Para Dev Ethereum Menargetkan untuk Menyelesaikan Merge di Bulan September

The Merge, sebuah peristiwa yang akan terjadi di jaringan Ethereum di mana Mainnet Ethereum yang menggunakan mekanika konsensus Proof-of-Work (PoW) akan bersatu dengan Beacon Chain yang menggunakan Proof-of-Stake (PoS), akan segera terjadi di bulan September, menurut target dari tim pengembangnya.

“Timeline merge ini belum final, tetapi seru untuk menyaksikannya bersatu,” cuit manajer komunitas Beacon Chain, superphiz.eth. Beliau juga menambahkan bahwa ini adalah “timeline perencanaan” dan mengimbau komunitas untuk menunggu kabar resminya.

https://twitter.com/superphiz/status/1547643255335968771?s=20&t=0K9TVwaqCjj9rh0cuqbnYg

Menurut timeline ini, The Merge dijadwalkan akan terjadi pada tanggal 19 September tahun ini. Ini akan menjadi titik pencapaian yang besar bagi Ethereum sejak Beacon Chain sendiri didirikan pada bulan Desember 2020. Fase 1 dari Beacon Chain sendiri baru dilaksanakan pada kuartal pertama tahun ini setelah mengalami penundaan di tahun 2021.

Awal bulan Juni kemarin, Beacon Chain di testnet Sepolia mulai dijalankan, sehingga para tim dev Ethereum semakin dipersiapkan oleh wawasan-wawasan baru dari percobaan tersebut. Sepolia akhirnya mengalami the Merge pada tanggal 7 Juli kemarin.

Fase percobaan terakhir dari Merge rencananya akan dilaksanakan di jaringan Goerli, yang menurut rencana akan terjadi di minggu kedua bulan Agustus. Setelah Merge di jaringan itu, prioritas bagi tim dev adalah untuk melakukan merge pada bulan September.

Transisi ke jaringan PoS ini diharapkan akan mengurangi penggunaan energi sebesar 99% dan akan mengarah kepada penerapan sistem sharding (kira-kira kuartal 1 2023) yang nantinya bisa menjadikan jaringannya berskala dan setara dengan tingkat proses layanan pembayaran terpusat.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *