TON Mendadak Naik ke Peringkat 9 Kapitalisasi Pasar! Apa Saja Penyebabnya?

TON Mendadak Naik ke Peringkat 9 Kapitalisasi Pasar! Apa Saja Penyebabnya?

TON (The Open Network) Blockchain, dikabarkan telah naik ke peringkat sembilan terkait kapitalisasi pasar aset kripto. 

Pencapaian ini mengejutkan pasar yang membuat adanya pertanyaan apa saja yang telah membuat TON semakin menarik di mata investor?

TON Naik ke Peringkat 9 Kapitalisasi Pasar Kripto

Pada September 2023, TON telah berhasil naik ke peringkat sembilan terkait kapitalisasi pasar aset kripto, mengalahkan beberapa kripto ternama seperti Solana, Tron, dan Polkadot. 

TON Peringkat 9 Kapitalisasi Pasar

Kenaikan peringkat ini terjadi setelah kapitalisasi pasar TON mencapai angka di atas $8 Miliar yang terjadi secara perlahan sejak Juli 2023. 

Terlihat bahwa apresiasi dalam kapitalisasi pasar ini terjadi sejak TON kembali meningkatkan kualitas jaringannya dengan adanya beberapa inovasi. 

Sebelumnya, TON dianggap sebagai proyek yang belum berhasil karena ditinggalkan oleh rekan kerja sama yaitu Telegram yang sebelumnya akan mengadopsi blockchain ini untuk sistem pengelolaan datanya. 

Tapi semua itu berubah karena sejak Juni 2023, TON terus membangun dan meningkatkan kualitasnya dengan membentuk sistem dimana pengguna TON bisa saling mengirim pesan. 

Awalnya pesan yang dikirim di TON bisa terlihat oleh semua jaringan atau tidak memiliki fitur enkripsi. Namun pada awal Juli 2023, fitur enkripsi berhasil diintegrasikan. 

Peluncuran Fitur Enkripsi TON

https://twitter.com/ton_blockchain/status/1675903787729399819

Setelah fitur ini dipublikasi dan bisa digunakan, TON mulai mendapatkan ketertarikan yang membuat harganya naik secara signifikan bersama kapitalisasi pasarnya. 

Sejak peluncuran di awal Juli 2023 hingga saat ini, 19 September 2023, TON terlihat mengalami apresiasi yang signifikan dari sisi kapitalisasi pasarnya. 

Apresiasi Kapitalisasi Pasar TON

Jika dihitung melalui data dari Coinmarketcap, terlihat bahwa kapitalisasi pasar TON naik sekitar 355,67% hanya dari Juli 2023 hingga September 2023. 

Kenaikan ini sebagian besar juga didukung oleh kabar yang baru saja dipublikasi pekan lalu yaitu kerja sama resmi antara Telegram dan TON. 

Publikasi Kerja Sama TON dan Telegram

https://twitter.com/ton_blockchain/status/1702293207306948820

Pada acara Token2049, 13 September 2023, pendiri dari Telegram, Pavel Durov, menyatakan bahwa Telegram akan mulai mengintegrasikan TON Wallet kepada seluruh penggunanya pada November 2023. 

Kabar ini membuat reaksi positif karena sebelumnya Telegram telah meninggalkan TON untuk melaksanakan kerja sama, lebih tepatnya pada Tahun 2020 lalu. 

Oleh karena kembali resminya kerja sama ini melalui publikasi yang telah beredar, harga TON mengalami apresiasi yang signifikan. 

Sejak kabar tersebut beredar hingga 19 September 2023, TON telah bergerak naik sekitar 32,32% melanjutkan apresiasinya sejak kapitalisasi pasarnya naik. 

Tapi perlu diketahui walau kapitalisasi pasarnya bergerak naik mulai dari Juli 2023, harga TON baru mengalami apresiasi signifikan sejak Agustus 2023. 

Apresiasi Harga TON Sejak Agustus 2023

Terlihat bahwa harga TON mengalami apresiasi yang signifikan sejak Agustus 2023 setelah adanya beberapa investor yang memanfaatkan penjualan setelah kabar positif pada Juli 2023 beredar. 

Sejak Agustus 2023, harga TON telah naik sekitar 106,06%, salah satu apresiasi yang mengesankan di bear market saat ini.

Rencana Kuartal Akhir 2023

Setelah apresiasi ini terlihat bahwa TON akan terus membangun ekosistemnya dengan banyaknya aplikasi baru dalam jaringan tersebut. 

Roadmap TON Q4 2023

Pada akhir kuartal 2023 TON akan terbagi ke beberapa fokus dimana salah satunya adalah integrasi wallet ke Telegram. 

Selain itu, saat ini TON juga sedang mengembangkan bridge atau jembatan antar blockchain bernama Jetton Bridge. 

Dikabarkan bahwa pada akhir 2023, Jetton Bridge akan resmi digunakan untuk transaksi antara TON dengan Blockchain Ethereum dan Binance Smart Chain. Harapan dari tim adalah dengan bridge ini, nantinya transaksi di TON menjadi lebih tinggi. 

Mengingat adanya integrasi Telegram yang merupakan salah satu media penting di dunia kripto, bridge tersebut bertujuan untuk mempermudah meningkatkan transaksi antar blockchain karena dapat dilakukan di satu platform sehingga telegram bisa berguna untuk diskusi dan transaksi. 

Terakhir adalah peningkatan kualitas blockchain yang baru saja mengalami pembaruan dari sisi mekanisme transaksi. Saat ini terdapat pembaruan jaringan dimana terdapat Collator dan Validator. 

Collator adalah node yang berfungsi menciptakan sebuah block di TON dan Validator berfungsi sebagai pemeriksa block tersebut sebelum disimpan di blockchain TON. 

Dengan adanya pembagian tugas ini harapannya TON Blockchain dapat mencapai target kecepatan transaksinya yaitu 1 Juta transaksi per detik. 

Apa bila tercapai maka TON bisa menjadi salah satu blockchain terkuat di industri kripto yang bisa mengakomodir banyak kegunaan, termasuk fitur kirim pesan yang butuh kecepatan tinggi. 

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *