuhan FTX tahun lalu.

Paling ekstrem (paling pesimis): Tuduhan kriminal terhadap CZ dan eksekutif Binance menyusul, dengan penarikan dana meningkat hingga mereka dihentikan, yang berpotensi memicu kehilangan kepercayaan yang lebih besar dan keruntuhan serupa FTX.

Di tengah-tengah (netral): Ada lebih banyak tuduhan terhadap Binance, tetapi mereka dapat membatasi arus keluar penarikan dana.

Yang terbaik (paling optimis): Tidak ada tuduhan kriminal terhadap Binance, penarikan dana tidak dijeda, dan penyelesaian tercapai.

Apakah ini situasi yang sama seperti FTX?

Sulit untuk dikatakan, tetapi ada kemiripan, dengan SEC menuduh Binance menggabungkan dana nasabah dengan dana perusahaan dan kurangnya pemisahan antara Binance dan perusahaan perdagangan milik CEO CZ. Perbedaan antara FTX dan Binance adalah Binance telah mendeklarasikan dompet secara on-chain (yang tidak dilakukan oleh FTX).

Masalah terbesarnya menjadi apakah akan diajukan tuduhan kriminal. Jika hal ini terjadi, kami khawatir tentang penarikan dana, efek domino pada pasar, dan mereka yang mengandalkan Binance untuk penyimpanan dan likuiditas.

Isu Lebih Luas di Pasar

Tindakan keras semakin meluas dengan SEC menuntut Coinbase—dampak yang terjadi

Kita menginginkan kejelasan regulasi, dan sekarang kita mendapatkannya melalui penegakan hukum. Satu hari setelah menuntut Binance, SEC melakukan hal yang sama terhadap Coinbase pada hari Selasa kemarin.

BinanceCoinbase
SOLSOL
ADAADA
MATICMATIC
FILFIL
AXSAXS
SANDSAND
MANADASH
ALGOICP
ATOMCHZ
COTINEAR
VGX
NEXO
Aset kripto yang disebutkan SEC sebagai sekuritas

Kemungkinan implikasinya sangat besar, karena likuiditas altcoin sekarang bisa terancam jika bursa atau layanan perdagangan lain mulai menghapus altcoin. Aplikasi perdagangan ritel Robinhood sudah mempertimbangkan penghapusan. (Setelah SEC menggugat Ripple Labs pada Desember 2020, beberapa bursa menghapus XRP. Kasus ini masih berlangsung.)

Hari ini Binance, tapi siapa selanjutnya?

Industri ini berkembang pesat selama tahun 2021, dengan banyak bursa kripto menandatangani kesepakatan sponsor senilai jutaan dolar atau, dalam kasus crypto.com, menandatangani kesepakatan hak penamaan stadion senilai $700 juta.

Namun, volume perdagangan stagnan pada level terendah dalam beberapa tahun, merugikan pendapatan yang diperoleh dari biaya perdagangan—salah satu cara utama bursa kripto menghasilkan uang. Pertanyaannya adalah, berapa lama lagi mereka dapat bertahan dengan pukulan terhadap pendapatan yang seperti ini?

Rata-rata pergerakan 7 hari dari volume pertukaran harian sejak 2017 (Sumber: The Block)
Rata-rata pergerakan 7 hari dari volume pertukaran harian sejak 2017 (Sumber: The Block)

Apakah pilar industri sedang dalam masalah?

Digital Currency Group (DCG) kehilangan $1,1 miliar pada tahun 2022 dan berhutang $600 juta – $1 miliar kepada Gemini dan pemberi pinjaman Genesis yang sudah bangkrut. DCG dianggap akan bisa bertahan dari krisis ini, tetapi jika DCG mengalami kebangkrutan, ini dapat menimbulkan kekhawatiran jangka pendek lebih banyak bagi pasar.

Apa Artinya Ini Untuk Bitcoin dan Ethereum?

Berita buruk lainnya dapat menempatkan tekanan jangka pendek pada reli baru-baru ini menuju $30K.

ETH, untuk saat ini, belum termasuk dalam tindakan penegakan hukum ini, meskipun ETH ditarik dari bursa pertukaran dengan tingkat yang lebih tinggi daripada BTC. ETH juga menarik perhatian SEC karena perubahannya menjadi proof of stake (PoS).

Bagi kita, pemenang besarnya di sini adalah Bitcoin. Kami telah membuat hipotesis dalam artikel sebelumnya bahwa serangan regulasi yang tidak dapat dihindari akan datang, dan Bitcoin adalah salah satu dari sedikit aset kripto dengan kejelasan dan kepastian di pasar.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Musa Andy

Musa Andy

Seorang investor kripto yang hobi menonton drama kripto

Artikel Lainnya :

Dapatkan Konten Premium dengan Join Membership