Pembaruan Ethereum Diprediksi Terjadi 13 Maret 2024! Apa Saja Inovasinya?

Pembaruan Ethereum Diprediksi Terjadi 13 Maret 2024! Apa Saja Inovasinya?

Salah satu developer inti Blockchain Ethereum telah membuat cuitan di Twitter (X) terkait kapan prediksi peluncuran pembaruan Dencun akan dilaksanakan. 

Pembaruan yang akan memperkenalkan mekanisme Blobs dan Proto-Danksharding ini diprediksi akan meningkatkan kecepatan Ethereum hingga 100.000 transaksi per detik dengan adanya peningkatan kualitas kerja sama antara Ethereum dengan para blockchain lapisan keduanya. 

Pembaruan Ethereum 13 Maret 

Cuitan ini dipublikasi oleh akun Twitter bernama timbeiko.eth yang menyatakan bahwa pembaruan Dencun akan dilaksanakan pada slot 8626176.

Jika dihitung secara manual dari kondisi Blockchain Ethereum saat ini, pembaruan tersebut diprediksi akan terjadi pada 13 Maret 2024. 

Salah satu hal utama yang digarisbawahi adalah implementasi mekanisme Blobs yang merupakan bagian dari mekanisme baru yang diperkenalkan melalui EIP-4844.

Blobs merupakan bagian dari inovasi baru bernama Proto-Danksharding yang diprediksi akan membantu Ethereum meningkatkan kecepatan transaksinya hingga 100.000 transaksi per detik. 

Kecepatan transaksi tersebut didapatkan melalui kerja sama dengan blockchain lapisan keduanya seperti Arbitrum dan Polygon karena adanya mekanisme komunikasi baru yang diperkenalkan melalui pembaruan ini. 

Nantinya melalui pengenalan Blobs, komunikasi antara Ethereum dengan blockchain lapisan keduanya menjadi lebih efisien karena ada perubahan dalam mekanisme pengiriman dan penyimpanan data. 

Pada saat ini, sebelum pembaruan diperkenalkan, jika transaksi di Blockchain Ethereum butuh bantuan dari blockchain lapisan kedua, data dari transaksi tersebut akan dikirim dari Ethereum ke lapisan keduanya satu per satu. 

Selain itu setelah divalidasi oleh blockchain lapisan kedua, nantinya data tersebut akan tersimpan selamanya di blockchain tersebut dan akan tersimpan juga di Ethereum. 

Mekanisme tersebut memaksa blockchain lapisan kedua untuk menerima data dalam tempo kecepatan yang lebih lama dan memaksa blockchain lapisan kedua untuk memiliki tempat penyimpanan data yang lebih luas.

Hasilnya karena adanya upaya yang lebih tinggi dari sisi pemindahan data dan penyimpanan data, biaya transaksi menjadi lebih tinggi dari jika transaksi tersebut hanya bergerak dan berasal dari blockchain lapisan kedua itu sendiri. 

Melalui Blobs, nantinya perpindahan data ini akan dikelompokan sehingga pengiriman data dari Ethereum ke blockchain lapisan keduanya dilakukan dalam pengelompokan besar, mempercepat proses validasi transaksi di Ethereum karena bisa dikirim secara bersamaan dibandingkan menunggu satu per satu. 

Ditambah lagi, dengan adanya mekanisme Blobs, blockchain lapisan kedua hanya perlu menyimpan data transaksi Ethereum dalam jangka waktu pendek hingga validasi selesai. 

Jadi blockchain lapisan kedua tersebut tidak membutuhkan ruang penyimpanan lebih karena setelah validasi transaksi data bisa dihapus dan data hanya akan tersimpan di Ethereum. 

Data tersebut hanya akan tersimpan selama satu hingga tiga bulan saja sehingga meminimalisir kebutuhan untuk ruang penyimpanan yang besar. 

Hasilnya adalah kecepatan transaksi yang lebih tinggi serta biaya transaksi yang lebih rendah, karena data tidak harus antri satu per satu dan biaya ruang penyimpanan menjadi turun.

Uji Coba Sukses 

Pembaruan ini sudah melewati dua tahap uji coba yaitu pada jaringan uji coba Sepoila dan pada jaringan uji coba Holesky. 

Para developer Ethereum juga telah melakukan uji coba awal pada jaringan uji coba Goerli di pertengahan Januari 2024, sehingga secara menyeluruh pembaruan ini sudah siap untuk diimplementasikan

https://twitter.com/abcoathup/status/1752466849143615567

Menurut data yang beredar, uji coba pada Sepoila sudah dilaksanakan pada 31 Januari 2024 dan mengalami kesuksesan karena sudah ada beberapa client Ethereum seperti Nethermind, yang berpartisipasi dalam uji coba tersebut. 

https://twitter.com/NethermindEth/status/1755194252999413859

Uji coba tersebut juga sudah dilaksanakan pada 7 Februari di jaringan uji coba Holesky yang membuat secara menyeluruh uji coba telah dilaksanakan di seluruh jaringan uji coba Ethereum yang ada. 

Untuk saat ini belum ada konfirmasi resmi lagi terkait kapan peluncuran tersebut akan dilaksanakan dari sisi waktunya. 

Namun jika benar terjadi pada slot 8626176 dan berhasil mengimplementasikan hasil sesuai janji yaitu 100.000 transaksi per detik, ada kemungkinan Ethereum bisa berjaya mengalahkan mayoritas blockchain generasi ketiga yang memiliki kecepatan maksimal di bawah kecepatan tersebut. 

Mayoritas alur dana dan aktivitas di dunia kripto bisa kembali lagi ke Ethereum, karena dengan pembaruan ini, tidak hanya transaksi di Ethereum bisa menjadi lebih nyaman, namun bisa menjadi lebih inklusif, tidak hanya untuk investor dengan dana besar, namun juga dengan dana kecil karena menurunnya biaya transaksi. 

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *