Circle Hentikan USDC di Blockchain Tron, Apa Alasannya?

Circle Hentikan USDC di Blockchain Tron, Apa Alasannya?

Circle, perusahaan yang menciptakan USDC dan stablecoin dengan huruf belakang C lainnya seperti EURC, telah mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan penyediaan USDC di Blockchain Tron (TRX).

Tujuan di balik rencana ini masih tidak dipublikasi secara resmi, tetapi berspekulasi berdasarkan cuitan Twitter (X) dan publikasi di artikel resminya, Circle menghentikan USDC di Blockchain Tron untuk meningkatkan transparansi dan mematuhi pemerintah. 

Circle Hentikan Perputaran USDC di Blockchain Tron 

Pengumuman tersebut resmi dipublikasikan dengan pernyataan bahwa mereka akan menghentikan penyediaan layanan terkait USDC dan semua stablecoin mereka di Blockchain Tron, efektif segera.

Tapi, setelah publikasi tersebut, Circle juga menyatakan bahwa sebagian besar transaksi dan penarikan USDC menggunakan layanan Circle Mint masih akan berlanjut hingga Februari 2025.

Ini berarti pengguna yang masih menyimpan USDC di Blockchain Tron melalui DApps dan layanan sentralisasi atau desentralisasi lainnya masih dapat menukarkan dan menarik USDC mereka dari Blockchain Tron atau memindahkannya ke blockchain lain.

Circle Mint adalah layanan yang memungkinkan perusahaan dan proyek mencetak USDC di semua blockchain dengan mudah sehingga sebagian besar perusahaan dan proyek mengandalkan layanan ini untuk menyediakan USDC bagi pengguna produk mereka.

Jadi, meskipun Circle mengatakan bahwa mereka akan menghentikan USD di Tron segera, penghentian USDC tidak akan terjadi sekaligus, tetapi akan dilakukan secara bertahap sehingga tidak ada pengguna yang mengalami kehilangan uang secara tiba-tiba.

Sebagian besar investor mengira bahwa penghentian ini adalah langkah yang tiba-tiba yang menandakan bahwa Circle saat ini sedang berurusan dengan pemerintah, menunjukkan potensi masalah regulasi bagi perusahaan tersebut.

Beberapa juga berspekulasi bahwa langkah ini menunjukkan bahwa Tron saat ini mengalami masalah dengan pemerintah atau dengan timnya sendiri.

Meningkatkan Transparansi Menjelang IPO

Spekulasi tersebut tidak sepenuhnya salah, karena Tron dan Circle saat ini sedang berurusan dengan pemerintah, Namun urusan yang sedang dibahas bukan terkait permasalahan regulasi.

Circle saat ini sedang mempersiapkan IPO atau Penawaran Saham Perdana perusahaan mereka, di mana mereka berencana untuk mengumpulkan modal dengan valuasi sebesar $97,5 miliar berdasarkan kapitalisasi pasar mereka dari produknya di kripto saat ini.

IPO tersebut diajukan bulan lalu yang menciptakan sentimen positif bagi sebagian besar investor, karena spekulasi meningkatnya adopsi kripto yang lebih tinggi di Amerika dengan IPO Circle.

Untuk melakukan IPO di Amerika, Circle harus mematuhi setiap aspek regulasi, termasuk menjadi transparan dan menghindari risiko yang tidak perlu dengan mitra-mitranya.

Mengingat ketatnya regulasi di sekitar perusahaan terkait kripto di Amerika, Circle saat ini sedang berusaha keras untuk membuat IPO menjadi mungkin.

Salah satu tantangan yang harus mereka hadapi adalah memutus hubungan dengan mitra yang menyebabkan risiko masalah regulasi, dan mengubah beberapa hal terkait cara mereka beroperasi.

Ini termasuk memutuskan hubungan dengan Blockchain Tron yang telah dituduh melakukan beberapa hal yang membuat mereka tidak sesuai dengan pandangan regulator, terutama di Amerika.

Tidak lama yang lalu, Justin Sun, dan perusahaannya termasuk Tron, telah menerima gugatan dari SEC atau Securities and Exchange Commission, salah satu lembaga regulator yang mengawasi aktivitas keuangan di Amerika.

Gugatan tersebut mungkin menjadi salah satu motif di balik penghentian USDC dan stablecoin lainnya di Blockchain Tron, sehingga Circle dapat lebih patuh, sehingga menciptakan landasan yang lebih baik untuk IPO.

Meskipun berita ini telah menimbulkan beberapa spekulasi, dapat dikonfirmasi bahwa USDC saat ini masih patuh dan beroperasi dengan baik tanpa ada petunjuk potensial gagal.

Circle kemungkinan akan membuat pernyataan lain untuk menenangkan publik mengenai situasi ini, tetapi hingga saat ini, semuanya masih beroperasi seperti biasa selain dari semua stablecoin yang meninggalkan Blockchain Tron.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *