Worldcoin Meluncurkan Token WLD

Worldcoin, proyek kripto kontroversial yang diciptakan oleh Sam Altman, telah mengumumkan peluncuran token WLD-nya hari ini. WLD akan didistribusikan kepada lebih dari dua juta orang di seluruh dunia.

Proyek ini berada di antara sektor kripto yang paling “memecah belah”. Fokusnya adalah membantu orang-orang untuk membuktikan identitas daring mereka, dengan kredensial yang diverifikasi secara langsung dengan bola pemindai iris mata. Lebih dari dua juta orang—sebagian besarnya di negara belahan bumi selatan—telah diverifikasi, dan semuanya layak mendapatkan sebagian token WLD hari ini.

“Senin merupakan hari yang sangat, sangat besar untuk proyek ini,” ungkap Tiago Sada, kepala produk, insinyur, dan desain di perusahaan pengembang utama Worldcoin, Tools For Humanity (TFH). “Semoga, kita akan melihat banyak orang yang bersemangat untuk mengunjungi orb [bola pemindai iris mata] yang akan mulai bermunculan di banyak kota berbeda di seluruh dunia.”

Peluncuran hari ini terjadi setelah banyak penundaan dan mendarat pada saat yang genting bagi penerbit token, dengan pengatur regulasi di Amerika Serikat yang semakin agresif terhadap pelaku di sektor ini. Tim Worldcoin telah berhati-hati untuk menekankan bahwa tokennya tidak akan tersedia di AS.

“Ada banyak komponen yang berbeda dalam proyek,” Sada berkata. “Kami menawarkan setiap hal ini di mana pun memungkinkan dan ketika kami yakin bahwa kami menghormati hukum masing-masing negara.”

Dalam pengumuman hari ini, Worldcoin berjanji untuk mempercepat pendaftaran dengan menyebarkan bola pemindai lebih banyak di 35+ kota dari 20 negara secara global. Pada bulan Maret 2023, terungkap bahwa Worldcoin menandatangani sebuah kesepakatan dengan produsen kontrak Jabil untuk menggenjot produksi perangkat yang kontroversial ini. Sada mengatakan bahwa jumlah bola pemindai di peredaran akan meningkat dari kira-kira 200 menjadi sekitar 1.500 pada akhir tahun ini.

Orang-orang yang telah diverifikasi dengan bola pemindai akan menerima 25 token WLD di awal, serta tunjangan berkala ke depannya. Per hari ini, orang juga dapat memesan token di World App sampai mereka dapat mengunjungi bola pemindai, kata Sada.

Sebuah materi presentasi kepada investor yang disiapkan oleh Worldcoin pada Desember 2022, dengan isi yang tersedia di bagian tokenomi (whitepaper) pada situs web resmi Worldcoin, menyatakan bahwa akan ada suplai total sebanyak 10 miliar token WLD. 84,5% dari suplai ini akan diberikan kepada pengguna, operator, dan ekosistem, kemudian 15,5% disisihkan untuk tim Worldcoin dan pendukungnya.

Peluncuran token ini terjadi setelah Worldcoin menyelesaikan migrasinya ke OP Mainnet, sebuah Lapisan 2 Ethereum, minggu lalu.

Zamannya AI

Pada saat yang sama, Co-founder Worldcoin, Sam Altman adalah CEO OpenAI, pencipta ChatGPT yang sangat berhasil. Dalam banyak kiriman blog dan pengumuman, tim Worldcoin telah menempatkan proyek ini sebagai hal darurat dengan konteks kenaikan pesat alat-alat seperti AI (Kecerdasan Artifisial) dan implikasi yang dapat mereka miliki untuk masa depan pekerjaan.

Dalam sebuah pernyataan tertulis dari pengumuman hari ini, CEO Tools for Humanity, Alex Blania berkata, “Di zaman AI ini, kebutuhan untuk bukti kepribadian manusia bukan lagi sebuah topik perdebatan yang serius; malahan, pertanyaan kritisnya adalah apakah solusi kepribadian manusia yang kita miliki mengutamakan privasi, desentralisasi, dan inklusif secara maksimal.”

Proyek ini dan pendukungnya telah memperdebatkan beragam kemungkinan penggunaan untuk protokol ini dan kredensial yang diverifikasinya, termasuk program peminjaman tanpa agunan, model Penghasilan Dasar Universal (UBI), dan bahkan kasus penggunaan dalam metaverse—dunia virtual yang didukung oleh blockchain.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *