ProShares akan Meluncurkan ETF Posisi Short Bitcoin

ProShares, perusahaan di balik ETF kontrak berjangka Bitcoin pertama di pasar keuangan AS ber-ticker BITO, baru saja mengumumkan bahwa pihaknya akan meluncurkan produk strategi baru untuk posisi short terhadap Bitcoin. ETF Short Bitcoin Strategy, ticker BITI, akan mulai diperdagangkan pada pembukaan pasar bursa efek New York hari Selasa waktu setempat.

Produk investasi ini akan memungkinkan investor untuk memasang posisi short pada Bitcoin. Menurut CEO ProShares, Michael Sapir, BITI diperuntukkan bagi para investor “yang percaya bahwa harga Bitcoin akan jatuh dengan kesempatan untuk memperoleh keuntungan atau untuk melakukan hedge terhadap kepemilikan kripto mereka,”. Sapir menambahkan, “BITI memungkinkan invstor untuk secara nyaman menerima eksposur short terhadap Bitcoin dengan membeli ETF dalam akun pialang tradisional,”.

Baca juga: SEC Mengizinkan Valkyrie untuk Jual Kontrak Berjangka ETF Bitcoin

Posisi short adalah strategi investasi di mana investor bertaruh bahwa harga dari sebuah aset akan mengalami penurunan nilai. Dengan adanya ETF ini, Investor dapat menerima eksposur posisi short ini karena ETF akan membeli kontrak berjangka posisi short untuk Bitcoin.

Peluncuran ini terjadi di tengah tren pasar yang menurun. Harga BTC sempat mencapai 18.000 dolar AS hari Sabtu kemarin. Harganya pada waktu penulisan artikel ini adalah $20.519, menurut CoinGecko.

Tahun lalu, ProShares meluncurkan ETF Bitcoin Strategy, salah satu ETF kontrak berjangka pertama di pasar keuangan AS. Produk investasi ini mengizinkan investor untuk merasakan eksposur kontrak berjangka Bitcoin tanpa perlu membeli kontraknya. ProShares juga berafiliasi dengan ProFund, perusahaan yang akan meluncurkan produk reksa dana yang akan mengambil posisi short dengan ticker BITIX.

Untuk saat ini, investor di AS belum pernah merasakan eksposur BTC langsung melalui ETF spot Bitcoin. Securities Exchange Commission (SEC) masih memandang bahwa ETF spot BTC tidak cukup aman bagi investor.

Baca juga: Grayscale Mendorong SEC Lagi untuk Menyetujui ETF Spot Bitcoin

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *