Polygon Migrasi MATIC ke POL dalam Rangka Inovasi, Ekosistem Token Berubah Total?

Polygon Migrasi MATIC ke POL dalam Rangka Inovasi, Ekosistem Token Berubah Total?

Polygon baru saja membuat pengumuman baru terkait lanjutan narasi inovasi ke Polygon 2.0 yang diumumkan pada Juni 2023. 

Pengumuman ini memberi beberapa penjelasan mengenai apa yang akan terjadi, termasuk migrasi dari token MATIC ke token baru bernama POL. 

Polygon Migrasi Token MATIC ke POL

Pada kemarin malam, 14 September 2023, pukul 18.18 WIB atau 19.18 WITA, Polygon baru saja membuat publikasi di seluruh media sosialnya terkait kelanjutan Polygon 2.0.

Narasi perubahan ekosistem yang sudah diumumkan sejak 30 Juni 2023 ini akhirnya memberikan hasil berupa peluncuran tiga Polygon Improvement Proposal dimana fokus utamanya adalah terkait token POL. 

Dikabarkan bahwa Polygon akan melakukan migrasi token dimana token utama dari ekosistemnya akan berubah dari MATIC menjadi POL. 

Pengumuman ini merupakan awal dari fase nol yang dilaksanakan Polygon hingga akhir tahun 2023 sebagai langkah awal transisi ke Polygon 2.0. 

Menurut informasi yang beredar, transisi token ini akan selesai pada kuartal empat 2023 atau akhir tahun ini. 

Nantinya nilai perbandingan antara MATIC dan POL adalah satu banding satu dimana 1 MATIC nilainya akan sama dengan 1 POL. 

Adanya Token POL akan membuat MATIC hilang karena nantinya seluruh transaksi di ekosistem Polygon 2.0 akan menggunakan POL. 

Alasan utama diterbitkannya POL dan tidak menggunakan MATIC lagi adalah tim Polygon ingin memulai era baru dengan penuh inovasi sehingga akan menggunakan token baru dalam ekosistemnya. 

Selain itu menurut tim Polygon, POL akan memberi kemudahan integrasi antara seluruh ekosistem baru dan lama yang akan datang bersama perubahan Polygon 2.0 nanti. 

Menurut publikasi yang beredar nantinya jumlah awal persediaan POL yang akan beredar adalah 10 Miliar POL dengan persentase persediaannya yang akan bertambah sekitar 2% per tahun dan akan tersebar rata antara validator sebagai imbalan staking dan dana cadangan komunitas atau treasury.  

Peluncuran Polygon Improvement Proposal Akhir 2023

Seluruh informasi tersebut dirincikan dalam tiga Polygon Improvement Proposal atau PIP yang dipublikasi di situs resmi Polygon. 

Terdapat tiga PIP yaitu PIP 17, PIP 18, dan PIP 19 dimana ketiganya menjelaskan apa saja yang akan terjadi terhadap POL dan perubahan ekosistem jaringan Polygon 2.0. 

PIP 17 menjelaskan mengenai proses migrasi dari MATIC ke POL serta smart contract yang akan menangani proses migrasi, distribusi persediaannya, dan jumlah awalnya. 

PIP 18 menjelaskan mengenai hilangnya MATIC dan berubahnya ekosistem transaksi Polygon 2.0 dengan Token POL. 

Beberapa penjelasan ini termasuk penjelasan mengenai bagaimana nantinya seluruh biaya transaksi ekosistem jaringan Polygon 2.0 akan menggunakan POL, penjelasan mengenai staking POL untuk menjadi validator, serta awal mulanya migrasi dari MATIC ke POL. 

Selain itu, terdapat satu penjelasan mengenai bagaimana Polygon akan meluncurkan lapisan jaringan khusus staking dan perpindahan dari lapisan staking di Polygon ke lapisan staking Polygon 2.0. 

Terakhir, PIP 19 menjelaskan mengenai bagaimana transisi jaringan Polygon 2.0 dari menggunakan MATIC sebagai biaya transaksi menjadi POL sebagai biaya transaksi. 

Bersama publikasi beberapa PIP ini, Polygon kembali mempertegas bahwa rencana transisi sudah dipikirkan secara matang, dan nantinya akan ada beberapa perubahan dari sisi ekosistem jaringan Polygon itu sendiri. 

Pertama adalah mengedepankannya sistem zkEVM untuk Polygon 2.0 dibandingkan jaringan Polygon yang menggunakan sistem Proof of Stake seperti saat ini. 

Walau masih bersifat Proof of Stake karena adanya mekanisme staking untuk menjadi validator dalam jaringannya, Polygon 2.0 akan mengedepankan mekanisme Zero Knowledge dengan basis Ethereum Virtual Machine. 

Mekanisme ini dibentuk demi meningkatkan kualitas jaringan Polygon agar bisa mengelola transaksi lebih cepat dengan biaya yang lebih rendah namun masih cocok dengan ekosistem Ethereum. 

Ditambah lagi selain peluncuran token yang akan cocok dengan mekanisme zkEVM tersebut, Polygon 2.0 akan meluncurkan Chain Development Kit atau CDK. 

CDK ini bersifat seperti Software Development Kit yang umum digunakan oleh developer untuk membangun aplikasi. 

Tapi dalam CDK yang dibangun Polygon 2.0, nantinya developer yang ingin membuat blockchain lapisan dua dengan mekanisme zkEVM Polygon 2.0 akan memiliki panduan yang membuat proses pembentukan blockchainnya lebih cepat dan mudah tanpa harus dari nol. 

Secara menyeluruh kabar ini memberikan sentimen positif terhadap ekosistem Polygon karena mendapatkan dukungan penuh dari komunitas. 

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *