Kabar Terbaru ETF Spot Solana: Perizinan VanEck dan 21Shares, serta Kaitannya dengan Pemilu Amerika Serikat 

Volume DEX Solana Menurun: Tanda Bahaya untuk SOL?

VanEck, salah satu perusahaan manajemen investasi terbesar di dunia, baru saja mendapatkan perizinan untuk meluncurkan ETF Spot Solana. 

Kabar ini merupakan perkembangan penting dalam dunia kripto dan pasar keuangan global secara menyeluruh. 

Tidak hanya VanEck, 21Shares juga mendapatkan perizinan beberapa hari setelahnya. Namun, yang menarik adalah pernyataan dari kepala riset VanEck, 

Matthew Sigel, yang menyatakan bahwa persetujuan ETF ini mungkin bergantung pada hasil pemilu AS, khususnya kemenangan Donald Trump.

Perizinan dari VanEck dan 21Shares

VanEck telah lama dikenal sebagai pionir dalam dunia investasi ETF dan kini mereka melangkah lebih jauh dengan ETF Spot Solana. Langkah ini diikuti oleh 21Shares yang juga mendapatkan perizinan serupa. 

https://twitter.com/Ashcryptoreal/status/1806727431593562240

Ikut sertanya 21Shares dalam mengajukan perizinan terkait perdgangan ETF Spot Solana menjadi langkah besar, karena berarti memberi konfirmasi bahwa tidak hanya satu perusahaan saja yang tertarik dengan ETF Spot Solana, sehingga memberi pertanda bahwa mayoritas perusahaan keuangan ini sedang merencanakan hal yang sama. 

Kedua perusahaan ini melihat potensi besar dalam Solana, sebuah platform blockchain yang dikenal karena kecepatan transaksi dan skalabilitasnya. 

Jika nantinya disetujui, dengan adanya ETF Spot Solana, investor kini memiliki cara baru untuk berinvestasi dalam kripto tanpa harus langsung membeli aset digital tersebut.

Kondisi ini dapat meningkatkan volume transaksi Solana secara menyeluruh, layaknya yang terjadi pada Bitcoin, karena meberikan akses legal bagi volume institusi untuk masuk ke Solana setelah sebelumnya terhalang oleh regulasi. 

Ditambah lagi, jika disetujui, kabar ini akan menjadi penguat fakta bahwa regulasi Amerika Serikat akan mulai berubah dari sebelumnya menghambat pertumbuhan kripto menjadi mendukung. 

Dalam pembahasan persetujuan ETF ini, Matthew Sigel, kepala riset VanEck, memberikan pandangan tersendiri terkait kaitan atara ETF Spot Solana dengan Pemilu Amerika Serikat. 

Ia mengungkapkan bahwa ETF Spot Solana hanya akan dapat disetujui jika Donald Trump terpilih kembali sebagai presiden. 

Menurut Sigel, kebijakan Trump yang lebih ramah terhadap kripto dan teknologi baru dapat membuka jalan bagi persetujuan ETF ini. Pernyatan ini menambah pandangan baru terhadap kondisi politik dan dampaknya terhadap pasar kripto dan investasi ETF.

Pengaruh Politik terhadap Pasar ETF dan kripto

Pernyataan Matthew Sigel menyoroti betapa kuatnya pengaruh politik terhadap pasar keuangan dan teknologi. 

Jika benar persetujuan ETF Spot Solana bergantung pada hasil pemilu, maka investor harus memperhatikan perkembangan politik di AS dengan seksama. 

Pernyataan ini merupakan lanjutan dari analis ETF lainnya bernama James Seyffart, seorang analis ternama dari Bloomberg yang fokus membahas ETF. 

Menurutnya ETF altcoins secara menyeluruh baru akan dapat disetujui jika Donald Trump menjadi presiden, mengingat narasi positif yang sering diucapkan saat kampanye dan telah kecawanya masyarakat terhadap kepemimpinan Biden dalam merangkai regulasi kripto. 

Terpilihnya Donald Trump dapat membawa perubahan signifikan dalam regulasi kripto yang mungkin lebih mendukung inovasi dan pertumbuhan pasar.

Namun, ada juga risiko yang perlu diperhatikan. Kebijakan Trump yang kadang kontroversial dapat mempengaruhi stabilitas pasar. 

Investor perlu mempertimbangkan baik-baik risiko dan peluang yang ada. ETF Spot Solana sendiri menawarkan peluang investasi yang menarik dengan eksposur ke salah satu platform blockchain terkemuka, tetapi keputusan investasi harus dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk dinamika politik.

Secara menyeluruh, Perkembangan ETF Spot Solana menunjukkan betapa cepatnya evolusi dunia investasi kripto. 

Dengan perizinan dari VanEck dan 21Shares, investor kini memiliki opsi baru yang menarik. Namun, pernyataan dari Matthew Sigel menambah elemen politik yang tidak bisa diabaikan. 

Pemilu Amerika Serikat dan kebijakan yang diambil oleh pemimpin terpilih dapat memiliki dampak besar terhadap persetujuan dan masa depan ETF ini. Oleh karena itu, investor harus tetap waspada dan terus memantau perkembangan politik yang dapat mempengaruhi investasi mereka.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *