Laporan Industri Kripto Q2 2023

laporan kripto coingecko

Pada paruh pertama tahun 2023, pasar kripto kembali pulih setelah tahun 2022 yang sulit. Meskipun April dan Mei adalah bulan yang cukup tenang, Q2 berakhir dengan beberapa hal menarik. BTC naik, stablecoin turun, banyak orang tertarik dengan staking ETH, dan NFT menjadi tidak begitu populer. Perdagangan spot menurun dan Binance kehilangan posisinya.

Tapi bagaimana caranya agar tetap memahami semua yang terjadi di industri kripto? Nah, untungnya, CoinGecko telah membuat laporan yang mencakup semua peristiwa penting di Q2 tahun ini. Dan dalam artikel kali ini, saya akan menjelaskan ringkasan pentingnya pada kalian. Jadi jika kalian ingin tahu tentang situasi kripto di kuartal kedua kemarin, teruslah membaca.

Tentang Laporan CoinGecko

Seperti yang mungkin sudah kalian tahu, CoinGecko adalah situs populer untuk melacak harga kripto. CoinGecko adalah tempat yang sering dikunjungi untuk melihat keadaan pasar saat ini.

Laporan mereka dimulai dengan catatan dari para pendiri CoinGecko di mana mereka membicarakan tentang peningkatan Shapella yang sukses di Ethereum dan bagaimana staking ETH telah berkembang dan menjadi dasar penting di DeFi untuk dibangun di tahun-tahun mendatang.

Peningkatan Shapella ini memungkinkan pengguna untuk mengakses dan melepaskan lebih dari 18 juta ETH yang telah di-stake. Tidak mengherankan, para pendiri juga menyebutkan tuntutan hukum SEC terhadap bursa kripto teratas seperti Binance dan Coinbase, serta penurunan harga kripto yang terjadi akibatnya. Seperti yang kalian ingat, BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, mengajukan permohonan untuk ETF Bitcoin dan mengangkat harga kembali.

Seiring dengan gelombang pemain institusional lain yang ikut serta, total kapitalisasi pasar kripto pada akhir Q2 tahun ini mencapai $1,24 triliun, mewakili kenaikan sekitar 50% sepanjang tahun. Catatan dari para pendiri ini diakhiri dengan menyebutkan FUD seputar NFT saat ini, menyatakan bahwa NFT perlu berkembang lebih dari sekadar berupa gambar JPEG sederhana.

Pengenalan lapisan ZK-EVM layer 2 yang baru, pengumuman Uniswap V4, dan aset dunia nyata yang mulai masuk ke rantai blok publik, adalah tiga perkembangan menarik lainnya yang kadang-kadang terlupakan oleh drama dari berita utama.

Gambaran Pasar Kripto

Bagian pertama laporan ini memberikan gambaran tentang pasar kripto. Total kapitalisasi pasar kripto kembali ke posisi awal pada kuartal ini, yaitu 1,2 triliun dolar. Yang menarik adalah volume perdagangan selama kuartal kedua turun 42,7% dibandingkan kuartal sebelumnya.

Laporan tersebut kemudian melihat dominasi pasar dari 30 aset kripto teratas. Dominasi pasar artinya seberapa besar total kapitalisasi pasar berasal dari satu kripto. Pergerakan signifikan terjadi pada Litecoin (LTC) yang berhasil masuk ke 10 besar dan Bitcoin Cash (BCH) yang naik dari posisi 27 menjadi 18.

Kedua koin ini melonjak setelah mereka terdaftar di pasar EDX, pertukaran kripto institusional yang diluncurkan pada 20 Juni dan didukung oleh beberapa institusi besar seperti Fidelity Digital Assets, Charles Schwab, dan Citadel Securities. Bahkan, BCH harganya lebih dari dua kali lipat dalam satu minggu setelah pengumuman dari EDX.

Sementara itu, BUSD turun enam posisi menjadi posisi ke-18, sementara FIL dari Filecoin dan HBAR dari Hedera keluar dari 30 besar. Secara keseluruhan, BTC tetap mendominasi. Karena kita berada di pasar bear, investor sebagian besar beralih dari altcoin ke BTC dan ETH. Penulis mencatat bahwa dominasi BTC naik 3,2% menjadi 47,9%, level yang tidak tercapai sejak Q2 2021. Dominasi ETH juga meningkat 1% menjadi 18,8% secara keseluruhan.

Selanjutnya, laporan ini membandingkan kripto dengan dana indeks mainstream, menggunakan indeks saham S&P 500 sebagai tolak ukur. S&P 500 naik, sementara total kapitalisasi pasar kripto tetap datar di Q2. Namun, Bitcoin tampil berbeda dari pasar kripto secara keseluruhan, dengan pertumbuhan 7,3%. S&P 500 sedikit melampaui BTC, dengan pertumbuhan 7,9% di Q2.

Kemudian, penulis memberikan garis waktu yang mengagumkan tentang semua peristiwa signifikan yang terjadi di dunia kripto selama kuartal kedua tahun ini. Upgrade Ethereum Shanghai, kenaikan nilai pasar Pepe menjadi 1 miliar dolar, eksploitasi wallet Atomic, BlackRock mendaftarkan ETF Bitcoin, dan sebagainya.

Penulis juga membahas SEC dan memberikan gambaran tentang gugatan regulator terhadap Binance dan Coinbase. Token-token yang disebutkan dalam kedua gugatan tersebut, semuanya mengalami penurunan harga sebagai akibatnya.

Bitcoin

Bagian kedua laporan ini menganalisis Bitcoin. Dimulai dengan sebuah grafik yang menunjukkan bahwa BTC mengalami kenaikan sebesar 6,9% pada kuartal kedua tahun ini, mencapai rekor tertinggi di atas $30.000. Kenaikan ini terkait dengan usulan ETF Bitcoin dari BlackRock dan minat ke aset kripto yang semakin besar dari pemain keuangan besar.

Pertumbuhan BTC juga berasal dari kenaikan Ordinals dan pengenalan token BRC-20. Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, ada permintaan tinggi akan ruang untuk memproses transaksi Bitcoin karena protokol Ordinals. Ini menyebabkan biaya transaksi naik, membuat para penambang mendapatkan lebih banyak dari biaya transaksi daripada hadiah blok biasanya. Kali terakhir hal ini terjadi adalah pada tahun 2017 selama puncak pasar.

Jika dibandingkan dengan investasi lain, BTC tampil baik pada kuartal kedua, kecuali jika dibandingkan dengan NASDAQ dan S&P 500. Kedua indeks saham ini mengalami pertumbuhan signifikan karena banyak orang tertarik pada saham teknologi besar.

Ethereum

Bagian ketiga laporan ini membahas tentang Ethereum. Pada Kuartal 2, ETH mengalami kenaikan sekitar 6%, sedikit lebih rendah dibandingkan kenaikan BTC sebesar 6,9%, tetapi jauh lebih tinggi daripada kenaikan pasar kripto secara umum. Laporan tersebut mencatat bahwa upgrade Shapella pada bulan April tidak membuat para pemilik awal ETH menarik dan menjual ETH yang mereka staking seperti yang beberapa orang khawatirkan. Sebaliknya, harga ETH naik di atas 2K untuk pertama kalinya pada tahun 2023.

Upgrade Shapella juga membuat jumlah ETH yang di-stake melonjak sekitar 30%. Totalnya sekarang adalah 23,6 juta ETH yang di-stake, naik sekitar 5,6 juta ETH dari akhir Kuartal 1. Mengenai penyedia staking, Lido tetap yang paling populer, sementara Kraken turun sekitar 36,2% setelah diwajibkan oleh SEC untuk menghentikan produk staking-nya di Amerika Serikat.

Selanjutnya, penulis juga membahas tentang musim memecoin dan menunjukkan bagaimana kenaikan Pepe mencapai lebih dari 1800x pada saat puncaknya, dengan kapitalisasi pasar yang luar biasa besar mencapai 1,8 miliar dolar, setelah diumumkan bahwa koin tersebut akan terdaftar di Binance. Posisi kedua ditempati oleh AI Doge, yang mengalami kenaikan hingga 235x pada saat puncaknya dan menarik perhatian karena diluncurkan di Arbitrum.

Apa Artinya Ini untuk Kripto?

Ini membawa kita pada pertanyaan besar, yaitu apa arti temuan dari laporan ini bagi pasar kripto. Penting untuk diingat, meskipun ada penurunan di Kuartal 2, tapi ini hanya jika dibandingkan dengan Kuartal 1 yang sangat baik sebelumnya. Jika kita melihat gambaran secara lebih luas, situasinya sebenarnya lebih positif.

Secara keseluruhan, pasar telah pulih dari level terendah pada akhir 2022. Bahkan, nilai pasar kripto telah naik dari sekitar 0,8 triliun pada akhir 2022 menjadi sekitar 1,2 triliun di pertengahan 2023. Nilai Bitcoin (BTC) juga naik dari level terendah tahunan sekitar 15.742 dolar pada bulan November menjadi sekitar 30.000 dolar sekarang. Jika kita melihat Kuartal 2 dalam konteks laporan ringkasan tahunan 2022, ada beberapa hal lain yang bisa dipahami.

Pangsa pasar Binance kembali ke level yang terlihat pada paruh kedua tahun 2022. Bursa ini mendapatkan banyak pangsa pasarnya pada akhir 2022 dan awal 2023 dari penurunan FTX. Namun sekarang, Binance diawasi oleh SEC dan menghadapi beberapa pengunduran diri dari pimpinannya baru-baru ini. Jadi akan menarik untuk melihat bagaimana ke depannya, apakah pangsa pasarnya tetap di atas 50%.

Periode sepi NFT (Non-Fungible Token) yang dimulai sekitar Juni 2022 sedikit membaik pada awal 2023. Meskipun ada penurunan sejak saat itu, tapi masih di atas level paruh kedua tahun 2022. Kenaikan pasar NFT Blur menjadi yang nomor satu adalah pencapaian yang cukup mengesankan, mengingat mereka baru diluncurkan pada bulan Oktober tahun lalu.

Jadi, walaupun pasar kripto masih dalam fase penurunan, pandangan ke depannya tidak sesuram yang mungkin terlihat. Meski masih ada jalan panjang sebelum kita bisa berharap melihat ATH baru dan kapitalisasi pasar mencapai triliunan dolar lagi, laporan tentang kematian kripto sebenarnya terlalu dibesar-besarkan.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *