Departemen Keuangan AS Ingin Komentar Publik tentang Perintah Eksekutif Crypto

Pada hari Selasa, Departemen Keuangan AS mengumumkan undangan terbuka untuk mengomentari Perintah Eksekutif Presiden Joe Biden tentang aset digital.

Bertujuan untuk memanfaatkan kebijaksanaan orang banyak, Administrasi Biden dan Departemen Keuangan AS meminta warga untuk mengomentari Perintah Eksekutif 14067-nya Biden.

“Bagi konsumen, aset digital dapat memberikan potensi manfaat, seperti pembayaran yang lebih cepat, serta potensi risiko, termasuk risiko yang terkait dengan fraud dan scam,” kata Nellie Liang, Di bawah Sekretaris Perbendaharaan untuk Keuangan Domestik. “Departemen Keuangan memanfaatkan keahlian rakyat Amerika dan pelaku pasar dengan meminta komentar publik saat kita terlibat dalam pekerjaan penting ini.”

Perintah eksekutifnya, “Ensuring Responsible Development of Digital Assets” ditandatangani pada 9 Maret dan menguraikan tujuan kebijakan AS terhadap aset digital seperti Bitcoin, Ethereum, dan Stablecoin. Perintah itu meminta beberapa lembaga pemerintah untuk bekerja sama dengan tujuan mengatur kripto dan melindungi konsumen.

Sekarang perintah tersebut memasuki fase input publik. Mereka yang ingin mengomentari Perintah Eksekutif 14067 memiliki waktu hingga 8 Agustus — hanya empat minggu.

Pemberitahuan pada hari Selasa yang dirilis oleh Departemen Keuangan menyebutkan bahwa fase ini adalah peluang bagi semua pihak yang berkepentingan untuk memberikan masukan dan rekomendasi yang relevan tentang “implikasi pengembangan dan adopsi aset digital dan perubahan di pasar keuangan dan infrastruktur pembayaran bagi konsumen, investor, bisnis, dan konsumen Amerika Serikat, dan untuk pertumbuhan ekonomi yang adil.”

Pemberitahuan tersebut mencantumkan tujuan Administrasi Biden sebagai:

A. Perlindungan konsumen, investor, dan bisnis di Amerika Serikat

B. Perlindungan Amerika Serikat dan stabilitas keuangan global serta mitigasi risiko sistemik

C. Mitigasi keuangan gelap dan risiko keamanan nasional yang ditimbulkan oleh penyalahgunaan aset digital

D. Penguatan kepemimpinan AS dalam sistem keuangan global dan daya saing teknologi dan ekonomi, termasuk melalui pengembangan inovasi pembayaran dan aset digital yang bertanggung jawab

E. Promosi akses ke layanan keuangan yang aman dan terjangkau

F. Mendukung kemajuan teknologi yang mendorong pengembangan dan penggunaan aset digital yang bertanggung jawab

Seiring dengan tujuan kebijakan ini, Biden telah menginstruksikan lembaga pemerintah, termasuk Badan Perlindungan Lingkungan, untuk menyerahkan laporan kepada presiden dalam waktu 180 hari setelah perintah yang akan memeriksa dampak lingkungan dari aset kripto dan efek dari mekanisme konsensus blockchain, seperti proof-of-work danproof-of-stake, pada penggunaan energi.

Gubernur California Gavin Newsom menandatangani perintah eksekutif serupa pada bulan Mei, mengarahkan lembaga negara untuk memeriksa aset kripto dan merekomendasikan cara untuk memasukkannya ke dalam Golden State.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *