SEC Menolak Proposal ETF Bitcoin Spot Milik One River

Securities Exchange Commission (SEC) nampaknya masih memiliki tekad yang bulat untuk menolak pengajuan untuk ETF spot Bitcoin manapun. Kali ini, SEC menolak pengajuan perubahan peraturan untuk hedge fund One River Digital yang memungkinkan mereka untuk menawarkan produk One River Carbon Neutral Bitcoin Trust di pasar saham New York (NYSE). Awalnya, SEC mengatakan bahwa mereka tidak akan membuat keputusan apapun sebelum 2 Juni. Pengumuman kali ini membuktikan sebaliknya.

Komisi ini menulis bahwa mereka menerapkan “standar yang sama yang digunakan dalam keputusan [lainnya] mengingat pengajuan-pengajuan sebelumnya untuk mendaftarkan trust komoditas berbasis Bitcoin”. Mereka juga menjabarkan bahwa usulan perubahan peraturan ini tidak memenuhi syarat-syarat SEC mengenai pencegahan penipuan. Mereka mengklarifikasi:

“ketidaksetujuan dari usulan perubahan peraturan ini tidak berdasarkan pada evaluasi apakah bitcoin, atau teknologi blockchain secara umum, memiliki utilitas atau nilai sebagai sebuah inovasi atau investasi”

Hedge fun One River Digital didirikan oleh Eric Peters pada tahun 2020. Beliau adalah pendiri One River Asset Management, dan menurut beberapa kabar hedge fund-nya ini didanai juga oleh miliarder Alan Howard, pendiri Brevan Howard Asset Management.

Selain One River, entitas lain seperti Fidelity Investments dan New York Digital Investments Group (NYDIG) pernah mengajukan jenis ETF yang sama, namun nasib mereka juga tidak jauh beda. Barangkali salah satu perusahaan yang paling vokal adalah Grayscale, pengelola dana Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), yang nekat untuk menuntut SEC bila pengajuan mereka ditolak.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *