Developer Ethereum Ngaret! Tunda Peluncuran Holesky Testnet 

Developer Ethereum Ngaret! Tunda Peluncuran Holesky Testnet 

Dalam kejadian langka dikabarkan bahwa developer Ethereum melakukan penundaan peluncuran inovasi terbarunya yang didukung oleh komunitas yaitu peluncuran Holesky Testnet. 

Kejadian ini dianggap langka karena developer Ethereum hampir tidak pernah melakukan penundaan. Walau begitu komunitas masih terlihat suportif dan tidak memberi tanggapan negatif. 

Peluncuran Jaringan Ditunda

Holesky Testnet merupakan inovasi terbaru dari developer Ethereum yang merupakan sebuah jaringan uji coba untuk para developer di Blockchain Ethereum. 

Saat ini Ethereum memiliki dua jaringan uji coba yaitu Goerli dan Sepoila, tapi nantinya Holesky akan menjadi jaringan uji coba utama untuk Ethereum. 

Menurut informasi yang beredar, Holesky akan menggantikan Goerli namun Sepoila masih akan tetap dapat digunakan dan tidak akan dimatikan. 

Alasan dari langkah ini karena Goerli merupakan jaringan uji coba paling tua dibandingkan Sepoila dan Holesky karena Sepoila baru saja dibentuk di 2021 untuk mempermudah transisi perubahan Ethereum ke Ethereum versi baru yang dirayakan dengan peristiwa The Merge. 

Sebelumnya, Holesky Testnet ini direncanakan untuk mulai dapat digunakan pada 15 September 2023 sesuai dengan perayaan satu tahun The Merge yang dilaksanakan pada 15 September 2022. 

Sayangnya, rencana tersebut tidak berjalan dengan lancar karena adanya kesalahan dalam pengaturan beberapa data yang membuat Holesky tidak bisa digunakan dalam skala besar. 

Pengaturan yang dimaksud adalah terkait cara penyimpanan data di block Holesky Testnet dimana terdapat perbedaan terhadap pengaturan antara perangkat lunak atau client yang seharusnya bisa berinteraksi dengan jaringan uji coba tersebut. 

Dalam Ethereum terdapat beberapa client atau perangkat lunak yang bisa berinteraksi dengan jaringannya dan seluruh client tersebut juga harus diatur satu per satu untuk bisa berinteraksi dengan jaringan uji coba sama seperti interaksinya dengan jaringan utama Ethereum. 

Pengaturan ini dilakukan untuk mempermudah uji coba aplikasi atau smart contract pada jaringan uji coba agar bisa bergerak sama seperti di jaringan utama Ethereum, sehingga jika ada kecacatan semua dapat dilihat di jaringan uji coba. 

Kesalahan pengaturan yang terjadi adalah terhadap satu client atau perangkat lunak bernama Besu yang dalam publikasi di atas disebut sebagai CL. 

Besu adalah salah satu perangkat paling penting di jaringan Ethereum, karena tidak hanya mengelola data smart contract biasa, tapi Besu juga memberi kemampuan interaksi agar jaringan privat yang biasa digunakan oleh perusahaan, bisa berinteraksi dengan Ethereum. 

Terdapat pengaturan yang tidak sesuai sehingga perangkat lunak tersebut tidak bisa berinteraksi dengan Holesky sehingga developer membutuhkan waktu lebih lama untuk memperbaikinya. 

Melihat pentingnya peran Besu tersebut, developer memutuskan untuk menunda peluncuran sekitar satu hingga dua pekan dari 15 September 2023, yang seharusnya menjadi tanggal peluncuran. 

Keunggulan Holesky Testnet

Holesky Testnet dianggap sebagai inovasi terbaik dari developer Ethereum karena kemampuan jaringan uji coba ini yang mengalahkan jaringan uji coba lainnya dan bahkan mengalahkan kemampuan jaringan utama Ethereum.

https://twitter.com/everstake_pool/status/1702302459853418827

Keunggulan pertamanya adalah Holesky dibangun khusus untuk jaringan Ethereum yang sudah mengadopsi teknologi Proof of Stake. 

Kondisi ini penting karena jaringan uji coba Goerli dan Sepoila dibangun saat Ethereum masih menggunakan teknologi Proof of Work yang kemudian diubah menjadi Proof of Stake. 

Melihat keaslian Holesky yang telah mengadopsi Proof of Stake dibandingkan Goerli dan Sepoila yang merupakan hasil dari perubahan transisi, Holesky memiliki keunggulan dalam kecocokan dengan Ethereum saat ini. 

Keunggulan kedua adalah lebih kuatnya jaringan karena mendukung lebih banyak validator dan node dibandingkan jaringan uji coba sebelumnya. 

Dikabarkan bahwa Holesky akan mendukung sekitar 1,4 Juta validator dan node sedangkan Goerli, jaringan uji coba terbesar Ethereum saat ini hanya mendukung 512 Ribu validator dan Node. 

Holesky juga mengalahkan jaringan utama Ethereum yang saat ini hanya mendukung 700 Ribu validator dan node yang membuat jaringan Holesky lebih kuat. 

Walau lebih kuat, kemampuannya masih lebih rendah dibandingkan Ethereum karena Holesky merupakan jaringan uji coba dan bukan jaringan utama. 

Keunggulan ketiga adalah masa hidup Holesky yang diprediksi akan bertahan lima tahun, lebih lama dibandingkan Goerli yang bertahan empat tahun. 

Melihat inovasi ini, nampaknya Ethereum masih semangat untuk mengajak developer membangun di jaringannya karena memberi wadah yang baik berupa jaringan uji coba yang kuat. 

Kemungkinan besar dengan jaringan uji coba baru ini, developer akan semakin sering membangun di Ethereum yang membuat semakin banyak proyek dalam ekosistemnya. 

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *