Changpeng Zhao Resmi Dihukum! Mulai Dipenjara Februari 2024

Changpeng Zhao Resmi Dihukum! Mulai Dipenjara Februari 2024

Changpeng Zhao atau yang lebih ramah dikenal dengan CZ di dunia kripto, dikabarkan akan resmi melaksanakan hukumannya di penjara mulai dari Februari 2024. 

Pengumuman resmi ini dilaksanakan setelah hakim pengadilan mengeluarkan surat pernyataan penerimaan pengakuan kesalahan CZ pada 6 Desember 2023. 

CZ Resmi Dipenjara

Setelah mengaku melanggar hukum undang-undang anti pencucian uang, CZ akhirnya mendapatkan kabar kepastian terkait hukumannya. 

Kepastian ini muncul setelah hakim pengadilan kasusnya dari Pengadilan Seattle, bernama Hakim Richard Jones, membuat publikasi surat terbuka terkait penerimaan pengakuan kesalahan CZ. 

Dalam surat tersebut, terdapat pernyataan terkait peresmian sidang terakhir sebelum CZ dipenjara, dimana salah satu poin utama yang akan dibahas adalah perizinan CZ untuk keluar Amerika sebelum dipenjara. 

Saat ini CZ sedang berada di Amerika dan dihukum di rumahnya setelah membayar jaminan sebesar $175 Juta untuk tidak ditahan di penjara hingga hukuman aslinya dilaksanakan. 

Dalam masa menunggu ini masih rancu apakah CZ boleh keluar negeri atau tidak, dan dalam sidang yang akan dilaksanakan nantinya, akan dibahas terkait perizinan ini. 

Selain itu, poin yang akan dibahas adalah masa hukuman CZ yang dikabarkan akan mulai dilaksanakan pada 23 Februari 2023. 

Saat ini masa tahanan masih ditetapkan pada 18 Bulan atau satu setengah tahun yang merupakan waktu singkat terkait kasus pencucian uang di Amerika. 

Kemungkinan keringanan ini datang setelah Binance resmi membayar denda sebesar $4,3 Miliar dan CZ secara pribadi membayar denda hukuman kepada pemerintah Amerika sebesar $50 Juta hingga $150 Juta. 

Persetujuan lainnya yang kemungkinan membuat masa tahanannya pendek adalah keinginan CZ untuk mengundurkan diri dari jabatannya sehingga mempermudah seluruh proses penindaklanjutan pelanggaran hukum. 

Jadi untuk saat ini hukuman terhadap CZ masih belum memiliki kemungkinan untuk berubah, kecuali secara mendadak CZ memutuskan untuk kabur. 

Masa Depan Binance

Terkait masa depan Binance, nampaknya semua masih berjalan dengan lancar karena Binance masih menduduki peringkat pertama dalam volume transaksi dibandingkan dengan exchange atau platform perdagangan kripto lainnya. 

Dari sisi pasar spot dan derivatif, saat ini Binance masih menduduki peringkat pertama dengan perbedaan yang relatif jauh dengan para kompetitornya.

Dapat dilihat bahwa perbedaannya relatif terlihat jauh dimana dalam pasar spot, Binance mengungguli mayoritas exchange dalam volume transaksi hingga hampir tiga kali lipat lebih tinggi.

Sedangkan di pasar derivatif, lebih tepatnya pasar futures, Binance mengungguli kompetitornya hampir dua kali lipat bahkan lebih jika dibandingkan dengan exchange yang lebih rendah.

Kondisi ini dapat membuktikan bahwa dominasi Binance di kalangan investor dan trader kripto masih sangat tinggi walau banyak kasus yang terjadi.

Selain itu, kondisi ini juga membuktikan bahwa apa yang terjadi kepada Binance sangat berbeda dengan apa yang terjadi kepada FTX. 

Ditambah lagi, melihat likuiditas Binance yang masih tinggi, terbukti bahwa pengelolaan keuangan Binance masih jauh lebih aman dan lebih baik, karena saat terjadi bank run atau penarikan dana secara masal, Binance tidak mengalami kekurangan likuiditas, tidak seperti FTX. 

Saat ini Binance juga sudah memiliki CEO baru bernama Richard Teng, yang terlihat sudah aktif  dan menegaskan dirinya sebagai sosok baru yang akan memimpin Binance dan melanjutkan mimpi dari para pendirinya. 

Ia telah membuat publikasi resmi terkait apa saja yang ingin dilakukan ke depan bersama Binance, sehingga nampaknya Binance akan terus bertahan dalam jangka panjang dan tidak akan terimbas signifikan oleh hukuman yang menimpa CZ. 

Kedepannya Binance juga berjanji untuk mengutamakan keamanan dana investor dan kepatuhan terhadap regulasi. Dengan CEO baru, ada kemungkinan pemerintah akan lebih ramah terhadap Binance sehingga masa depannya lebih cerah. 

Untuk CZ sendiri, nampaknya saat ini masa depan yang paling jelas adalah menjalani hukuman penjara demi menjaga keberlangsungan exchangenya agar tidak ada denda tambahan atau sentimen negatif lainnya terhadap Binance.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *