Setelah Gandeng Sony Bangun Blockchain Baru, Startale Labs Luncurkan Supernova Melalui Astar Network

Setelah Gandeng Sony Bangun Blockchain Baru, Startale Labs Luncurkan Supernova Melalui Astar Network

Startale Labs terlihat sibuk beberapa hari terakhir dengan banyaknya publikasi terkait inovasi dan rencana baru untuk ekosistemnya. 

Dikabarkan bahwa hanya dalam dua hari terakhir, Startale Labs mengumumkan dua kabar terbaru yang dapat meningkatkan sentimen positif terhadap ekosistemnya dalam jangka panjang. 

Startale Labs Gandeng Sony untuk Bangun Blockchain

Kabar pertama berasal dari kerja sama dengan Sony Network Communication yaitu salah satu perusahaan ternama di dunia terkait industri hiburan dan perangkat elektronik. 

Salah satu produk terkenal dari Sony adalah PlayStation dan hingga saat ini perusahaan tersebut telah mengeluarkan banyak produk teknologi terutama di dunia hiburan. 

Saat ini nampaknya Sony telah membuka sayap operasionalnya dan membentangkan ke industri blockchain dan Web3. 

Dikabarkan bahwa Sony akan kerja sama dengan Startale Labs untuk membuat bisnis baru bernama Sony Network Communication Labs yang memiliki fokus untuk menciptakan blockchain baru. 

Untuk saat ini perusahaan tersebut belum diluncurkan namun dikabarkan peresmiannya akan terjadi pada September 2023 ini. 

Menurut publikasi dari situs resmi Sony,  langkah ini dilakukan demi menciptakan adopsi tinggi terkait Web3 dan mempermudah inovasi di seluruh sektor bisnis yang sudah ada saat ini. Presiden dari Sony, Jun Watanabe, mengatakan, 

“Dengan menggabungkan pengalaman Sony Network Communications di bidang komunikasi, Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), dan jasa teknologi serta pengalaman Startale Labs di industri Web3, kami ingin menciptakan infrastruktur global yang memperkuat Web3 dan mendorong inovasi di seluruh industri bisnis yang ada saat ini.”

Langkah ini dapat mendorong adopsi Web3 di beberapa industri yang saat ini dikuasai Sony dan membuat pengalaman konsumennya menjadi semakin menarik. 

Salah satu contohnya adalah di industri hiburan dan permainan dimana dengan adanya blockchain ini, akan semakin banyak permainan atau game yang dapat melibatkan teknologi Web3. 

Melihat kualitas game yang ada dari Sony saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa jika teknologi Web3 dilibatkan, maka kualitasnya akan semakin menarik untuk pengguna serta dapat meningkatkan adopsi Web3. 

Blockchain Layer 2 Supernova 

Tidak berhenti di kerja sama tersebut, salah satu perusahaan di bawah infrastruktur teknologi Startale Labs juga baru saja meluncurkan produk baru. 

Perusahaan ini adalah Astar Network yang merupakan sebuah platform penerbitan dan pengelolaan smart contract yang bisa bergerak di beberapa blockchain atau biasa disebut multichain. 

Produk yang baru saja diluncurkan adalah Supernova yang merupakan sebuah blockchain layer 2 yang dibangun dengan mengadopsi teknologi Zero Knowledge dan Ethereum Virtual Machine (zkEVM) dari Polygon. 

https://twitter.com/AstarNetwork/status/1701872256077771233

Supernova atau Astar zkEVM, dibangun dengan mekanisme zkEVM dari Polygon yang berarti blockchain tersebut akan bergerak dengan teknologi Zero Knowledge yaitu mekanisme verifikasi transaksi yang lebih cepat dibanding blockchain biasa namun tetap aman, serta blockchain tersebut akan cocok dengan ekosistem Ethereum karena menggunakan EVM. 

Astar Network akan menggunakan CDK atau Chain Development Kit yang merupakan alat untuk mempermudah penciptaan blockchain layer dua berbasis zkEVM. 

Alat ini disediakan oleh Polygon yang terlihat antusias untuk membantu penciptaan Supernova karena dianggap dapat mendorong inovasi Web3 di Asia terutama Jepang, tempat dengan anggota komunitas terbesar untuk Astar Network. 

Nantinya blockchain layer 2 ini akan menjadi wadah penciptaan smart contract yang lebih cepat dibandingkan layer 1 Astar Network saat ini. 

Supernova juga akan bersifat multichain seperti Astar Network, dimana jaringan yang tersambung saat ini adalah Ethereum dan Polkadot. 

Dengan Supernova, seluruh ekosistem Ethereum dan Polkadot bisa tersambung sehingga transaksi dan perpindahan data akan semakin mudah. Ditambah dengan adanya rekan kerja sama seperti LayerZero, inovasi ini dapat mengundang banyak ketertarikan yang berujung adopsi lebih tinggi. 

Kedepannya Astar Network akan memperluas jaringan yang dapat terikat dengan Supernova. Namun untuk saat ini dengan teknologi yang ada, pendiri Astar Network dan Polygon setuju bahwa inovasi ini dapat mendorong adopsi Web3 terutama di Jepang. 

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *