Bittensor Diserang! Token TAO Turun Lebih dari 16%

Bittensor (TAO): Internet Netral Pendukung AI Pertama di Dunia

Bittensor, sebuah platform untuk para developer Artificial Intelligence (AI) terdesentralisasi menyewa daya komputasi, saat ini sedang menghadapi serangan besar melalui pereasan. 

Para developer dan tim keamanan saat ini masih berusaha keras mengatasi masalah ini dengan menghentikan sementara semua transaksi di jaringan tersebut untuk mengurangi risiko peretasan yang lebih besar.

Serangan terhadap Wallet Bittensor

Dalam tiga jam terakhir, tim Bittensor melaporkan adanya serangan terhadap sejumlah wallet di platform mereka. 

Pengumuman ini dibuat oleh moderator komunitas, yang dikenal dengan nama “const,” melalui pesan di Channel Discord resmi mereka. 

Ia menyatakan, “Kami sedang menyelidiki apa yang tampaknya merupakan serangan terhadap sejumlah wallet Bittensor dalam tiga jam terakhir,”. Sebagai langkah pencegahan, transaksi di jaringan Bittensor telah dihentikan sepenuhnya hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Jacob Robert Steeves, salah satu pendiri Bittensor, mengonfirmasi bahwa jaringan telah dihentikan sementara untuk menyelidiki situasi ini lebih lanjut. 

Sayangnya, Opentensor Foundation, organisasi di balik protokol Bittensor, hingga saat ini belum merilis pernyataan resmi mengenai insiden ini. Serangan ini menunjukkan tantangan yang dihadapi oleh platform terdesentralisasi dalam menjaga keamanan sistem mereka.

Tim developer dan keamanan Bittensor hingga saat ini masih bekerja sama dengan tim keamanan untuk mendiagnosis dan mengatasi serangan ini. 

Sebuah pernyataan dari Neural Bond Connery, anggota tim Bittensor, memberi pertanda bahwa beberapa validator TAO telah diretas dan jaringan telah dihentikan untuk penyelidikan lebih lanjut. Jaringan saat ini di firewall untuk mencegah penyebaran serangan lebih lanjut, dan transfer telah diblokir sementara.

Opentensor Foundation sedang mempersiapkan pembaruan untuk mengaktifkan mode aman, dengan tujuan mengisolasi validator yang terkena dampak dan meminimalkan risiko bagi pengguna lain. 

Meskipun langkah-langkah ini diambil untuk melindungi jaringan, komunitas Bittensor diharapkan tetap waspada dan menunggu informasi lebih lanjut dari tim developer.

Bittensor adalah platform yang menggunakan teknologi blockchain untuk mendukung pengembangan dan pertukaran model Artificial Intelligence secara terdesentralisasi. 

Platform ini memungkinkan para pengguna untuk berkontribusi dalam pelatihan AI dengan memberikan sumber daya komputasi dan data, yang kemudian diberi imbalan dalam bentuk token TAO.

Platform Bittensor didasarkan pada prinsip bahwa model Artificial Intelligence terbaik harus dibangun secara kolaboratif, dengan kontribusi dari berbagai sumber yang berbeda. Ini berbeda dengan pendekatan tradisional yang biasanya dilakukan oleh perusahaan besar dengan sumber daya yang terpusat. 

Dengan desentralisasi, Bittensor berharap dapat mempercepat inovasi dan memastikan bahwa hasil dari pengembangan AI dapat diakses oleh semua pihak yang berkontribusi.

Untuk memastikan bahwa jaringan tetap aman, Bittensor menggunakan mekanisme konsensus yang mirip dengan yang digunakan oleh blockchain lainnya. 

Validator di jaringan Bittensor bertanggung jawab untuk memverifikasi transaksi dan memastikan bahwa model AI yang dikembangkan sesuai dengan standar yang ditetapkan. 

Namun, serangan baru-baru ini menunjukkan bahwa masih ada celah keamanan yang perlu ditangani untuk melindungi integritas jaringan.

Penurunan Nilai Token TAO

Kabar mengenai serangan ini telah menyebabkan penurunan signifikan pada nilai token TAO. Berdasarkan data dari CoinGecko, token TAO mengalami penurunan lebih dari 16% dalam 24 jam terakhir. 

Penurunan ini mencerminkan kekhawatiran para investor dan pengguna platform terhadap keamanan jaringan Bittensor.

Kabar baiknya, kabar negatif ini masih belum tersebar secara luas sehingga sentimen negatif ini masih belum tersebar secara menyeluruh.

Ditambah lagi, untuk saat ini, walau TAO sudah bergerak turun sekitar 16% saat ini belum banyak obrolan lanjutan terkait kabar peretasan ini, sehingga ada kemungkinan TAO masih bisa bergerak naik untukpulih.

Semua anggota komunitas hingga saat ini masih belum terlalu mempermasalahkan, walau tetap ada beberapa yang kecewa terhadap insiden ini. 

Dengan adanya serangan ini, banyak pihak mulai meragukan keamanan dan stabilitas jaringan, yang pada akhirnya mempengaruhi nilai token di pasar.

Tapi, secara menyeluruh untuk saat ini Bittensor masih mendapatkan dukungan dari para holder setianya, sehingga setelah peretasan ini berakhir, ada kemungkinan banyak whale yang akan memanfaatkan potensi apresiasi harganya. 

Pergerakan ini adalah hal yang sering terjadi karena mayoritas whale nantinya akan memanfaatkan pemulihan jaringan untuk membeli setelah harga turun. 

Pergerakan ini sudah mulai terlihat karena secara kontan, saat ini harga TAO sedang bergerak naik kembali setelah koreksi besar ini. 

Kesimpulan

Insiden ini menjadi pengingat bagi semua platform terdesentralisasi untuk terus memperkuat keamanan dan memastikan integritas sistem mereka. 

Serangan terhadap Bittensor dan penurunan nilai token TAO lebih dari 16% menunjukkan betapa rentannya jaringan blockchain terhadap ancaman keamanan. 

Para pengguna diharapkan tetap waspada dan mengikuti perkembangan situasi melalui Channel Discord resmi Bittensor. Kami akan terus memantau situasi ini dan memberikan pembaruan lebih lanjut jika ada informasi baru yang tersedia.

Dengan demikian, penting bagi komunitas Bittensor untuk bersatu dan mendukung upaya tim developer dalam mengatasi masalah ini. Selain itu, pembelajaran dari insiden ini dapat digunakan untuk memperkuat keamanan jaringan di masa depan dan mencegah terjadinya serangan serupa.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *